Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab TV LED layar Bergaris-garis Vertikal dan Cara Sederhana Memperbaikinya

Soldiradem Blog - Kerusakan yang sering dialami oleh tv LED adalah timbul layar bergaris garis vertikal. Pada kerusakan ringan layar LCD akan bergaris garis vertikal di bagian samping kiri atau kanan. Berdasar pada banyak kerusakan untuk kerusakan ini masih bisa ditolong tanpa ganti layar LCD tapi mungkin akan memiliki risiko yang lebih apabila kerusakan terjadi pada Panel LCD. 

Gangguan pada layar bergaris vertikal di TV LED ada beberapa gejala yang biasanya para teknisi mengenalinya pada masing masing merk. Maka dari itu ketika ingin mencari solusi atas menyebabkan layar TV LED bergaris harus spesifik mulai dari merk dan tipe.

Secara umum penyebab layar TV LED bergaris Merk Polytron, SHARP, SAMSUNG, LG, TCL, dan lainnya disebabkan oleh Blok tcon. berikut ini tentang Blok bagian tcon di tv LED dan cara memperbaiki kerusakan tv led bergaris garis. 

Baca juga : Memperbaiki tv led polytron tidak ada gambar backlight menyala

Blok tcon terhubung langsung dengan Panel. Fungsinya mengontrol pembentukan gambar ke panel LCD. Jika T con Bermasalah bisa salah satunya bisa mengakibatkan Pembentukan gambar tidak sempurna sehingga layar bergaris garis vertikal. 

Langkah paling sederhana untuk memperbaiki TV LED bergaris ialah dengan membersihkan kabel fleksibel yang terhubung ke panel dan main board. 

Penyebab TV LED layar Bergaris-garis Vertikal

Tcon model lama akan menyatu dengan kabel flat terhubung dengan panel secara langsung yang tidak bisa dilepas secara manual. 

Sebelum membersihkan ada kemungkinan kabel hanya kendor saja sehingga yang perlu dilakukan adalah melepas kunci kabel fleksibel kemudian memasangnya kembali secara benar. 

Kemudian membersihkan kabel Fleksibel dari mainbord dengan menggunakan amplas halus atau penghapus karet untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kabel fleksibel. 

Bila membersihkan kabel fleksibel tetap tidak mengatasi kerusakan tv led bergaris maka mungkin kerusakan terjadi pada blok t-con entah itu ic atau hanya beberpa komponen pendukungnya. Untuk itu perlu pengukuran tegangan normal pada jalur vgh vgl, vcc, vee. 

Tegangan normal bisa disesuaikan dengan skema manual jenis tv yang digunakan. 

Baca juga: Penyebab tv LED tidak ada gambar tapi ada suara

Kerusakan pada kabel LVDS dari mainboard bisa mengakibatkan tv bergaris-garis penuh sedangkan kerusakan pada kabel fleksibel dari tcon ke panel akan mengakibatkan tv bergaris separuh layar saja entah itu kanan atau kiri. 

Itulah penyebab dan cara sederhana mengatasi layar TV LED  bergaris vertikal. Untuk spesifik dengan pemutusan jalur mungkin akan membutuhkan sesi lain yang lebih spesifik dari merk dan tipe yang berbeda seperti Polytron, sharp, samsung, lg, panasonic, thosiba dan maish banyak lagi. demikian semoga bermanfaat!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.