Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan DVB-S dan DVB-T2 TV Digital Awas Jangan Salah Beli!

Soldiradem Blog -  DVB-S Digital parabola dan DVB-T2 tv digital merupakan dua perangkat yang berbeda. Jika parabola menerima sinyal dari satelit, sedangkan tv Digital t2 menerima sinyal dari pemancar digital dan menggunakan antena tv digital. 

Tentu ini menjadi pertimbangan anda untuk memilih parabola atau menggunakan stb tv digital biasa. Ada kelebihan yang akan anda dapatkan dari masing masing jenis penerimaan sinyal tv digital. 

1. DVB-S Parabola

Adalah receiver khusus untuk sinyal digital parabola. Jenis ini harus membutuhkan jenis parabola c band bisa juga ku band. Tinggal anda memilih diantara kedua antena tersebut. 

Kelebihan yang akan anda terima menggunakan digital tv parabola anda akan mendapatkan lebih banyak chanel premium dari pay tv. karena sekarang sudah di jaman tv langganan. Tapi tenang anda masih bisa menikmati siaran tv nasional secara gratis ketika menggunakan salah satu jenis pay tv. Anda bisa menikmati siaran tv digital jernih dengan kualitas HD.

Harga pemasangan parabola memang lebih mahal dan ini menjadi kekurangan digital parabola dibanding dengan tv digital biasa. 

Pemasangan perlu teknisi khusus parabola. Karena akan memakan banyak waktu jika anda belajar sendiri memasang antena parabola.

2. DVB T2 

Peralihan tv analog ke siaran tv digital mulai dilakukan oleh pemerintah indonesia. Banyak yang kehilangan siaran di tv analog ketika tahap peralihan dimulai. Untuk itu anda harus beralih ke tv digital terutama yang tinggal di perkotaan. Karena kami yang di desa dari dulu sudah menggunakan siaran digital satelit parabola. 

Anda harus membeli jenis STB penerima siaran tv digital. Bahkan pemerintah membagikan stb gratis, ya meskipun tidak semua orang bisa mendapatkan. Anda bisa mencari receiver DVB T2 khusus untuk tv digital. Namun anda harus memahami saat membeli online jika menggunakan istilah STB, karena di marketplace ada STB android yang hanya bisa menerima siaran melalui internet. Perhatikan fungsi dari STB sebelum membeli. Pastikan DVB-T2. 

Perbedaan DVB-S dan DVB-T2 TV Digital Awas Jangan Salah Beli!

Memang ada DVB-t2 memiliki fitur akses ke internet, tetapi menggunakan wifi dongle. 

Kelebihan yang anda dapatkan menggunakan siaran tv digital diantaranya. 

Kualitas gambar tv digital lebih jernih tanpa nois. 

Anda akan menikmati siaran tv digital seperti menonton video di youtube. 

Anda tidak memerlukan antena khusus seperti parabola perlu teknisi khusus.

Tidak butuh teknisi jika anda sudah tinggal di perkotaan tinggal memogram beberapa hal yang bisa anda dapatkan melalui video di youtube maupun tutorial di internet.

Jadi anda memilih untuk membeli antena parabola atau membeli set top box tv digital. Yang lebih murah dan mudah tentu memilih DVB-t2 terutama anda yang sudah terjangkau siaran tv digital. 


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Perbedaan DVB-S dan DVB-T2 TV Digital Awas Jangan Salah Beli!"