5 Cara Mudah Mengembalikan Layar TV yang Membesar

Cara Mengembalikan Layar TV yang Membesar - Siapa yang tidak menyukai menonton acara televisi dengan layar yang besar? Pasti semua orang menyukainya. Namun, ada masalah yang sering terjadi, yaitu layar TV yang membesar atau terlalu besar sehingga terkadang mengganggu kenyamanan menonton. Nah, apabila kamu sedang mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan tips dan cara mengembalikan layar TV yang membesar.

1. Cek Settingan pada TV

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa settingan pada TV. Kemungkinan besar, layar TV yang membesar disebabkan oleh settingan yang tidak sesuai atau tertekan secara tidak sengaja pada remote control. Kamu dapat mengecek settingan yang terdapat pada TV dengan cara menekan tombol "Menu" pada remote control. Setelah itu, pilih menu "Display" atau "Pengaturan Layar". Pada menu ini, pastikan bahwa "Zoom" atau "Pengaturan Layar" yang terdapat pada menu tidak diaktifkan. Jika iya, matikan fitur tersebut dan coba periksa apakah layar TV sudah kembali normal.

2. Cek Settingan pada Set-Top Box atau Penerima TV

Apabila kamu menggunakan set-top box atau penerima TV, langkah selanjutnya adalah memeriksa settingan pada perangkat tersebut. Sama seperti pada TV, perangkat ini juga memiliki fitur "Zoom" atau "Pengaturan Layar". Pastikan bahwa fitur tersebut tidak diaktifkan dan sesuai dengan ukuran layar TV yang kamu gunakan.

3. Cek Kabel HDMI atau Kabel AV

Kabel HDMI atau kabel AV juga dapat menjadi penyebab layar TV yang membesar. Kemungkinan besar, kabel tersebut tidak terpasang dengan benar atau kabel tersebut tidak mendukung resolusi layar TV yang kamu gunakan. Pastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan benar dan sesuai dengan resolusi layar TV yang kamu gunakan.

4. Cek Settingan pada Perangkat yang Terhubung dengan TV

Selain itu, perangkat yang terhubung dengan TV juga dapat menjadi penyebab layar TV yang membesar. Misalnya, laptop atau PC yang terhubung dengan TV menggunakan kabel HDMI. Pada perangkat tersebut, pastikan bahwa resolusi layar yang digunakan sesuai dengan resolusi layar TV yang kamu gunakan.

5. Reset TV

Apabila semua cara di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset pada TV. Caranya adalah dengan menekan tombol "Menu" pada remote control dan pilih menu "Pengaturan" atau "Setting". Setelah itu, pilih menu "Reset" atau "Kembali ke Pengaturan Awal". Perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua settingan yang telah kamu buat sebelumnya, sehingga kamu perlu mengatur kembali settingan pada TV.

Baca juga: cara menangani tv layar melebar kiri dan kanan

Demikianlah tips dan cara mengembalikan layar TV yang membesar. Pastikan untuk memeriksa semua faktor yang dapat menjadi penyebab layar TV yang membesar, mulai dari settingan pada TV, set-top box atau penerima TV, kabel HDMI atau kabel AV, settingan pada perangkat yang terhubung dengan TV, hingga melakukan reset pada TV. Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan kamu dapat mengembalikan layar TV yang membesar menjadi normal dan kembali nyaman menonton acara televisi.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Mengembalikan Layar TV yang Membesar"