Inilah Fungsi Output 100v pada Amplifier TOA

Inilah Fungsi Output 100v pada Amplifier TOA
Soldiradem blog - Output amplifier TOA terdapat fitur 100 V. Apakah kegunaan output 100 V tersebut?

Pada beberapa kasus instalasi power ampli TOA, pengguna yang tidak tahu fungsi panel output 100v.  Langsung main sambung saja. Katanya lebih lantang. Namun beberapa saat kemudian mereka mengeluhkan spoel speaker mudah terbakar. Karena ternyata speaker yang mereka hubungkan ialah low impedansi. Padahal output 100 volt diperuntukkan untuk speaker high impedance.

Apabila Anda belum mengetahui akan hal ini, lebih baik pahami secara seksama apa itu speaker high impedansi dan low impedansi.

* Impedansi merupakan istilah untuk hambatan resistor ataupun hambatan speaker dinyatakan dalam hukum ohm*

Speaker low impedance biasanya memiliki spesifikasi 4-16 ohm

Contoh Speaker Low Impedance TOA: ZH-5025B, ZH-4015, ZH-610S, ZS-F2000B

Speaker High impedance memiliki speaifikasi 83 ohm, 285 0hm ,1kohm, ++++

Contoh speaker High Impedance TOA : ZH-5025BM, ZH-4015M, ZH-610SM,ZS-F2000BM,

 ZS-1030B, ZS-102C, ZS-202C, ZS-102C, ZS-202C, ZS-1030B, ZS-1030W, dll.

SUMBER: SELYA PRODUCT

Apa kegunaan output tegangan 70/ 100 volt pada ampli TOA


Tujuan tegangan output 100 v itu sebenarnya digunakan untuk keperluan instalasi kabel panjang. Diharapkan saat menggunakan kabel panjang dengan menggunakan tegangan tinggi, arus yang mengalir sampai ke speaker tidak berkurang secara signifikan

Perlu dipahami output 100v pada ampli toa digunakan untuk speaker dengan impedansi tinggi 173 ohm lebih. Speaker jenis ini biasanya menggunakan matcing trafo. hal ini sering diterapkan pada instalasi kabel panjang misalnya di sekolah sekolah, kantor, tempat wisata, bahkan masjid sekalipun.

Ketika akan menggunakan tegangan 100 volt harus memperhatikan spesifikasi yang digunakan pada speaker. Apabila anda sudah terlanjur membeli speaker jenis low impedance sedangkan instalasi harus kabel panjang, maka anda harus membeli komponen tambahan berupa trafo OT (matcing trafo) sesuai dengan speaker yang anda miliki.

Baca juga: Penyebab spoel toa mudah putus

Inilah Fungsi Output 100v pada Amplifier TOA

Sebagai contoh :

Anda memiliki dua buah speaker 8 ohm 30 watt dua buah. Sedangkan kabel yang harus dilalui oleh medan instalasi adalah 50 m.  Apabila diterapkan paralel maka speaker akan menghasilkan impedansi 4 ohm/ 60 watt. maka dari amplifier apabila di sambung ke output 4 ohm, daya akan berkurang ketika telah sampai ke speaker. Oleh karena itu agar tidak mengurangi daya output amplifier ketika sampai ke speaker, dibutuhkan output 100 Volt di output amplifier. Dengan menambahkan satu matching trafo pada speaker. memiliki output 4 ohm min-60 watt jika dirakit secara paralel.

Mungkin bagi anda yang sedang akan membeli kebutuhan audio untuk tempat keramaian dengan membutuhkan kabel panjang lebih baik memilih speaker dengan jenis high impedance yang biasanya sudah dilengkapi dengan matching trafo di dalamnya sehingga tidak repot dalam meng-instalasinya.

Demikian semoga bermanfaat apa fungsi output 100 volt pada amplifier TOA.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Inilah Fungsi Output 100v pada Amplifier TOA "