Cara Menurunkan Tegangan 12v ke 5v Menggunakan Resistor

Soldiradem blog - Kali ini saya menulis tentang konten sederhana dan sangat dasar di bidang elektronika power suplai yaitu cara menurunkan tegangan 12 volt ke 5 volt dengan menggunakan resistor. Tapi sebenarnya caranya tidak hanya dengan resistor saja, ada juga yang lebih aman yaitu dengan menggunakan IC 7805.

Kita akan membahas keduanya; kita bisa menurunkan tegangan 12 volt ke 5 volt menggunakan resistor dan juga IC. Keduanya mudah untuk dipraktekkan untuk pemula di bidang elektronika.

1. Cara Menurunkan Tegangan 12 Volt ke 5 Volt Menggunakan Resistor

Menggunakan komponen resistor adalah cara yang paling sederhana karena tidak memerlukan banyak pengetahuan tentang polaritas komponen. Namun kita harus menggunakan sistem percobaan dengan menggunakan gambar di bawah ini.

menurunkan tegangan 12v ke 5 volt menggunakan resistor


Keterangan Gambar:

Rangkaian di atas menggunakan resistor ukuran 150 ohm dan 100 ohm terbukti bisa menurunkan tegangan 12v ke 5v.

Pada bagian resistor, Anda bisa mengganti dengan yang lebih besar apabila tegangan yang dihasilkan kurang besar. Misalnya dengan mengganti dengan resistor 220 dan 330 ohm.

Cara ini membutuhkan volt meter dc, agar lebih akurat gunakan volt meter DC digital. Jangan langsung dipasang ke rangkaian yang akan disuplai sebelum dicek tegangan secara pass. Karena sistem ini membutuhkan percobaan kadang hasilnya bisa berbeda. 

Karena caranya sederhana tetapi juga banyak kekurangan menggunakan sistem sederhana, salah satunya adalah arus berkurang, mudah drop dan resistor panas bisa terbakar apabila menggunakan resistor kecil.

2. Menggunakan Resistor dan Zener 5 Volt

Ada cara yang lebih sederhana dari pada yang pertama, tetapi harus menambahkan dioda Zener 5 volt. Anda tidak perlu melakukan penggantian atau percobaan dengan banyak resistor karena dioda Zener otomatis akan melakukan penyetabilan di 5 volt. Bahan yang digunakan masih menggunakan resistor dengan ukuran antara 2k2 sampai dengan 10k, tergantung tegangan yang akan dikurangi. Tetapi menggunakan 2k2 sudah cukup jika tegangan hanya 9 volt hingga 12 volt. elco yang digunakan bisa menggunakan 100u/16v atau 10v juga bisa.

Rangkaian seperti berikut:

menurunkan tegangan 12v ke 5 volt menggunakan resistor dan dioda zener

Tetap saja ada kelemahannya jika menggunakan sistem ini juga terkendala masalah arus dan panas; jika tidak kuat, dioda akan jebol dan membahayakan rangkaian yang disuplai. Jadi gunakan untuk rangkaian yang menggunakan arus kecil saja.

3. Menggunakan IC 7805

Menggunakan IC, saya merasa lebih aman dan nyaman. Saya pernah menggunakan IC ini untuk mengisi baterai ponsel menggunakan aki. Aman, tetapi arus maksimal yang dikeluarkan hanya 2 ampere saja.

menurunkan tegangan 12 volt ke 5v menggunakan ic


Pada rangkaian tersebut, yang harus diperhatikan adalah pemasangan IC 7805. Jangan sampai terbalik. Kaki 1 (input) terletak di sebelah kiri, kaki 2 (ground) di tengah, dan kaki 3 (output).

Untuk ukuran elco 100 uf bisa menggunakan yang lebih besar ketika membutuhkan tegangan yang lebih stabil misalnya untuk motor dc yang membutuhkan arus stabil agar tidak drop. untuk ukuran maksimal voltase elco bisa menggunakan 10v sampai 16 volt atau lebih.

Baca juga: cara membuat power suplai stabil di 12 volt menggunakan ic 7812

Itulah tiga cara menurunkan tegangan 12 volt ke 5 volt menggunakan resistor. Semoga bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.