Cara Menangani TV Layar melebar kiri dan kanan

Cara Menangani TV Layar melebar kiri dan kanan
tv layar melengkung sisi kanan kiri
Soldiradem blog - Tv yang mengalami kelainan tampilan dengan gejala layar melebar kekiri dan kekanan secara vertikal disebabkan oleh blog horizontal mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan faktor prubahan ukuran komponen dan voltase meningkat. Terutama horizontal output.

Lalu apa saja penyebab pasti tv dengan layar melebar ?

Berikut ini akan saya sebutkan satu persatu apa saja yang harus dicek agar kerusakan cepat tertangani dengan aman dan damai, hhh.

1. Periksa tegangan b+115v

 Pertama yang perlu dilakukan ialah mengecek tegangan b+. Lihatlah berapa tegangan normal standar antara 115 vuntuk tv belum flat slim  -120v untuk flat, 110 untuk tv 14'. Tegangan b+ mempengaruhi ukuran tampilan terutama pada tv cina. Karena tv tersebut memiliki ciri jika b+115V diadjust maka layar bagian samping akan berubah lebar atau semakin menciut. Dan tidak tertutup kemungkinan juga bahwa B+115 v tv jenis lainya juga berpengaruh terhadap tampilan layar samping.

2. Cek capasitor pada blog horizontal.

Capasitor ini sangat berpengaruh terhadap kelebaran layar arah samping. Karena dari sinilah ukuran layar mendapapt filter ukuran lebar layar. Semakin kecil nilai capasitor maka akan mengecil namun apabila nilai capasitor bertambah akan mengalami pelebaran layar terutama pada bagian samping kiri kana layar.

Namun dalam hal ini harus berhati hati jika tidak memiliki esr meter, karena kesalahan dalam uji coba penggantian kapasitor harusnya menggunakan c ganti dengan yang asli. Dan yang perlu diperhatikan betul terutama pada capasitor yang teletak di kaki kollektor transistor horizontal. Salah dalam penggantian maka berakibat fatal.


3. Defleksi yoke berubah nilai

Hal ini jarang terjadi.namun tidak tertutup kemungkinan jika impedansi defleksi dapat berkurang karena ada salah satu sudut Lilitan terbakar. sehingga impedansi mengalami masalah tampilan
Jika masalahnya pada yoke. Tidak bisa teratasi maka ini bisa diatasi dengan menambah lilitan. Namun jika terbakar parah yoke harus diganti.

Hal seperti layar terlalu lebar juga terjadi pada saat mengganti mesin tv dengan mesin baru. Terkadang hal ini juga tidak dapat diatasi dengan menyetting lewat favtory mode. Untuk itu perlu menyetting manual dengan cara merubah nilai capasitor..

Beberapa pengalaman menangani tv gambar melebar

Tv Polytron slim lama

Polytron slim keluaran lama masih menggunakan transistor ew yang menggunakan tr D313. Tr ini berfungsi sebagai pengatur penguatan bagian samping layar. Apabila terjadi kerusakan pada transistor ew, maka bisa jadi gambar melebar, menyempit, bahkan melengkung. Oleh sebab itu pertama ketika mengalami bagian layar pada polytron slim, maka pertama ganti tr D313. Jika tidak ada bisa menggunakan tip 41c.

Yang perlu dihindari saat menemui kerusakan gambar melebar yaitu tv polytron slim ataupun tv slim lainya adalah sebisa mungkin jangan terlebih dulu menuju factory mode. Karena jika hanya itu yang ditempuh, maka bisa jadi transistor bekerja terlalu panas. Sehingga transistor horizontal jebol.
Kemudian jika sudah penggantian trD313 belum juga membuahkan hasil ,baru melangkah ke capasitor resonant dan pengatur lebar. 

Terdapat berbagai macam ukuran, namun yang pasti ukur dulu dengan menggunakan esr meter. Jika tidak punya alat ukur maka ganti capasitor sesuai dengan aslinya. Namun jikalau tidak ada bisa diganti dengan c yang mendekati nilai aslinya dengan catatan toleransi tidak lebih dari 10% aslinya apakah lebih ataupun kurang.

Tv cina gambarnya membesar

Hal ini sering saya alami pada saat penggantian mesin baru. Hal ini dipengaruhi oleh ketidak cocokan antara chasis baru dengan defleksi yoke. Untuk mengatasi hal ini bisanya saya menambah lilitan yang dirakit pada horisontal output. Atau sebelum yoke. 

Lilitan yang digunakan menggunakan inti farrit kecil dengan coil sesuai dengan coil yoke. Untuk jumlah relatif seberapa besar nilai impedansi tambahan dari yoke. Pastinya ini menggunakan ilmu experimen. Hal ini bertujuan menambah impedansi yoke sehingga mengurangi tampilan gambar melebar.


Untuk melebar atas bawah, pada tv cina sebenarnya cukup hanya menggunakan factiry mode.. Namun jika horisontal cukup ristkan untuk ini. Karena jika blog horizontal jebol bisa membahayakan semuanya.

Tv LG

Pertama gambarnya melebar, kemudian saya hanya mengandalkan servis mode. Hasilnya tv malah jadi rusak parah karena capasitor resonan mengecil nilainya. Sehingga kerja horizontal dipaksakan. Ini merupakan pengalaman yang sangat fatal, karena setelah shortnya horizontal menyebabkan tv mati total sampai ke ic jungle. Akhirnya ganti mesin baru. Rugi tr c6090.


Memperbaiki tv dengan gejala layar melebar kiri kanan dapat di antisipasi dengan cek semua pada blog horizontal, terutama capasitor. Dan tidak kalah penting pada bagian yoke pada bagian dalam siapa tahu, didalam ada coil terbakar menyebabkan impedansi yoke menjadi berkurang.
Thank.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

3 komentar untuk "Cara Menangani TV Layar melebar kiri dan kanan"

Unknown 23 Juli 2018 pukul 14.42 Hapus Komentar
Gan,mau tanya ni,kalau R yg disambung langsung dengan TR 313,berapa ya nilai omh nya, masalah sudah gosong tidak terlihat lagi kodenya ,sudah usaha d ganti R yg ukuran 1-2 omh, TR nya panas terus jebol lagi, mohon pencerahan. Terima kasih.
Chandhil 15 Oktober 2018 pukul 11.09 Hapus Komentar
Mantap,
Cheppy 15 Desember 2018 pukul 00.47 Hapus Komentar
Tv tabung Sharp great Alexander 21 inci gambar melebar kanan dan kiri..apa yang harus diperbaiki