TV TCL Layar Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

Kali ini saya akan menulis tentang tv tcl ukuran 21 inci dengan gejala kerusakan tv gelap hanya satu garis horizontal atau ketika dinyalakan hanya akan menampilkan satu garis di tengah layar mendatar dari samping kiri ke kanan.

TV tcl biasanya memiliki sistem protek pada beberapa titik, namun pada kerusakan kali ini tidak ada tanda protek. Lantas ini sangat memudahkan dalam langkah memperbaiki tv secara langsung. Dengan kata lain, kita bisa memperbaiki tv tanpa perlu mencari pin proteknya terlebih dahulu.

TV tcl yang saya tangani ini masih menggunakan layar cembung, kemungkinan  tv tcl keluaran lama sehingga memiliki perbedaan dengan tv tcl layar datar  yang memiliki sistem protek.

TV TCL ini menggunakan ic vertikal sct9302

Suplay ic vertikal biasanya kisaran antara 24-27 volt dc. Pada tv tcl ini suplay vertikal diambil dari flyback bukan dari regulator sekunder.

Langkah memperbaiki TV TCL layar gelap satu garis horizontal


Pertama dilihat dari fisik komponen dan kaki solderan, ini sangat penting dilakukan karena dari beberapa kasus kerusakan pada televisi yang pernah saya alami, dengan cara melihat secara fisik saja sudah menyelesaikan pekerjaan. Itu menjadi kabar gembira jika sudah melihat secara fisik ada tanda kerusakan komponen misalnya elko bocor, resistor terbakar, elko meledak dan mengembung, dan lain sebagainya.

Pengukuran tegangan dilakukan


Langkah kedua yaitu dalam pengukuran tegangan. Hasil dari pengukuran tegangan ic vertikal dari kaki 6 didapat 5 volt saja. Namun beberapa saat, setelah dihidupkan terjadi kanehan tegangan pada ic vertikal yaitu tegangan ic vertikal tiba tiba naik menjadi 20 voltt dan terkadang drop ke 10 volt.

Mengingat pada pengalaman dari tv merek lainnya ketika menemui kerusakan dengan gejala kadang tegangan vertikal naik turun disebabkan oleh sebuah dioda pada area vertikal atau dioda yang mengarah pada kaki ic vertikal. Sebelumnya pernah mengalami pada tv hina namun bedanya gejala kerusakan pada tv china gambar awalnya normal namun setelah beberapa saat tv langsung mengalami satu garis horizontal.
TV TCL Layar Gelap Hanya Terlihat Satu Garis hoeizontal

Pada tv tcl ini dioda yang dimaksud dalam board tertulis d301, dioda ini mengarah ke kaki 6 pada ic sct 9302. Selain dioda, penggantian juga dilakukan pada elko c305,c302 karena bisa jadi tegangan naik-turun juga disebabkan oleh elko c 305 dan c302.

Dan benar saja, setelah penggantian d301 dan elko c 305,c302  tv tcl ini layarnya mau membuka dengan normal.

Jadi terkadang memang permasalahan tv lain bisa menjadi acuan saat menangani tv yang lainya untuk menjadi bahan pertimbangan dan refrensi untuk menjadi kisi-kisi pemecahan masalah. Kerusakan tv tcl satu garis horizontal ini saya mengacu pada permasalahan tv china jenis wcom atau tv rakitan lainya. Jadi jam terbang sangat membantu kita untuk permasalahan yang akan datang kemudian hari.

Demikian semoga bermanfaat!!!
BACA JUGA: Masalah horizontal tv CRT


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.