Kumpulan Kerusakan TV China layar gelap tidak ada gambar

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis beberapa kerusakan tv china layar gelap. Itu artinya bisa standby atau memang kerusakan pada layar. Tapi sebelum memutuskan untuk membaca artikel tentang kerusakan tv china layar gelap tidak ada gambar lebih baik untuk mengetahui gejala lebih khusus. Itu artinya semakin spesifik anda mengetahui gejala semakin mudah menemukan penyebab tv layar gelap tidak ada gambar. 

Tv china tidak ada gambar tapi layar menyala itu biasanya disebabkan oleh bagian konektor rca yang tidak nyambung, ciri kerusakannya yaitu masih ada tulisan atau osd dan raster. Jika rca dalam keadaan baik kemungkinan mode av yang belum di program. Atau sebaliknya mungkin anda menggunakan antena sedang berada di mode av.  Bagi pengguna input dari receiver, harus tahu bahwa di dalam mesin tv terdapat elco yang berfungsi sebagai jembatan input untuk video, jika elko tersebut kering kemungkinan video tidak sampai di ic av. 

Kumpulan Kerusakan TV China layar gelap tidak ada gambar

Berbagai kerusakan pada tv china paling sering terjadi ialah kerusakan dengan gejala layar gelap. kadang suara normal tapi gambar tidak ada, kadang standbay. 

Meskipun sama-sama tidak ada gambar antara layar gelap dan standby, penanganannya sangat berbeda, oleh karena itu kita akan mengetahui beberapa jenis kerusakan pada tv china. 

TV Votre tidak ada gambar dan suara

TV china tidak ada gambar dan suara led menyala tapi tidak ada tanda start dari komponen flyback ketika dinyalakan menggunakan remote. 

Bagi pemula yang belum tahu menandai startnya flyback, bisa didengarkan dengan tanda dengan suara craaaak!! kemudian suara denging dan juga output pada 180 volt normal.  

TV Votre ini belum pernah servis, terlihat banyak solderan mengalami keretakan dan belum ada bekas re-solder. 

Bagian yang retak diantara komponen aktif bekerja panas seperti; IC vertikal, transistor horizontal, kaki flyback dan kaki-kaki elko. 

Terlihat juga pada bagian c561 470uf 35v melembung kemungkinan ada kaitanya dengan kerusakan ini. 

Setelah re-solder dan juga penggantian elko 470uf akhirnya tv bisa menyala dengan normal. 

Penyebab utamanya yaitu drop tegangan untuk menyuplai ic croma sehingga tv tidak bisa start. 

Tips re-solder 

Buang saja timah lama dan ganti dengan timah yang bagus agar garapan lebih awet. 

TV Multimax bisa start tapi tidak keluar gambar 

Terukur b+ 115 volt normal diukur dari sumber ( elco 160v) Tapi setelah ditelusuri sampai kaki flyback tegangan b+115v tegangan hilang. 

Kerusakan semacam ini bisa diindikasikan ada kerusakan yang serius pada bagian horizontal. Utamanya transistor horizontal. Resistor tersebut 2,2 ohm bisa berfungsi sebagai fuse ketika terjadi arus pendek pada bagian horizontal.

Tapi jika tidak ada kerusakan pada bagian horizontal biasanya hanya permasalahan kerusakan resistor 2,2 ohm tersebut. 

Nah ketika menemui kerusakan ini kita wajib untuk cek transistor horizontal apakah short atau tidak. 

Artikel terkait: Cara cek transistor horizontal  rusak

Beberapa mesin tv china sejenis tidak menggunakan resistor fuse, tapi diganti dengan jumper. akan tetapi lebih amannya jika anda menangani awalnya menggunakan resistor, lebih baik ganti resistor dengan kekuatannya sama. karena ini kaitanya dengan keamanan. 

Tv votre bisa start tapi tidak ada gambar 

Flyback bekerja tapi layar tetap gelap. 

Terukur pada bagian heater tidak ada tegangan. Seharusnya heater ada tegangan 4 volt agar layar bisa menyala normal. 

Solusi ganti flyback karena sebelumnya ada suara bahwa kadang flyback tidak bisa start. 

Sebenarnya ada alternatif memanfaatkan farit flyback untuk membuat tegangan heater akan tetapi karena kerusakan lebih parah lebih baik ganti semuanya. 

 TV china merk hilang layar gelap suara normal

Menggunakan chasis persis tv wcom mengalami kerusakan layar gelap tidak ada gambar. TV ini tidak standby karena semua tegangan dan suara masih normal. 

Tegangan b+ 115 volt dan tegangan ic vertikal masih normal 27 volt. Akan tetapi flyback tidak bisa bekerja meskipun tegangan penyuplainya normal. 

Kerusakan ini dipicu oleh bagian horizontal belum bekerja dengan normal atau bisa jadi kerusakan pada flyback.

Jika flyback tidak bekerja maka otomatis tv ini akan mengalami kerusakan tetap diam meskipun dinyalakan menggunakan remote. 

Solusi cek transistor horizontal. kadang transistor ini putus/lemah sehingga tidak bisa membangkitkan tegangan tinggi flyback. Namun sebelum itu kita pastikan dulu bahwa tegangan 115 volt sampai ke kaki flyback dan colektor horizontal. 

selain transistor horizontal, tv layar gelap dengan suara normal bisa kemungkinan disebabkan oleh kerusakan flyback akibatnya tegangan video 180v tidak ada. 

kolektor horizontal : kolektor transistor horizontal biasanya terletak di bagian kaki tengah

Cara mengatasi kerusakan tv china layar gelap tidak ada gambar tapi suara normal

Sesuai dengan pengalaman penulis bahwa saat menangani tv china dengan gejala tidak ada gambar suara normal hal pertama yang harus dilakukan yaitu memutar trimpot pada flyback yang berfungsi sebagai screen. dengan catatan flyback sudah nyembur. 

Nah setelah layar menjadi terang bisa dilihat kerusakannya di bagian mana. 

Ada beberapa kemungkinan kerusakan sesuai gejala 

Satu garis vertikal atau dari atas kebawah di bagian tengah layar berarti kerusakan blog horizontal. 

Satu garis horizontal/melintang kiri ke kanan di bagian tengah layar berarti kerusakan terjadi pada bagain vertikal. 

Jika polos saja kemungkinan ada kerusakan pada heater dan juga tegangan 180v drop. 

Kerusakan disebabkan oleh soket crt berkarat biasanya ditandai dengan gejala awal tv lama muncul gambar. tandanya bisa dilihat ketika screen di ditambah layar tidak ada reaksi. 

Demikian semoga bermanfaat!!! 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Kerusakan TV China layar gelap tidak ada gambar "