Persamaan Transistor C945 (NPN)

Persamaan Transistor C945
 Persamaan Transistor C945 

Transistor C945 bisa dibilang transistor serbaguna. Bisa kita lihat transistor ini selalu menjadi bagian terpenting di berbagai kinerja termasuk blok power suplay SMPS maupun di penguatan audio. Oleh karena itu ketika memutuskan untuk mencari persamaan transistor c945 ini jarang dilakukan karena biasanya sudah memiliki banyak stok. 

Namun ketika anda mengalami kehabisan stok transistor c945 bisa menggunakan beberapa persamaannya. Untuk mengetahui kita bisa melihat data site dari keterangan fitur yang dimiliki oleh transistor c945 sebagai berikut:

  • Transistor polaritas NPN 
  • Penguatan Saat Ini (hFE) adalah 70 hingga 700 (linieritas tinggi)
  • Continuous Collector current (IC) adalah 150mA
  • Tegangan Collector-Emitter (VCEO) adalah 50 V.
  • Tegangan Collector-Base (VCB0) adalah 60V
  • Tegangan Basis Emitor (VBE0) adalah 5V
  • Frekuensi Transisi adalah 150MHz
  • Hanya tersedia dalam Paket To-92

Pasangan PNP 

 A733

Transistor Pengganti 2SC945

BC546, 2SC1815, KSC945C

Peringatan: C945 adalah transistor NPN Jepang dan karenanya pin out akan berada dalam urutan Emitter, Collector, Base. Tetapi untuk transistor Eropa seperti BC546, urutannya adalah Emitter, Base dan Collector. Biasanya selama penggantian seperti itu, tabung susut panas digunakan untuk melewati pin Basis dan Kolektor tanpa menyentuhnya.

Baca juga: Tips menentukan persamaan transistor 

Tentang transistor 2SC945

C945 adalah transistor NPN frekuensi audio Bipolar Jepang kuno. Ini memiliki nilai keuntungan yang layak (hfe) maksimum 700 dan sangat linier. Oleh karena itu itu banyak digunakan dalam aplikasi penguat untuk tujuan pra-penguatan, di sirkuit frekuensi tinggi. Ini juga digunakan sebagai osilator dengan transistor PNP A733 komplementer.

Saat digunakan sebagai sakelar dapat dengan mudah dikendalikan oleh MCU / MPU karena memiliki tegangan basis hanya 5V. Ini dapat mengalihkan beban hingga 50V tetapi memiliki peringkat arus kolektor yang sangat rendah hanya 150mA sehingga transistor ini sebenarnya bukan pilihan yang baik untuk digunakan sebagai sakelar. Alternatif yang lebih baik untuk berpindah aplikasi adalah transistor  2N2222 .

Namun transistor ini sudah usang dan tidak akan tersedia dengan mudah jika Anda berada di negara-negara Asia atau Eropa. Dalam hal ini Anda dapat mencoba transistor 2N3904 dari semikonduktor ON, tetapi ingatlah untuk menangani pin out seperti yang disebutkan di bagian peringatan di atas.  

Data yang tertulis bersumber dari components101.com sehingga anda bisa mempertimbangkan untuk melihat keaslian dari data ini sebagai sumber yang lebih terpercaya.  Demikian semoga bermanfaat!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Persamaan Transistor C945 (NPN)"