Kumpulan Skema Box CBS

Perkembangan box cbs untuk speaker 12, 15, dan 18 inci terus berkembang berkat trial dan error dari para pecinta cbs, terutama oleh Pak Agung yang menjadi inspirator dalam pembuatan box jenis cbs ini. 

Setiap skema box cbs memiliki karakteristik yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Karakter setiap speaker juga berbeda, sehingga penentuan frekuensi yang ingin di cross tergantung pada ukuran lubang pada box. Semakin kecil lubang, semakin rendah frekuensi yang dihasilkan. 

Sebelum membuat box, sebaiknya uji coba mulai dari lubang terkecil hingga mendapatkan karakter yang diinginkan. Skema dasar dari cbs yang hanya menggunakan ruang untuk load frekuensi masih menghasilkan karakter sub yang baik. 

Untuk karakter triologi lebih cocok pada speaker 15 inci, sedangkan untuk karakter sub perlu speaker 18 inci berkualitas. Untuk referensi lebih lanjut, bisa bergabung di grup cbs Indonesia untuk mendapatkan informasi dari teman-teman yang melakukan uji coba secara langsung. 

Penjelasan ini ditujukan untuk membantu teman-teman yang mencari skema box cbs, yang kadang terkubur oleh diskusi baru di grup.

1. Skema box CBS triology

Untuk mendapatkan suara low, low sub, dan sub dalam skema ini, gunakan speaker berukuran 15 inci. Pengaturan batas frekuensi pada speaker dan kekuatan power amplifier yang digunakan juga mempengaruhi hasil suara. Kekuatan speaker juga harus diperhitungkan, terutama jika Anda menggunakan speaker berkualitas range mid low untuk menghasilkan suara sub yang bisa membuat speaker rusak. Sebagai pertimbangan, gunakan jenis box cbs dari skema dasar.
skema cbs triologi

2. Cbs triology 18 inci

Untuk mengharap suara karakter sub, maka speaker 18 inci bisa menjadi pilihan dalam menghandel frekuensi rendah hingga 30hz. Mengnai triologi masing-masing pengguna memiliki pendapat yang berbeda ada yang mengatakan bahwa penggunaan box model dasar cbs memiliki karakter lebih ngesub dari box triologi ini.

Namun kelemahan dari skema box biasa adalah karakter cenderung kurang jauh dibandingkan dengan skema triologi ini. Semua kembali lagi pada kekuatan dan pengalaman pengguna. terkadang hasilnya memang memiliki perbedaan pada tingkatan daya keluaran amplifier dan karakter speaker itu senbdiri. kadang dalam sekema ini kita perlu berexperimen menyesuaikan karakter speaker.  misalnya mungkin merubah sekat dan merubah volime belakang speaker.
box cbs triology 18 inci

3.CBS 15 INC Dagduuut LOW

Dalam aspek kendang kadang berada di frekuensi low dut, nah mungkin bisa dijadikan refrensi pada skema ini.dengan karakter low maka lubang keluaran udara lebih besar.

Sedangkan jika menginginkan suara karakter sub kita bisa mengecilkan lubang keluaran angin atau yang sering dikatakan lubang Hz. skeama jenis dasar seperti ini masih menjadi favorit dibandingkan dengan triology karena mudah dipahami dan gampang untuk di setting. Kelemahan dari box ini adalah box akan lebih besar dan memakan tempat.
skema box cbs 15 inci untuk gendang dut



4.SKEMA 18 inc permanent 

Skema ini diperuntukan bagi pengguna baru yang ingin membuat secara permanen. Kelebihan dari skema permanent adalah lebih simple saat loading di lapangan. Catatan dari box ini perkuat pada ruang resosnansi dengan sekat ditaruh di depan agar kondisi box dalam keadaan kokoh meskipun ditumpuk banyak box. untuk lubang mh bisa disesuaikan terlebih dahulu dari mh terkecil sampai besar untuk memenuhi karakter yang diinginkan.
skema box cbs 18 inci

5. Skema cbs model 4in1 18 dan 15 inci

Skema box ini sangat menghemat papan, karena hanya cukup satu ruang saja. ini biasanya dipakai pada bok yang sebelumnya bahanya box biasa dan bisa ditambahkan ruang dan lubang untuk dijadikan box cbs. Daripada membuang box lama lelbih baik hanya menambahkan ruang dengan satu box saja meskipun instalasinya dan bongkar muatnya menambahkan ruang.
skema box cbs 15 dan 18 inci
credit gambar by agung mbantul

6. Skema box cbs 8 inci 

Sekema ini diperuntukan bagi pengguna speaker aktif yang ingin menggunakan skema cbs. memang dengan penambahan box bisa menambah ruang untuk resonansi pada nada rendah, maka akan menghasilkan nada sub yang lebih nendang.

Sebenarnya pada speaker aktif sudah menggunakan sistem CBS di dalam setiap jenis speaker aktif model panjang. jika dilihat telah ada sekat sebelum lubang keluaran. Namun bedanya lubang mh terdapat di bagian luar.
skema box cbs 8 inci

7. CBS 12 Inci Doble 

Skema ini sangat bermanfaat bagi yang hanya memiliki box doble dengan speaker 12 inci, hanya prlu menambahkan ruang saja di bagian bawah dan lubang disesuaikan dengan mh yang diinginkan.
skeama box cbs 12 inci
penggunaan speaker full range mendapatkan nada bass yang lebih empuk. namun untuk penggunaan lapangan 12 inci tidak di rewkomendasikan. mungkin ini hany digunakan pada speaker rumahan untuk memperoleh karakter suara speaker yang lebih sub.

8.Box cbs untuk miniscoop

Daripada merombak secara permanen pada box jenis mini scop bisa menggunakan cara ini. Meskipun repot saat instalasi namun untuk menghemat anggaran dan ingin merasakan karakteriestik CBS, skema ini bisa menjadi pilihan. ada dua cara untuk memodifikasi box miniscop menjadi box cbs yaitu direc dan menutup luibang pada mini scop, seperti pada gambar berikut ini.
skeama box cbs
Dalam rangka untuk mengabadikan perkembangan berbagai box cbs, skeama box cbs berdasarakan koleksi yang pernah dibuat, dengan credit dari gambar pak agung Bantul, Jogjakarta.

Disclaimer:
Mungkin beberapa skema box cbs diatas memiliki hak cipa, jika keberatan dalam hal ini silahkan langsung kontak agar ditindak oleh admin

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Skema Box CBS "