Cara Sederhana Mengatasi TV Polytron Dominan Warna Merah

TV Polytron Dominan Warna Merah

Tv polytron mengalami kerusakan dominan warna merah gambar masih terlihat jelas hanya warna merah mendominasi diantara biru dan hijau.

Tv polytron jenis slim mengalami kerusakan dominan warna merah sangat sering terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh tabung katoda mulai bermasalah. atau bisa juga terjadi kerusakan pada ic program berubah settingan.

Secara sederahan cara mengatasi tv polytron dominan merah kita bisa menggunakan teknik tanpa membongkar tv. Namun ini hanya pertolongan pertama. jika hasilnya tidak permanan kemungkinan ada kerusakan pada bagian ic memori dan juga kerusakan pada sistem RGB tabung.

Cara mengatasi tv polytron dominan merah dengan menggunakan mode servis. syaratanya anda harus memilki remot tv polytron. Jika tidak ada remot teknik ini tidak bisa dilakukan.

Langkah memrogram tv polytron dominan merah

Nyalakan tv seperti biasa.

Kemudian matikan menggunakan remot. Biarkan tv mati standby.

Pencet tombol menu pada remot dengan cara ditahan sampai layar tv menyala.

Tv sudah menyala masukkan kode 1013 maka akan muncul pilihan mode servis

Untuk settting warna merah kita menggunakan settingan r-cut biasanya dikurangi tergantung seberapa parah warna merah dominan.

Setelah selesai tekan tombol menu yang berarti menyimpan.

Untuk mecoba apakah work atau tidak silahkan matikan tv kemudian nyalakan lagi. jika tidak berubah berarti cara ini berhasil.

Kerusakan ini belum tentu disebabkan oleh tabung gambar. terkadang masalah pada kerusakan blog RGB,  antara transistor dan juga resistor. jika anda tidak berkompeten di elektro bisa menggunakan jasa tukang servis tv untuk memperbaiki tv polytron dominan warna merah.

Cara ini cukup bekerja dengan baik jika layar tidak dalam keadaan blanking garis garis buku. Karena garis buku mendandakan ada short pada bagian katoda netah itu pada bagian rangkaian ataupun disebabkan oleh pin katoda yang konek ke bagian screen.

Jika keadaan masih dalam wajar dominan warna merah saja masih bisa ditolong dengan sermod tv polytron.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.