Mengenal Blok Vertikal pada Tv CRT tabung

Blog vertikal pada televisi CRT berfungsi untuk membuka layar ke atas dan ke bawah. Blog vertikal berkerjasama dengan blok vertikal yoke, yaitu menyuplai lilitan yoke bagian vertikal.

Jika Anda ingin mengerti letak blok vertikal, bisa melacak keberadaan blog vertikal dari kabel yoke bagian vertikal, kemudian diurutkan ke bagian output IC vertikal.

Blok IC vertikal ditandai dengan IC vertikal yang biasanya menempel di pendingin seperti IC audio. Sehingga jangan sampai salah membedakan antara IC ampli dan IC vertikal.

Berikut contoh blok vertikal yang ada dalam rangkaian TV Polytron.

Mengenal Blok Verikal pada Tv CRT
Blog vertikal tv polytron

Blog IC Vertikal Polytron U Slim

Komponen yang digunakan pada blok vertikal yaitu komponen utamanya berupa IC vertikal, paling banyak menggunakan LA 78040, 78041, terutama pada mesin TV China, TV Polytron, dan LG. Komponen pendukung IC vertikal berupa dioda, elko, dan resistor, semuanya berkaitan, sehingga ketika komponen pendukungnya maupun IC bermasalah, tidak bisa bekerja dengan gejala TV satu garis horizontal.

Supply pada blok vertikal biasanya sekitar 27 volt berasal dari power supply maupun dari flyback. Pada TV Polytron U Slim menggunakan 12 volt simetris sehingga tegangan yang didapat ketika diukur dari positif dan negative (bukan ground) akan didapatkan sekitar 24-27 volt, tergantung kondisi flyback.

Nah, ini yang perlu Anda pahami ketika suatu saat memperbaiki TV, ketika gejala layar satu garis horizontal mendatar, yang bermasalah adalah bagian blok vertikal, bukan blok horizontal yang ditelusuri. Ini sering membuat para pemula bingung mengenai gejala kerusakan yang dipakai istilah yang ada di internet. Misalnya pada gejala satu garis horizontal, malah horizontalnya yang dicek. Yang benar, blog IC vertikal yang pertama dicek.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Mengenal Blok Vertikal pada Tv CRT tabung"