TV Polytron Minimax Terdapat Garis Tebal Pada Bagian Samping Layar

TV Polytron Minimax Terdapat Garis Tebal Pada Bagian Samping Layar

Gejala awalnya yaitu polytron satu garis vertikal ditengah layar kemudian setelah layar membuka terdapat garis hitam terlihat memotong layar pada bagian kiri layar sekitar 2 cm berwana hitam.

Jika dilihat secara sekilas layar seperti menyamping namun ternyata tidak, karena osd dan tulisan tidak mengalami perubahan ukuran. ini berearti memang layar terpotong.

Awalnya memang saya mengira bahawa ini hanya rusak pada elko berukuran 4,7 uf 160v karena terlihat mengembung, juga terlihat kerusakan pada capasitor resonant ukuran 4n7 karena terlihat berubah bentuk sedikit meleleh pada bagian bodynya.

Setelah capasitor dan elko diganti, ternyata hasilnya sama saja. Layar masih terpotong bahkan tidak berkurang sedikitpun.

Keanehan Terjadi

Ketika sehabis running test ternyata terdapat gejala aneh yaitu pada saat diraba pada semua capasitor horizontal dan elko yang sudah saya ganti tadi terjadi panas berlebih. Jika pada blog horizontal normalnya komponen capasitor tidak panas berlebih, mungkin hanya akan panas ketika ada hantaran dari komponen lain misanya resistor.

Ini kok panas berselebih melebihi panas pada komponen transistor horizontal.

Ada apa gerangan?

Sayapun terpaku pada gejala pertama yaitu elko 4,7 uf mengalami perubahan bentuk mengembung berarti ini ada masalah yang serius pada tegangan yang melewati elko tersebut. Di jalur tersebut ternyata terdapat sebuah dioda berukuran 1 ampere, kemungkinan masalah disebabkan oleh dioda tersebut, karena terhubung langsung ke kaki positif elko.

Dan benar saja setelah dicek, dioda tersebut mengalmi short dibolak-balik menggunakan ohm meter X 10 jarum tester menunjukan 0 ohm itu artinya dioda ini mengalami short parah.

Running test lagi tv langsung seketika normal garis di tepi layar bagian samping sudah hilang. kini layar sudah penuh.

Demikian shere tentang TV Polytron minimax  terdapat garis tebal pada bagian samping layar semoga bermanfaat!











Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "TV Polytron Minimax Terdapat Garis Tebal Pada Bagian Samping Layar"