Apa Saja Yang Di Butuhkan Seorang Tuser?


SOLDIRADEM BLOG- Dalam kehidupan saya peralatan servis elektronik sudah menjadi sahabat setia. Ketika saya sedang sepi pasien alat ini selalu setia menghibur dalam kesepian. 
Alat servis elektronik yang saya gunakan di sini ada yang wajib dan tidak wajib untuk di miliki seorang tuser. Oleh karena itu saya menceritakan semua alat yang saya miliki sebagai refrensi jika anda ingin jadi seorang tuser, atau anda baru mulai menggeluti dunia elektronika. Berikut ulasannya. 

Alat wajib harus di miliki seorang tuser adalah sebagai berikut:
#1.Obeng
Ya obeng merupakan alat paling di butuhkan untuk membuka baut mesin ,misalanya membuka casing perangkat ,baut tr,dll.obeng disini saya menggunakan berbagai jenis obeng yaitu obeng  bentuk(+) dan (-)
Barbagai ukuran ,kenapa berbagai ukuran ?karena untuk menyiapi ketika menghadapi berbagai macam baut di perangkat elektronik.

#2. Solder (iron)
kedua adalah solder. Solder bisa di bilang senjatanya para tuser,  disini saya menggunakan senjata yang terbaik dan mempunyai kulitas panas yang cukup baik untuk melelehkan timah secara cepat. Kalau senjata tentunya menentukan kualitas solderan timah matang secara maksimal. Kematangan dari timah menentukan usia dari garapan.

#3. Atraktor
Atraktor merupakan alat untuk menyedot timah. Ini adalah istri dari solder. Atraktor juga harus yang berkualitas. Sebagai mana fungsinya menyedot timah jadi memiih atraktor yang memiliki sedotan yang kuat. ini menentukan keselamatan fcb. jika terlalu lama kepanasan karena sedotan yang berulang akan menyebabkan jalur fcb mengelupas.

#4. AVO meter
Selanjutnya yang wajib di punyai serang tuser yaitu AVO METER atau yg sering kita sebut multi tester. Fungsi dari avo meter adalah alat ukur alat mencari penyakit dari perangkat. Seorang tuser tidak punya taster bagai makan tak pakai lauk "hehehe". Seorang tuser tanpa tester hebat.

*Pengertian AVO meter
AVO METER adalah suatu alat ukur dasar elektronika yang banyak di gunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik. 
A= Ampere (digunakan untuk mengukur arus listrik)  
V = volt ( digunakan untuk mengukur tegangan listrik)  
O= ohm (di gunakan untuk mengukur hambatan listrik) 
Jadi AVO meter adalah suatu alat ukur yang dapat di gunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan listrik dan hambatan listrik. AVO sering juga di sebut multi tester/multi meter. 

Ada dua jenis alat ukur AVO meter yang ada di pasaran yaitu; 
☆AVO Analog
☆AVO Digital
A. Ciri-ciri AVO meter analog adalah
➡Dalam menunjukan suatu besaran nilai menggunakan jarum sebagai penunjuk.
➡Besaran nilainya menggunakan sekala.
B. Ciri AVO Meter digital adalah ; 
➡Dalam menunjukan suatu besaran nilai menggunakan angka secara langsung.
➡Tidak menggunakan sekala.
AVO meter merupakan alat ukur yang sering di gunakan oleh para teknisi listrik/elektronik. Oleh karena itu s?gat komplek penggunaanya bagi seorang tuser.

Alat yang tidak wajib atau tidak butuh banget kalau bahasa sosialnya kebutuhan sekunder. aku sebutkan kepunyaanku aja ya!

1.Power suplai 
Power suplai multi. Power suplai yang saya gunakan di sini adalah memiliki fungsi yang multi seperti tegangan dapat di trimpot dari 0 volt sampai 25volt ,power suplay yang sudah di lengkapi dengan ct ,  +0-.
2. Alat pemotong
alat pemotong berupa gunting ,cuter pisau tang potong.
3. Solder pelastik 
Soldir khusus melubangi pelastik. Ini untuk menghindari  menggunakan solder utam , karena akan merusak mata solder.
4. Pinset
Pinset ,untuk menjepit mengambil barang kecil,Tang jepit,tang jepit kecil, untuk melapas mur atau yang lain saya biasanya menggunakan tang jepit untuk membentuk kaki komponen. Tang jepit besar juga saya punya tapi jarang di gunakan.
5. Pembakar lem bakar jangan lupa untuk ngelem.

Itu saja alat yang saya gunakan untuk menyervis perangkat elektronik berupa tv,radio,sepiker aktive,amplifier,.
Untuk alat yang lain kebetulan memang saya belum punya sesuai perkembangan jaman ini alat servis semakin canggih. Untuk alat yang lebih canggih saya belum paham .
Ya udah itu saja yang bisa saya sampikan jika ada kekurangan mohon saran dan kritik di pos komentar .

0 Response to "Apa Saja Yang Di Butuhkan Seorang Tuser?"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel