Harga ganti Layar LCD/LED TV dan Pertimbangannya

Apakah Layar LCD/LED TV Bisa Diperbaiki?
Apakah Layar LCD/LED TV Bisa Diperbaiki?

Kali ini akan membahas tentang kerusakan pada Layar LCD/LED TV yang sering dipertanyakan oleh pengguna TV LCD/LED. Mungkin TV Anda mengalami gejala kerusakan pada bagian layar LCD seperti; bergaris, gambar dobel, layar bergetar, mereka harus mempertimbangkan untuk membeli TV baru atau memperbaiki TV tersebut. 

Kerusakan Panel LCD sering menjadi pertimbangan besar seseorang pemilik LCD TV untuk memperbaiki atau membeli. Terlebih harga panel setara dengan membeli TV baru sebut saja Biaya ganti panel bisa mencapai 70% dari harga TV baru.

Ada satu opsi untuk permasalahan layar LCD yang rusak. Karena sekarang banyak teknisi TV, maka konsultasikan dengan ahlinya. Disini ada jalan lebih murah. 

Konsultasi kepada teknisi TV adalah untuk mempertimbangkan. Bisa saja harga ganti Layar lebih murah dibanding membawa ke servis center resmi dari masing masing merk TV. Tapi tentu anda harus pertimbangkan ketika TV tersebut masih berlaku garansinya. 

Pilihan ini adalah karena panel LCD yang rusak seperti bergaris-garis, bergetar, dan gambar dobel masih bisa diakali dengan cara tersendiri. 

Baca juga : Memperbaiki tv led polytron tidak ada gambar backlight menyala

Sebenarnya Layar LCD TV tidak bisa diperbaiki jika pecah, short, atau kerusakan sudah ada di dalam panel itu sendiri. Pada beberapa kasus kerusakan Layar Panel LCD, kerusakan bisa diakali dengan mematikan jalur pada t-con LCD yang mengalami Short. Teknik mengakali ini sering di sebut sunat. Tapi cara ini bisa berhasil 50% tergantung kondisi dari panel itu sendiri. Dan kadang juga bukan Layarnya yang rusak tapi kerusakan pada T-con board.

Ketika tidak berhasil, anda juga tidak menuntut apapun dan konsekwensi untuk melakukan teknik ini bisa saja kerusakan bisa tambah parah. 

Spekulasi ini akan berhasil jika dilakukan para profesional dibidangnya. Dan kemungkinan berhasil lebih besar jika yang anda temui merupakan spesialis LCD TV. Harganya harus sepakat. jika setara dengan ganti layar lebih baik tidak usah diperbaiki. 

Jika anda ingin memperoleh informasi tentang berapa biaya ganti layar LCD berikut taksirannya. 

  • Lауаr TV LCD/LED 19 Inchi hаrgа dari 500 rіbu - 800 rіbuаn
  • Layar TV LCD/LED 22-24 Inchi hаrgа  dаrі 800 ribu- 1 jutааn
  • Layar TV LCD/LED 32 Inсhі hаrgа dari 1.2 - 1.7 jutaan
  • Layar TV LCD/LED 42 Inсhі harga dаrі 2 -3 jutaan

Dengan memiliki gambaran tersebut anda bisa mempertimbangkan saat konsultasi apakah memperbaiki panel atau mengganti panel. tentu harganya jauh lebih murah memperbaiki panel dengan cara mengakali meskipun ketahanannya juga masih belum bisa dipastikan secara nyata.

Jadi jika kesepakatan memperbaiki Layar LCD TV telah disepakati harganya anda harus pasrah berhasil dan tidaknya. Karena harganya juga lebih ringan kan? 

Demikian semoga bermanfaat! www.soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Harga ganti Layar LCD/LED TV dan Pertimbangannya"