Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengetahui 4 Penyebab TV LED Mati standby

Mati standby bisa digambarkan ketika TV dimatikan menggunakan remot maka TV akan selalu standby. Berbeda dengan TV tabung yang masih menggunakan pemutus arus sepenuhnya. Sedangkan TV LED hanya memiliki sistem standby. 

Untuk mematikan TV LED sepenuhnya kita harus mencabut steker dari jala listrik agar TV mati. Tentu kenyamanan yang akan kita dapatkan dari TV mode standby adalah kita hanya tinggal pencet remot sudah bisa menyalakan TV tanpa perlu menggunakan saklar. Kekurangannya yaitu tetap memakan daya meski berbeda pada saat TV menyala. 

Berbicara kerusakan TV LED standby ada berbagai macam penyebab kerusakan. kebanyakan dari kita mengalami kerusakan TV standby setelah dimatikan dan ingin menyalakan kembali ternyata tidak menyala. Meski lampu led indikator menyala tapi TV tidak menyala. Inilah kerusakan standby. Tapi tunggu dulu kadang anda salah paham tentang ini. 

Mengetahui Penyebab TV LED Mati standby 

Bagaimana jika anda menemui kerusakan semacam ini berikut langkah untuk anda yang belum tahu tentang elektronik. 

1. Cek remot  

Terkadang kerusakan TV tidak bisa nyala meski lampu indikator menyala adalah kerusakan pada remot TV mati. untuk memastikan apakah remot masih menyala atau tidak anda bisa menggunakan kamera hp untuk mengecek apakah sensor lampu yang terdapat di body bagian depan remot menyala. pencet pada bagian apapun jika terlihat lampu menyala berarti remot dalam keadaan normal. Remot mati bisa disebabkan baterai habis dan konektor berkarat sehingga baterai tidak menghantarkan arus ke mesin remot. 

Jika remot keadan normal berarti kerusakan terjadi pada mesin tv. nah untuk mengetahui apa yang rusak berikut pahami lebih lanjut tentang ketika TV masih ada suara normal tapi tidak ada gambar. 

2. TV tidak menyala tapi tidak ada gambar 

Ada yang mengira TV mati standby padahal TV masih menyala. dalam bahasa teknis ini bukan mati standby tetapi mati karena layar TV bermasalah sehingga tidak menampilkan gambar. INi sering terjadi pada TV LED sering dikira mati standby padahal kerusakan pada backlight. untuk memastikan ciri kerusakan pada backlight anda akan melihat gambar samar samar pada layar yang gelap. Baca juga : kenapa tv tidak ada gambar tapi siara normal?

3. Kerusakan sensor pada TV

Ketahui letak sensor infra merah pada tv. Jangan sampai tertutup oleh benda lain yang mengakibatkan menghalangi inframerah dari remot. Letak sensor remot biasanya berdekatan dengan lampu indikator standby. jika anda merasa bahwa sensor tidak terhalang oleh apapun ada kemungkinan terjadi kerusakan pada sensor dengan catatan tegangan dan eprom dalam keadaan data tidak korup. Kerusakan ini bisa kita ketahui dengan cara menggunakan switch power yang ada di dalam body tv. jIka masih menyala kemungkinan bisa kerusakan pada sensor maupun kerusakan pada remot. 

4. Pahami gejala lampu

Untuk mengetahui kerusakan TV LED anda bisa membaca dengan gejala lampu indikator. ada perbedaan pada setiap merk TV mengindikasikan kerusakan. 

Untuk lebih lanjut tentang kerusakan ini maka kita harus menggunakan beberapa referensi seperti apa gejalanya dan bagaimana solusinya. karena semua memang berbeda dari segi gejala dan penyebab. kadang juga gejala sama tetap kerusakan berbeda meski dalam satu merk dan tipe. 

TV POLYTRON LED STANDBY 

Kali ini saya mendapatkan kerusakan TV polytron ukuran 32 inci dengan tipe … mengalami kerusakan mati standby tidak bisa start. awalnya masih bisa hidup kadang tidak bisa dinyalakan menggunakan remot maupun panel switch. 

tegangan pada 5 volt dan kawan kawan telah normal seperti data site. 

dan benar ini adalah kerusakan pada eprom 

masalah selesai. 

Penggantian eprom memang harus berhati hati agar tidak merusak jalur. menggunakan solder biasa sedikit kesulitan begitu pula menggunakan solder uap jika belum terbiasa. 

JIka masih memungkinkan anda bisa menginstal ulang menggunakan alat. tapi jika eprom mengalami kerusakan terpaksa harus diganti. 

Pati Setiap kerusakan memiliki penyebab yang berbeda terkadang juga sama. tergantung bagaimana keadaan tegangan pendukung dan juga tipe yang digunakan.