Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Blender Miyako Mati Total

Cara memperbaiki blender miyako mati total - Blender yang sering digunakan dan blender jarang digunakan bisa mengakibatkan kerusakan pada blender. Maka ini bisa memudahkan kita dalam menganalisa kerusakan pada blender. 

Apabila dalam penggunaan setiap hari maka apa kemungkinannya dan jika jarang digunakan apa kemungkinan penyebab kerusakannya. 

Disini saya memiliki suatu kasus kerusakan blender miyako rusak mati total tidak ada reaksi apapun dari motor ketika dihidupkan. 

Langkah pertama saya mencoba menganalisa ketika pertama kali blender dinyalakan ada suara dengung berarti motor masih bekerja, namun jika tidak ada reaksi dari motor maka kita wajib menganalisa beberapa hal seperti kasus kerusakan yang sedang saya alami berikut ini. 

Cara Memperbaiki Blender Miyako Mati Total
cek kabel dan saklar dengan ohm meter 

Pertama saya periksa pada bagian jack ac ternyata masih normal.

Kedua pada sakelar, sistem saklar yang digunakan sangat sederhana sehingga mudah untuk dicek menggunakan oghm meter.

Karena  blender miyako tidak ada reaksi saat pertama kali dinyalakan kabel ac dan saklar dalam keadaan normal. ini ada satu yang saya curigai yaitu ada bagian lilitan yang korosi dan seperti bubuk di area lilitan luar motor bagian bawah seperti gambar berikut ini. 

Cara Memperbaiki Blender Miyako Mati Total
lilitan korosi dan tampak putih bubuk

Jika yang terjadi korosi di bagian luar sangat mungkin untuk disambung secara langsung. Namun jika yang terjadi adalah lilitan yang tertutup oleh lilitan yang lain maka kita mau tidak mau menggulung ulang sampai pada bagian yang putus tersebut. 

Ini juga pernah saya alami pada deflksi yoke pada tv tabung mengalami korosi semacam ini atau kadang terbakar sebagian pada bagian vertikal bagian dalam. 

Kerusakan terjadi pada spoel yang masih menggunakan almunium sebagai bahan dasarnya. sehingga kadang ini menjadi kelemahan dinamo jaman sekarang. Kualitas semakin ditekan untuk menghemat biaya produksi. 

Cara Memperbaiki Blender Miyako Mati Total
thermostate sebagai safety panas

Selain dari kerusakan pada gulungan dinamo kerusakan juga disebabkan oleh thermosat. Thermostat ini digunakan sebagai motor safety dari overheat pada lilitan. 

Nah pada blender yang sering digunakan harian bisa saja disebabkan oleh beberapa hal terutama masalah pada arang aus dan lilitan terbakar kadang juga thermostet. dan pembubukan jarang terjadi pada blender yang sering digunakan dan sering dibersihkan. 

Bagaimana agar tidak terjadi pembubukan pada lilitan spul? 

Mudahnya simpan di tempat yang kering dan selalu bersihkan blender ketika selesai digunakan. Jangan menyimpan dalam keadaan masih basah. 

Demikian mengenai kerusakan blender miyako mati total tidak ada reaksi apapun ketika pertama kali dinyalakan 

 semoga bermanfaat!!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.