Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Ciri Kerusakan TV Protek dan Standby Jangan Sampai salah


Perbedaan tv mati standby dan protek - Tentu dalam konteks beda produk gejalanya berbeda, namun secara umum kita akan mendapatkan ciri-ciri yang sama tapi  ada ciri khusus yang bisa kita ambil kesimpulan apakah tv protek atau standby. Mari kita mulai perbedaan antara tv protek dan standby pada tv tabung. 

TV Standby 

TV standby memiliki ciri khas secara kasat mata lampu indikator masih menyala tapi tv tidak bisa hidup. Secara teknis tv standby masih mengeluarkan tegangan pada bagian sekunder regulator. Entah itu tegangan drop secara keseluruhan atau hanya drop pada bagian tertentu saja. Secara kasat mata tv standby tidak akan menyala, tapi ketika di ukur dc meter ternyata masih ada tegangan pada sekunder atau output power suplai. Hal ini bisa juga terjadi ketika lampu indikator led memang mati disebabkan oleh komponen led tersebut atau karena tegangan dari lima volt dc mengalami drop 

TV Protek 

Ciri protek pada setiap tv kadang ada yang berbeda misalnya ketika tv tersebut menggunakan dua warna led. contoh tv sharp memiliki dua warna ketika tv menyala dan tv  mati standby. maka ketika terjadi protek tv akan mengalami dua fase warna lampu. start warna merah kemudian warna hijau ketika terjadi protek akan kembali ke warna merah lagi. 

Ciri protek pada tv adalah gagal start. secara pendengaran kita akan mendengar suara mesin tv bekerja, sekejap langsung mati lagi. tapi ada juga yang tidak terdengar sedikitpun hanya mengindikasikan lampu standby berubah warna. maka kita harus jeli untuk melihat bagaimana tv ketika pertama kali dinyalakan. 

TV Polytron protek 

TV polytron ciri protek ketika dinyalakan pertama kali akan terlihat sekejap terlihat layar sekejap kemudian kembali ke mode standby. 

Tapi terkadang tidak terlihat dilayar hanya saja led terlihat terang kemudian redup lagi. ini juga bisa mengindikasikan protek. 

Kerusakan yang lebih umum adalah tv nyala sebentar kemudian mati ke mode standby. 

Untuk jenis tv led protek mungkin memiliki ciri khas yang berbeda. ada beberapa pa merk yang menggunakan dua warna indikator untuk menandakan tv menyala atau tidak. 

Ada tv led ketika menyala normal lampu standby mati sedangkan ketika tv mode standby lampu menyala. 

Itulah sedikit ciri kerusakan protek. akan tetapi bukan berarti ketika lampu indikator berkedip itu artinya protek karena beberapa kasus kerusakan bisa terjadi karena kerusakan pada output horizontal atau kerusakan pada bagian sekunder power supply. 

TV mati protek dan standby memiliki ciri khusus dari tegangan. misalnya ketika tv bisa start sebentar kemudian tv mati itu bisa kita deteksi dari tegangan berapa yang mengalami drop dan titik protek bisa dilumpuhkan untuk menemukan kerusakan yang mengakibatkan protek. 

jika hanya mati standby sudah pasti kita harus menggunakan tester dc meter agar tidak asal tebak. karena jika hanya asal tebak kita akan sulit mengidentifikasi kerusakan tv.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Inilah Ciri Kerusakan TV Protek dan Standby Jangan Sampai salah "