Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Trik Konyol Mendeteksi Kerusakan Barang Elektronik

Trik Konyol Mendeteksi Kerusakan Barang Elektronik
www.soldiradem.com

Kadang kita memiliki cara tersendiri dalam menghadapi berbagai kasus kerusakan elektronik.  kali ini saya membagikan trix konyol karena kebiasaan memperbaiki barang elektronik yang sering saya alami.  Trik ini terbentuk karena terbiasa dan membentuk sebuah insting untuk dapat mengerti penyebab kerusakan dari suatu barang elektronik. Teori ini kalau orang jawa bilang adalah ilmu titen. 

1. Memperbaiki tv mati 

Ketika tv pertama kali dinyalakan menggunakan indra pendengaran dari dalam mesin tv. ketika ada bunti "ngik!"1x berarti arus telah masuk ke dalam power suplai. dengan trik ini ketika menemukan tv mati total tidak perlu cek kabel power dan saklar. 

2. Kinerja flyback 

Indra pendengaran sangat penting untuk mengetahui apakah flyback bekerja atau belum. ciri khas dari trafo swintcing ketika menyala selalu memiliki bunyi khas. Flayback akan terdengar ngiiiiiing nada tinggi. meskipun kita belum membuka casing tv maka ini biasanya bisa menjadi pertanda flyback telah bekerja. 

3. Bunyi ngik berulang

Bisa dibahasakan bip. pada tv flat sering terjadi pada transistor horizontal. bunyi ngik berulang bisa jadi karena power suplay sebenarnya bekerja namun terjadi arus pendek pada arus sekunder sehingga arus primer masih bekerja. jika ini dibiarkan maka bisa jadi ic, str atau fet switching power suplai mengalami kerusakan. 

4. Bunyi dengungan pada speaker aktif 

Bunyi nguung tanpa jeda jika diberikan input tidak ada respon maka kemungkinan besar terjadi bocornya arus dc ke speaker. Kemungkinan besar disebabkan oleh transistor final maupun ic amplifier untuk speaker yang menggunakan ic. 

6. Kuantitas dan kualitas 0%

Saat memperbaiki parabola saya memiliki pengalaman bahwa ketika tidak muncul kualitas dan kuantits 0% ada masalah receiver tidak konek dengan lnb. Namun kadang ini terjadi karena disebabkan program receiver peletakkan dseg untuk pengguna c band 2 lnb.

7. Dengung audio sound 

ini sering terjadi pada audio rakitan alias ombro. ketika terjadi dengung biasanya yang saya lakukan adalah membalik jack AC. Terkadang trik ini manjur meredam dengung yang terjadi pada gangguan audio. Jika tidak manjur dibutuhkan ground tambahan atau kabel yang dihubungkan dari body besi perangkat audio ke tanah basah. 

8 Tv mati total 

Saya sering menemukan kasus yang sangat mudah di prediksi yaitu kerusakan pada primer power suplai tv. ketika elko tegangan tinggi masih menyimpan muatan itu berarti arus tidak tersalurkan dengan baik. ini terjadi pada smps yang mengalami kerusakan pada bagian transistor atau ic yang berfungsi untuk membangkitkan pulsa tegangan tinggi pada switching. Fakta ini menjadikan catatan penting terutama bagi pemula yang masih belum mengetahui tentang elko 450 volt yang masih menyimpan arus ketika power suplai dalam keadaan bermasalah. 

Mungkin itu dulu trix dari saya lain kali akan saya update kalau saya ingat trix yang lain mudah mudahan bermanfaat.