Tentang ESR meter (Smart tester) Sebagai alat Ukur Komponen Elektronik

ESR = Equivalent Series Resistor - ESR meter atau sering disebut dan dikenal dengan nama smart tester ini merupakan alat untuk mengukur berbagai komponen kemungkinan rusak, terutama pada capasitor dan elco yang notabene sulit dipastikan menggunakan tester biasa.

Dalam penggunaanya Smart tester ini sangat mudah, bahkan Ada satu fitur smart ESR untuk mengukur komponen tidak harus mencopot komponen yang akan diukur tersebut dari rangkaian.

Tidak heran jika ESR meter/smart tester sekarang ini menjadi primadona Sebagai alat ukur komponen elektronik rusak terutama untuk elko dan cpasitor.

Ada dua jenis esr meter yang ada dipasaran saat ini yaitu esr meter analog dan ESR digital. Tentu dengan menggunakan esr meter digital lebih akurat dalam membaca nilai dari resistensi dari sebuah capasitor..

Esr meter bisa merakit sendiri jika anda memang hobi dengan perakitan elektronik. Namun apabila anda ingin lebih praktis, di pasaran saat ini sudah tersedia di berbagai market store maupun website esr meter digital maupun analaog. .

ESR meter bekerja berdasarakan arus ac sehingga ketika pengukuran dengan komponen berpolaritas tidak akan bermasalah. Pada pengukuran Komponen elko, Yang dibutuhkan dalam penunjukan adalah nilai UF dan nilai ESR. Ketika elko maupun kapasitor dalam keadaan baik dan berkualitas biasanya akan menunjukan nilai resistensi yang rendah.  dan dibarnegi penunjukan nilai uf sama dengan kapasitas yang tertulis dalam body elko.

Sedangkan dengan Ohm meter biasa akan tidak terdeteksi pada bagian nilai uf dan resistensi terkadang kurang terbaca. Karena biasanya Teknisi yang sudah terbiasa dengan kerusakan sering langsung menuju elko yang meski diganti dan membabat habis pada area tertentu tanpa adanya pengukuran. Dan dengan adanya ESR meter ini Anda mungkin akan lebih hemat komponen juga.

Di pasaran saat ini harga esr meter beraneka ragam, mulai dari harga 80k sampai 500k tergantung spesifikasi esr meter itu sendiri.

Setiap pembelian esr meter akan dibekali oleh bebrapa fitur dan fungsi dari tester itu sendiri, baca selangkapnya sebelum membeli tnayakan kepada penjual bukan hanya harga murah atau mahal yang terpenting adalah kualitas dan fungsi.

Fitur dasar Smart tester+ESR diantaranya:

Mengukur Elco, capasitor
Mengecek transistor
Mengukur Induktor \
Mengukur dioda
Cek led
Cek fet
Frekuensi
Dan masih banyak lagi.

ESR meter Smart tester
Smart tester from duwiarsana
Smart tester ini sangat membantu terutama pemula di bidang elektro. Dari segala kemudahan yang ditawarkan oleh smart tester, akan membantu sekali dalam proses pembelajaran. Misalannya saja ketika mengukur transistor, dengan menggunakan ESR meter ini biasanya akan lebih mudah mengerti letak urutan kaki pada sebuah transistor, Basis,colektor dan emitor, juga bisa membaca jenis transistor apakah NPN atau PNP.

Mungkin yang perlu menjadi perhatian saat menggunakan satu fitur mengukur elko. karena biasanya elko memiliki kemampuan untuk menyimpan arus, oleh karena itu ketika akan menggunakan ESR meter lebih baik shortkan dulu /buang  muatan dari elko.

Smart tester akan membantu cek komponn dalam keadaan pasif, tidak diperuntukan untuk tegangan dan arus.

Demikian semoga bermanfaat!

Saya sedikit saran agar ketika membeli secara online harap hati-hati terutama apabila jualan hanya lewat whatsap kepada orang yang belum kenal sebelumnya. lebih baik melalui market store dan website yang memiliki riwayat transaksi terpercaya.



Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Tentang ESR meter (Smart tester) Sebagai alat Ukur Komponen Elektronik"