Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perlengkapan Alat Servis Elektronik Untuk Pemula

Soldiradem : perlengkapan servis elektronik

Soldiradem Blog - Dalam dunia elektronika terdapat banyak sekali tools atau alat untuk mendukung servis elektronik. Semua tergantung pada kebutuhan spesifik perangkat apa yang ingin diservis. Oleh karena itu penting bagi pemula yang sedang merintis bisnis servis elektronik untuk menggunakan alat alat primer untuk mendukung kerja. Antara servis perangkat yang menggunakan komponen micro dan makro memilki perbedaan. Justru semakin kecil komponen yang ditangani kebutuhan jadi semakin banyak. Berbeda dengan perangkat yang masih menggunakan konvensional. masih bisa ditangani dengan alat-alat sederhana dan cenderung sangat murah dipasaran. 

Untuk mengawali hobi atau bisnis servis elektronik tentu memilki perbedaan. Mungkin untuk kebutuhan hobi hanya untuk merakit satu rangkaian. Sedangkan untuk servis bisa jadi untuk bebagai kebutuhan reparasi perangkat elektronik. Tentu untuk kebutuhan reparasi memilki lebih banyak kebutuhan alat.

Berikut ini beberapa alat untuk penghobi dan juga bagi yang sedang mengawali usaha reparasi elektronik yang bisa dimilki pertama kali. Kemudian alat yang lainnya menyusul. 

#1.Obeng

obeng servis elektronik

Obeng merupakan alat paling di butuhkan untuk membuka baut mesin ,misalanya membuka casing perangkat ,baut tr,dll. Obeng di sini saya menggunakan dua jenis obeng yaitu obeng  bentuk (+) dan (-)barbagai ukuran. Lebih baik menggunakan obeng berbagai ukuran, karena untuk menghadapi berbagai macam baut di perangkat elektronik yang terkadang tidak bisa diputar menggunakan obeng besar seperti pada gambar diatas. 

#2. Solder (iron)

Solder dan pasanganya atraktor

Solder bisa dibilang senjatanya para tuser, di sini saya menggunakan senjata yang terbaik dan mempunyai kulitas panas yang cukup baik untuk melelehkan timah secara cepat. Kalau senjata tentunya menentukan kualitas solderan timah matang secara maksimal. Kematangan dari timah menentukan usia dari garapan. Solder yang baik digunakan antara 30-60 waat untuk komponen elektronik, sewdangakan gambar diatas menggunakan solder 40 watt cukup mumpuni untuk melelhkan timah secara cepat. Jika anda membeli solder ada baiknya juga sekalian membeli mata solder. karena biasanya bawaan solder baru kurang baik untuk melelehkan timah dan matanya kurang runcing. 

#3. Atraktor (*gambarAtracktor bersanding dengan solder)

Atraktor merupakan alat untuk menyedot timah. Ini adalah istri dari solder. Atraktor juga harus yang berkualitas. Sebagai mana fungsinya menyedot timah jadi memiih atraktor yang memiliki sedotan yang kuat. ini menentukan keselamatan fcb. jika terlalu lama kepanasan karena sedotan yang berulang akan menyebabkan jalur fcb mengelupas. Pada saat menggunakan atracktro yang memilki daya sedit tinggi ada baiknya berhati hati pada bagian komponen SMD. Kadan sedotan terlalu kuat juga bisa mengakibatkan tembaga pcb rusak. Sebagian orang masih menggunakan atraktor yang kecil karena lebih cepat dalam mengntrol tuas. Sedangkan atracktor besar memilki kelemahan dalam hal menekan tuas yang lebih ribet. 

#4. AVO meter

avo meter analog
AVO METER atau sering kita sebut multi tester

 Fungsi dari avo meter adalah alat ukur alat mencari penyakit dari perangkat.  Jika belum mempelajari alat ukur multi tester bisa pelajari terlebih dahulu apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya. Saat salah dalam menggunakan biasanya AVO  meter akan cepat rusak entah itu avo meter digital maupun analog.

*Pengertian AVO meter

AVO METER adalah suatu alat ukur dasar elektronika yang banyak di gunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik.

A= Ampere (digunakan untuk mengukur arus listrik)  
V = volt ( digunakan untuk mengukur tegangan listrik)  
O= ohm (di gunakan untuk mengukur hambatan listrik)

Jadi AVO meter adalah suatu alat ukur yang dapat di gunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan listrik dan hambatan listrik. AVO sering juga di sebut multi tester/multi meter. 

Ada dua jenis alat ukur AVO meter yang ada di pasaran yaitu; 
☆AVO Analog
☆AVO Digital

A. Ciri-ciri AVO meter analog :
➡Dalam menunjukan suatu besaran nilai menggunakan jarum sebagai penunjuk.
➡Besaran nilainya menggunakan sekala.

B. Ciri AVO Meter digital ; 
➡Dalam menunjukan suatu besaran nilai menggunakan angka secara langsung.
➡Tidak menggunakan sekala.

AVO meter merupakan alat ukur yang sering di gunakan oleh para teknisi listrik/elektronik. Oleh karena itu s?gat komplek penggunaanya bagi seorang tuser.

5. Tang 

tang servis elektronik
tang jepit, tang potong tang jepit

Ada macam macam tang untuk kebutuhan dalam elektronik namun yang paling primer adalah tang jepit dan tang potong seperti bambar. itu lebih dari cukup untuk kebutuhan memotong kaki komponen dan membuka baut kecil di dalam rangkaian. 

6. .Power suplai 

Power suplai multi sebagai alat tes rangkaian elektronik yang terpisah dari power suplay aslinya. Gunakan Power suplai memiliki fitur multi seperti tegangan, dapat ditrimpot dari 0 volt sampai 25volt ,power suplay yang sudah dilengkapi dengan ct , +0-. Power suplay untuk tes amplifier bisa merakit sendiri sedangkan untuk hp menggunakan power suplay khusus untuk hp.

7. Alat pemotong

Alat pemotong berupa gunting ,cuter pisau tang potong. Alat potong biasanya berguna ketika kita akan mengupas kabel, memotong kabel, memotong jalur dan lain sebagaianya. Tentu terlihat sepele namun sangat berperan penting karena jika tidak ada alat tersebut pekerjaan akan menjadi terhambat. Lebih baik siap siaga alat potong.

8. Solder pelastik

Solder khusus melubangi pelastik. Ini untuk menghindari  menggunakan solder utama , karena akan merusak mata solder. Mata solder yang digunakan untuk melubangi plastik biasanya akan mudah korosi pada bagian mata solder. Mata solder yang terdapat bekas plastik biasanya mengganggu saat digunakan untuk menyolder timah meskipun sudah dibersihkan. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan solder khusus untuk plastik.

9. Pinset

Pinset ,untuk menjepit mengambil barang kecil seperti resistor smd dan transistor smd. Pinset sangat penting digunakan saat mengakat komponen menggunakan solder uap dan juga untuk mengangkat komponen panas yang tidak bisa kita pegang menggunakan tangan secara langsung. 

10. Pembakar lem bakar

Alat untuk lem bakar memilki alat tersendiri. Jadi sekali lagi jangan menggunakan solder utama untuk melelehkan lem bakar. Jikapun ini tidak anda miliki lebih baik menggunakan korek api lebih praktis dan tidak merusak solder.

11.ESR Meter 

ESR meter mungkin sangat menolong sekali ketika anda berkecimpung di servis tv tabung. Peran sangat komplek dari pengetahuan transistor sampai dengan kerusakan komponen yang tidak bisa diukur menggunakan tester biasa. ESR  meter memiliki keakuratan untuk cek komponen jenis kapasitor.

12. Tinol 

Tinol atau timah sangat berperan penting untuk elektronika karena setiap rangkaian membutuhkan timah untuk menghubungkan pcb dan kaki komponen. Timah dengan kualitas terbaik bisa menghasilkan kinerja yang baik pula untuk perangkat elektronik. ciri tinol yang baik adalah ketika matang dengan panas solder hasilnya terlihat mengkilap. ini akan lebih menjamin bertahan lama, daripada yang terlihat burik biasanya akan mudah retak ketika dimakan usia.

Itu saja alat yang saya gunakan untuk menyervis perangkat elektronik berupa tv, radio, spiker aktif, amplifier.

Baca juga: alat dan sparpart yang sering saya bawa saat servis panggilan

*Artikel ini telah dibuat tahun 2016 dan di update tahun 2020