Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Jenis Audio Jack Secara Bentuk dan Fungsinya

Jenis Audio Jack Secara Bentuk dan Fungsinya - Ada beberapa jenis jack audio, kali ini kita akan membahas mengenai audio jack yang sering digunakan pada perangkat smartphoen, komputer, microphone, dan perangkat yang menggunakan audio jack lainya. 

Jika anda sering menggunakan aerophone mungkin anda tidak asing lagi dengan audio jack, karena perangkat headset menggunakan audio jack sebagai konektor speaker dan microphone ke soket perangkat audio.

Nama-nama lain dari Audio Jack seperti Phone Connector, Phone Jack, Headphone Jack, Earphone Jack ataupun Jack Plug.

Secara fungsional audio jack sebagai alat konektor, sehingga perantara sinyal audio bisa di bongkar pasang.

Ada tiga jenis secara fungsi dan bentuknya sekarang kita akan melihat bagaimana sebenarnya secara fungsional dan bentuknya. 

Ukuran audio jack

Secara ukuran audio jack ada tiga ukuran yaitu: 2,5mm (3/32 inci), 3,5mm (1/8 inci) dan 6,35mm (¼ inci).

Secara fungsi bentuk terdapat tiga jenis antara lain 2 konduktor,3 konduktor, dan 4 konduktro. 

setiap konduktor di pisah oleh isolator sehingga bisa menjadi satu bentuk jack.

Fungsi jack tentu berbeda berikut kita bahas perbedaannya:

1. Audio Jack dau konduktor
Memahami Jenis Audio Jack Secara Bentuk dan Fungsinya

Audio Jack TS sering digunakan untuk jack mikrofon atau jack Audio mono suara kanan dan suara kiri sama saja. Audio Jack dua konduktror atau disebut Tip-Sleeve merupakan Audio Jack yang terdiri dari dua konduktor, yaitu bagian konduktor Tip dan bagian Konduktor Sleeve.  Tip dihubungkan ke signal audio sedangkan bagian Sleeve dihubungkan ke Ground. 

2. Audio Jack tiga konduktro TRS (Tip-Ring-Sleeve)
Memahami Jenis Audio Jack Secara Bentuk dan Fungsinya

Audio Jack TRS Tip-Ring-Sleeve ini memiliki tiga bagian konduktor yaitu konduktor Tip, konduktor Ring dan konduktor Sleeve. Pada umumnya, bagian konduktor Tip dihubungkan ke kanal kiri audio (Left Channel) dan bagian Ring dihubungkan ke kanal kanan audio (Right Channel) sedangkan bagian konduktor Sleeve dihubungkan ke Ground. Audio Jack TRS ini mendukung audio dengan mode Stereo.sebagai contoh headset tanpa microphone.

3. Audio Jack 4 konduktor TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)
Jenis Audio Jack Secara Bentuk dan Fungsinya

Jenis audio yang ketiga ini yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari terutama pada perngkat samarphone. Karena perangkat smartphone mendukung soket audio sebagai headphone dan microphone.

Sehingga jika dilihat secara fisik pada jack untuk perangkat headset bisanaya terdapat 4 garis isolator yang memisahkan 4 konduktor sekaligus. Jack audio ini sering disebut TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve).

Terdapat empat bagian konduktor Yaitu 1 konduktor Tip, 2 konduktor Ring dan 1 konduktor Sleeve. konduktor Tip untuk audio kanal kiri (Left Channel), konduktor Ring pertama untuk audio kanal kanan (Right Channel), konduktor Ring kedua untuk Ground dan konduktor Sleeve untuk Mikrofon.

Di smartphone audio jack yang beredar di pasaran sekarang ini sepakat berukuran 3,5 mm. digunakan untuk microphone dan headset stereo. Hal yang sama juga terdapat pada perangkat laptop dan komputer yang memang mendukun headset untuk berkomunikasi.

Demikian mengenai jack audio yang sering digunakan pada perangkat smartphone secara fungsional dan bentuk semoga memberikan wawasan untuk kita semua.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "3 Jenis Audio Jack Secara Bentuk dan Fungsinya"