Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TV China Transistor Horizontal dan Tegangan Normal Flyback tidak bekerja

TV China tegangan normal flyback tidak bekerja - Lagi lagi menemukan kerusakan yang aneh gejalanya tv china tidak ada gambar suara normal, ketika dicek tegangan untuk normal semua terutama pada bagian horizontal, bahkan tegangan pada bagian driver sudah normal. Kerusakan ini pernah beberapa kali saya temukan pada tv china. Saya sempat bingung dulu pada saat pertama kali menemukan kasus kerusakan semacam ini, bahkan sampai mengganti flyback tidak ada perubahan. 

Saya mencurigai flyback karena tegangan video drop dan juga heater tidak menyala sedangkan transistor horizontal normal. Tegangan dari driver horizontal juga normal.  

Nah solusinya saya iseng dengan mencoba mengganti transistor horizontal. wah, ternyata tv bisa bekerja dengan normal. Jika dari awal langsung ganti transistor horizontal pasti masalah ini sudah terselesaikan. 

Pelajaran ketika mendapatkan kerusakan membingungkan semacam ini akan membuahkan beberapa ilmu baru menurut yang saya tangkap.

Transistor horizontal terukur normal tidak short dan tidak putus ketika di ukur menggunakan ohm meter. Kemungkinan transistor ini saat dilalui arus besar sudah tidak bekerja. Atau transistor ini setengah mati. 

Kerusakan ini jarang terjadi dan akan membingungkan jika anda tidak teliti ketika menemui kerusakan dengan b+ 115 volt normal dan driver transistor horizontal telah bekerja. Tapi ada juga kemungkinan bahwa kerusakan terjadi pada flyback apabila transistor horizontal telah dicoba diganti dengan yang baru.

Kerusakan tv china layar gelap bisa disebabkan karena output tidak ada misalnya pada bagian g2, 180 volt dan heater tidak mengeluarkan tegangan. Biasanya jika terjadi kerusakan pada flyback output tegangan dari salah satunya tidak keluar tegangan. Sedangkan ketika flyback belum kerja, semua output heater, video drop dan g2 akan tidak ada tegangan. 

Tegangan trafo driver berasal dari tegangan vertikal. Jika tegangan vertikal bermasalah maka trafo driver transistor horizontal tidak akan bekerja oleh karena itu ini juga penting untuk memastikan bahwa transistor horizontal telah bisa bekerja sebelum memastikan kerusakan pada flyback dan transistor horizontal.

Catatan penting yang ingin saya sampaikan dalam kasus kerusakan tv china tegangan normal flyback tidak bekerja adalah pentingnya menyediakan cadangan transistor horizontal yang berfungsi sebagai percobaan. Terutama untuk sparpart tv china yang mana sering kita temui di pelanggan. selain itu kita juga harus siap dengan mesin tv bekas untuk kita manfaatkan komponen cabutan yang mungkin masih bisa digunakan. 

Ketika kita tidak memiliki berbagai komponen pengganti kasus semacam ini kemungkinan besar bisa terjadi kegagalan dan terus menjadi misteri. Andai saya waktu itu tidak membawa transistor horizontal pasti sudah bingung terlebih flyback yang saya gunakan berasal dari mesin tv bekas. 

Demikian TV China tegangan normal flyback tidak bekerja  semoga bermanfaat!!!