Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri

Memperbaiki speaker aktif polytron - Kali ini saya mendapat kerusakan aneh pada speaker aktif polytron. Gejala yang ditimbulkan yaitu ketika menyala beberapa saat normal, namun beberapa menit kemudian tiba-tiba speaker aktif mati total, kemudain cara menghidupkan lagi yaitu dengan cara ditabok.

Saya kira ini adalah permasalahan yang cukup sederhana, namun nyatanya tidak sampai hanya menyolder ulang pada bagian bagian tertentu saja. Lantas apakah yang menjadi penyebab speaker aktif polytron kadang mati sendiri ketika sudah menyala.

Pada gejala ini saya menekankan jika anda juga menemui kerusakan yang sama, harap hati-hati pada saat mengecek pada bagian regulator atau blog smps, karena ternyata elko 450 volt masih menyimpan muatan tegangan tinggi. Oleh sebab itu perlu pembuangan muatan terlebih dahulu ketika akan cek sekaligus soldering ulang pada bagian blog smps.

Selain pada blog smps soldering ulang juga di lakukan pada blog amplifier dan beberapa soket kabel karena solderan pada polytron akan mengalami keretakan ketika digunakan sudah jangka waktu yang lama karena getaran speaker dan juga karena kinerja amplifier yang panas.

Utamanya soldering ulang pada kaki komponen transistor final tip 41 dan 42. kemudian cek pada bagian lain pula.

Kemudian dari sinilah saya mulai merasa aneh ketika sudah dilakukn soldering ulang ternyata masih mengalami gejala yang sama, yaitu masih mati dan harus ditabok bisa nyaala kembali.

Tentu ini membuat saya bingung. Pastinya di sisni ada komponen yang bermasalah tidak hanya masalah solderan aja.

Gejala cukup aneh karena saya cuma iseng mengganti fet pada smps dengan tipe 7n65c, speaker aktif menyala normal.

Jika dipikir-pikir tidak masuk akal karena permasalahan ketika bergetar mesin akan mati, ternyata diakibatkan oleh fet setengah mati. Benarkah hanya ini penyebabnya?

Saya juga tidak tahu pasti karena sampai saat ini speaker aktif polytron tersebut masih normal saja tidak ada kompline lagi, meskipun resiko fet akan mudah rusak sudah menanti karena sudah diganti dengan entah ori atau palsu.

Namun biasanya para teknisi menggunakan gatcun untuk menagatasi speaker aktif mati total dengan agar lebih awet terutama ketika menemui kerusakan mati total yang berkesinambungan dan tidak segera bisa tertangani.

Demikian sedikit catatan saya tentang memperbaiki speaker aktif polytron semoga bermanfaat untuk rekan semunya.

0 Response to "Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel