Catatan Servis Panggilan 3 TV Sekaligus dalam Sehari LG, SHARP, Panasonic


SOLDIRADEM BLOG - Hari ini saya sedikit lelah mendapatkan job panggilan untuk memperbaiki 3 tv. Awalnya job ini hanya untuk memperbaiki dua tv, tapi kemudian setelah tetangga-tetanganya tau ada bengkel sedang di rumah user tersebut, berdatangan banyak orang. Akhirnya hanya dapat memperbaiki 3 tv dan 1 receiver, dalam sehari penuh. Mungkin jika di rumah sendiri, tidak sampi tiga perangkat, Bisa dibilang hanya akan bisa mengerjakan satu perangkat saja. Karena di rumah sendiri terlalu nyaman, dan kerja kurang cepat jika tidak di tunggu user. hehee.

Berikut ini merupakan beberapa perangkat yang dapat saya taklukan dengan berbagai macam kerusakan yang berbeda.

1. TV LG ultra slim protek 

Gejala awal, tv ini mati total, ternyata seteah dibuka saklarnya tidak berfungsi. Kata si pemlik tv lg ini ketika dinyalakan beberapa detik mati lagi, namun sebelum mati nampak layar hanya gelap dan ada garis putih di tengahnya. tv merek LG Ultra slim berwarna hitam. Sebenarnya saya pernah menangani kerusakan dengan gejala seperti ini. Permasalahanya hanya pada matinya ic vertikal 78040 sehingga tv protek. Namun kali ini sedikit lebih lama pengerjaanya karena ternyata jalur pada pcb terutama pada ic vertikal rusak semuanya. Ketika mengangkat ic vertikal, jalur tambah rusak. Sempat mumet tapi harus terselesaikan. Dengan modal yang penting hidup, akhirnya memutuskan untuk menjamper jalur-jalur pcb yang rusak menggunakan beberapa kawat tembaga bekas kaki komponen. Jadinya amburadul.


Setelah penggantian ic vertikal, dengan berbagai macam jumper semrawut akhirnya tv ini menyala dengan normal.

Ukur tengangan pada suplay ic vertikal terukur 27 volt dc, ini angka normal untuk supla ic vertikal. sehingga kasus matinya ic vertikal kemungkinan hanya terdapat pada kerja ic yang memang panas. Bukan karena tegangan over ataupun yang linya. kemungkinan juga ini kerusakan pada elko pump up ic vertikal karena terlihat menggembung ukuran 100 uf 35 volt saya ganti dengan elko ukuran 100 uf 50 volt.

2. TV SHARP Crt cembung mesin wecom 

TV ini ketika baru diganti mesin hanya bertahan sekitar dua bulanan kemudian tv ini rusak. geja kerusakanya, ketika dinyalakan harus menunggu waktu yang sangat lama untuk bisa hidup kemudian setelah tv didiamkan, akan menyala dengan sendirinya. Namun tidak menyala normal hanya nampak cahaya dan suara kemudan tv mati total. Gejala yang aneh dan gejala yang baru tentang kerusakan tv china. Sebelum saya membuaka tv ini, perasaa cemas karena kerusakan sepertinya sangat parah dan menjurus pada ic jungle. Sempat tidak yakin bisa menyelesaikan tv ini.

TV saya buka, terlihat mesin masih baru dan tidak ada bekas solderan tambahan. berarti memag mesin ini belum pernah di servis karena solderanya masih terlihat bawaan pabrik dan komponen masih original semuanya.

Menemukan satu kejanggalan pada tv ini yaitu sebuah elko ukuran 470 uf 35 volt terlihat mengmbung hampir meletus dan sepertinya telah short. Elko ini berfungsi untuk memfilter tegangan 12 volt. Ini sepertinya jurusan pada ic jungle. Setelah elko diganti, runing test tv langsung menyala normal.

Wah, ini yang namanya pucuk dicinta ulam pun tiba. saya jadi malu pada diri sendiri bahwa berprasangka baik dari awal itu diperlukan agar bekerja lebih semangat dan lebih giat. hehee.

3. Receiver merek venus mp2 lupa serinya



Receiver dalam keadaan mati total, mencoba memperbaiki power suplay namun tidak berhasil. akhirnya user tak suruh beli SMPS  ke toko elektronik. Begitu saja langsung beres. receiver langsung menyala normal.

Untuk info lebih lanjut silahkan baca artikel: Cara praktis memasang SMPS receiver Dvb

4. TV Panasonic Jadul mesin original 

Wah ini lebih parah lagi, tv merek panasonik tua ukuran 14 inci. TV jadul belum menggunakan av, mesin masih original dari panasonik. Lebih menakutkan lagi karena didalamnya terdapat komponen seribu, mungkin. sebelumnya saya tidak pernah memperbaiki tv tua, jadinya masih awam karena sistemnya masih rumit tidak sesimple yang sekarang. TV panasonik ini menggunakan banyak ic dan sistem pengaturan warna, v size, h hold, h phase, dll, masih manual menggunakan variable resistor.

TV ini ketika dibuka mesin tidak terhihat mesin tv namun hanya terlihat kotora menempel. Dan tidak saya bersihkan karena gejala kerusakanya hanya pada warna. ketika awal di nyalakan tv ini kehilangan warna merah sehingga terlihat hanya warna biru dan hijau, maka mengakibatkan tidak nyaman di tonton. Namun setelah beberapa lama warna normal kembali. saya hanya berani membongkar pada bagian pcb rgb saja. Mencoba dengan menyeting variable pengauran warna merah namun tidak ada perubahan sedikitpun ketika vr di adjurtmen sampai maksimal. Kemudian setelah mulai bingung apa yang meski saya lakukan. Jika harus megganti transistor rgb dengan seri D4....tidak ingat. saya tidak memiliki setok dengan seri tersebut. Saya juga tidak curiga pada solderan, karena masih terlihat bagus. dan mentok hampir menyerah. Befikir sambil iseng soldering ulang pada blog rgb tersebut. Tidak terduga warana merah muncul. wah hari ini memang keberuntungan saya. semua pasti Campur Tangan Allah yang telah melancarkan pekerjaanku hari ini.

Sekian dulu shering kali ini semoga apa yang aya tuliskan di atas bisa bermanfaat untuk rekan semuanya dan bisa megambil hikmah apa yang saya sampaiakan.

by:Soldiradem Blog

1 Response to "Catatan Servis Panggilan 3 TV Sekaligus dalam Sehari LG, SHARP, Panasonic"

  1. Rekor tertinggiku 7 tv dlm sehari, itu di sekitar tahun 2010an

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel