Fungsi Speaker Monitor Panggung Sound Enginers Wajib Tau

Fungsi speaker monitor panggung adalah sebagai alat untuk monitoring yang ditujukan untuk audiens pengguna panggung. Dalam pementasan seni musik seringkali setiap musisi disediakan speaker monitor untuk mendengarkan alat musik yang mereka mainkan.

Fungsi speaker monitor panggung sangat penting peranannya terutama bagi musisi alat musik dan juga vokal. Saat pementasan musik monitor sangat mempengaruhi kenyamanan para musisi untuk dapat mendengar suara dari alat musik yang dimainkan oleh masing masing musisi, sehingga para musisi tanpa monitor panggung akan bingung dan kadang tidak bisa singkron dengan alat musik lainnya.

Saking pentingnya speaker monitor panggung, setiap musisi kadang menggunakan monitor panggung membawa sendiri untuk menyikapi yang ada di lapangan. Terutama monitor gitar dan juga keyboard.

Speaker aktif untuk monitor panggung untuk gitar maupun keyboard yang sering di bawa kebanyakan musisi ialah dengan jenis dan spesifikasi memiliki kontroler tone agar musisi bisa leluasa untuk setting .

Saat ini yang banyak beredar di pasaran yaitu dengan merek marshall, roland, yamaha, fender, ibenz, dan merek ternama lainnya.
kontrol gitar

Ada dua jenis speaker panggung yang sering digunakan yaitu monitor floor dan monitor side fill keduanya memiliki peran masing masing tergantung dari fungsi dan juga ketersediaan alat.

Floor monitor speakers

Paling banyak digunakan adalah speaker floor. Karena speaker dengan jenis ini terbukti efektif terutama bagi vokal dan juga para musisi live musik untuk mendengarkan apa yang mereka mainkan.

 Speaker monitor floor memiliki tampilan yang elegan ketika berada di atas panggung sehingga ini tidak mengganggu tampilan dari suasana panggung. Bisa dikatakan sangat fleksible secara sistem penataan.

Speaker floor sangat efektif untuk para musisi terutama yang memiliki peran berdiri . Salah satunya yaitu vokal. Speaker floor di desain menghadap condong ke atas mengarah langsung ke kepala, sehingga sangat efektif sebagai monitoring bagi musisi berdiri.

Speaker flor build up rata rata menggunakan sistem aktif, atau dengan bahasa lain memiliki amplifier secara mandiri tidak tergantung pada satu amplifier untuk banyak speaker.  speaker aktif akan sangat membantu dan sedikit lebih simpel dibandingkan dengan menggunakan multi amplifier. .
fungsi side filed pada sound sistem

Namun khusus untuk pemain drum biasanya memiliki monitor berbeda yaitu menggunakan speaker monitor stand atau juga menggunakan side fill, hal ini tentu disebabkan tata letak alat musik drum berada di bawah apabila menggunakan monitor  floor, suara tidak akan sampai ke pemain, karena terhalang oleh suara alat musik aslinya. Terlebih Bagi para musisi yang memainkan dua peran sekaligus yaitu gendang dan juga drum, ini biasanya akan menggunakan dua monitor kiri kanan agar suara yang didengar lebih jelas.

Side fill monitor speakers
side fill harus power full
Sedangkan yang tidak kalah penting adalah side fill kiri kanan. Biasanya side fill diletakkan pada samping kiri dan kanan panggung yang di dominasi oleh keseluruhan instrumen sehingga musisi tidak hanya mendengar apa yang mereka mainkan secara personal, namun juga bisa mendengarkan keseluruhan dari instrumen semua yang ada di panggung.

Jadi kesimpulannya monitor panggung sangat penting peranannya untuk keberhasilan sebuah pementasan musik maupun lainnya dan saran bagi yang memiliki sound sistem untuk juga memperhatikan suara yang di hasilkan oleh speaker monitor panggung agar para musisi merasa nyaman ketikan merasakan atau mendengarkan alat musik yang dimainkan.

Biasanya masing-masing musisi akan memerintahkan operator sound untuk mengatur suara enaknya dimana, atau para kru mengecek dari setiap monitor. Namun ketika anda melihat musisi dengan pasang wajah Murung, menerka nerka, bisa jadi monitor kurang terdengar. Dan operator juga harus menyadari jika ada sesorang musisi cenderung ribet masalah monitor, karena pada dasarnya mereka akan bisa berhasil bermain apabila mendengar apa yang mereka mainkan.*soldiradem.com*

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.