Cara Mengatasi Panel Switch Televisi

Switch klik panel tv


Mengatasi panel tombol switch pada televisi yang sulit dipencet itu mudah, tetapi hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kemahiran dalam mengecek,mengganti,menganalisa mana yang harus diperbaiki.
Switch touch merupakan sejenis saklar yang tidak tetap, memiliki resistensi. Switc ini sering digunakan sebagai panel saklar dengan polaritas tidak tetap. Seperti contohnya dalam panel yang  terdapat pada televisi ,yang terletak di box atau casing TV bertuliskan ch+,ch-,vol+,vol-,menu,AV,dll.

Permasalahand switch tidak bekerja dengan baik di sebabkan oleh hal berikut:
switch rusak karena sering di pakai.
switch  tidak bekerja karena tidak bekerjanya ic program.
solderan lepas.
kabel penghubung putus.
rusak dimakan usia.
tidak penah digunakan.
Itulah kemungkinan-kemungkinan penyebab switch tidak bekerja.

Untuk penanganannyapun sangat mudah, kita tinggal melihat dan mencari sumber dari kerusakan tersebut.

Langkah memperbaiki panel switch yang  rusak

Berikut ini saya memberi langkah menangani permasalahan ini; 

1. Persiaplan alat seperti;soldir,timah,atraktor,multitester yang ada fingsi Ohm.

2. Periksalah kabel penghubung, soldiran pada berhubungan dengan tombol switch. Jika telihat ada sesuatu yang tidak terhubung dan mencurigakan misalnya kabel penghubung lepas dari soldiran dan kaki  switc terlepas dari soldiran maka segeralah soldir. Terkadang kaki switch patah di makan karat sehingga kita perlu untuk memeriksa lebih detail. Ketika seperti  itu terjadi segera tangani dan langsung diccob nyalakan jika berfungsi maka permasalahan dapat teratasi.⬇

 soldiran 

3. Apa bila Permasalahan belum teratasi di soldiran dan kebel penghubung maka bisa jadi memang switc nya  yg  bermasalah. Copotlah switc dengan soldir dan atraktor.  Setelah dicopot maka langkah selanjutnya mengetahui mengecek switc menggunakan ohm meter dengan format ×1. Letekan probe merah dan hitam ke sisi kaki yang berjauhan. Pencetlah swit. Jika switc masih bagus maka akan akan terlihat jarum tester menunjukan bergerak searah jarum jam mentok ke kanan. Jika tidak ada reaksi ataupun hanya sedikit gerakan maka gantilah dengan yang baru. Karena pertanda saklar sudah lemah.

4. Jika switch masih bagus maka bisa di analisa bagian IC program dan resistor program switc sebagai kemungkinan. Karena terkadang permasalahan datag bukan dari switch nya saja ,bisa jadi IC program yang bermasalah.

Cobalah analisa secara berurutan sesuai yang saya sampaikan mudah mudahan bisa mengatasi panel switch pada televisi yang sulit dipencet.
Salam!.⤴

0 Response to "Cara Mengatasi Panel Switch Televisi"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel