Cara Menentukan Kerusakan Trafo

Banyak orang salah sangka mengenai kerusakan trafo kotak inti besi. Ada yang mengatakan bahwa suatu trafo mengalami kebocoran dengan ditandai ketika ditespen lampu akan menyala.

Benarkah demikian? 

Bagaimana sebenarnya trafo bisa bocor? itu adalah salah satu pertanyaan yang menurut saya adalah tabu, kecuali memang ada trafo ketika disentuh ternyata nyetrum, itu baru namanya bocor.

Kalaulah memang bocor dengan hanya mengandalkan tespen, trafo baru, pun bisa menglami kebocoran. Karena ketika di tespen akan menyala juga.

Menilai trafo dalam keadaan baik tidak cukup hanya menggunakan tespen, saja kita pelu menggunakan alat ukur dengan pasti. 

Baik dan tidaknya sebuah trafo ditandai dengan apakah masih menghasilkan output atau tidak, kemudian apabila tidak kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian primer maupun sekunder.

Selain itu trafo rusak juga ditandai dengan listrik selalu ngetrip tiap kali trafo dinyalakan tanpa beban. Memang pada kenyataanya ini juga tidak pasti, karena tergantung daya listrik yang digunakan. 

Ada trafo yang memang sudah usang akan menurun impedansinya karena ternyata sudah digunakan sekian lama. Trafo akan menghasilkan panas, akibatnya pada lapisan spoel memudar, sehingga terhubung lilitan satu sama lain .Dan inilah yang disebut trafo bocor.

Jika kita lihat secara seksama pada inti trafo telah dilapisi lapisan pastik sebagai role. Sehingga kemungkinan listrik bocor tidak mungkin kecuali pastik terbakar.

Cara menentukan kerusakan trafo

  • Pastikan lilitan primer ketika di tes dalam keadaan menyambung dengan sedikit impedansi, 
  • Begitupun pada bagian sekunder dalam keadaan menyambung satu sama lain/antar pin. 
  • Jika terdapat lelehan pada isolator patikan bahawa tembaga tidak sampai terbakar pula. 
  • Kerusakan sering terjadi pada bagian lilitan primer. Maka perhatian utama ialah mengukur hambatan pada lilitan primer. 

Demikian pengetahuan sederhana yang bisa saya sampaikan mudah mudahan memberikan sedikit pemahaman anda mengenai trafo kotak bocor.

Jadi kalau beli trafo yang meski dicek adalah ukuran spoel, bukan dari kebocoran ditandai dengan tespen.

Primer trafo= input
Sekunder trafo = output
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Kerusakan Trafo"