Panduan Mengstasi Cop Flyback Bocor Dengan Aman

Mengstasi Cop Flyback Bocor - Musim hujan kali ini saya mendapat beberapa servisan TV dengan keluhan ada suara ndesis di area belakang atas tabung. Dugaan saya, kalau kasus kerusakan seperti ini bisanya disebabkan oleh musim hujan sehingga mengakibatkan suhu lembab mempengaruhi cop flyback, atau TV tersebut terkena percikan air dari genting sehingga seringkali di dalam cop flyback terlihat basah.

Orang awam ada yang menganggap spele dan ada yang beranggapan serius tentang penyakit TV yang satu ini. Kebocoran biasanya dipengaruhi oleh ,beberapa faktor dalam maupun luar. Faktor yang mempengaruhi cop flybak bocor antara lain ;tegangan B+ melonjak, kelembapan area engine tabung CRT,dan faktor usia cop.

Akibat yang ditibulkan, dari cop flyback bermasalah, akan berdampak pada demper horizontal.  Lebih parahnya lagi, penyakit TV yang satu ini akan membakar semua komponen yang sensitif terhadap listrik ukuran besar,misalnya IC, dan TR horizontal. Akibat lainya jika tidak segera diatasi yaitu, Tabung gambar akan tergores pada bagian bawah cop yang bocor, sehingga akan mengalami kesulitan merapatkan agar cop bisa melekat atau kedap udara.

Mengstasi Cop Flyback Bocor


Persiapkan alat dan bahan
- Cop bekas flayback yang sudah tidak dipakai  dan kondisi cop masih bagus.  Cara menguji cop yang bagus bisa dilakukan dengan cara menempelkan cop pada kaca.  Jadi kita masih bisa melihat bagus dan tidaknya dengan di tandai dengan menempelnya si cop di dinding kaca.
- Gunakan perlengkapan servis anda cater, testar,soldir,dll. 
- Siller bila memang kerusakanya parah.

#Cara kerja :
1. Buka casing TV dengan hati-hati menggunakan obeng. 

2. Bersihkan debu yang menempel pada dinding tabung, sebersih mungkin.

3. Copot colektor demper tr horizontal
Agar flyback tidak bekerja. Setelah nanti selesai bisa dipasang lagi. Untuk yang sudah pengalaman hal ini mungkin tidak perlu.

4. Gunakan probe AVO Meter untuk mengshortkan tabung anoda CRT. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan muatan listrik yang masih tersisa di cop dan tabung. Muatan masih tersisa jarang terjadi apa bila cop sudah rusak,bocor. Tetapi wajib dilakukan, sebelum yang tidak kita inginkan terjadi.

5. Copot cop flayback dari kabelnya,  dengan cara menarik besi yang ada di dalam cop  ke arah keluar. Bila kesulitan potong saja serasa kabelnya masih panjang.
Tarik dari dalam cop 

6. Pasang cop yang masih baru. Beserta kancinganya. Cop flyback bisa didapat di toko elektronic maupun dari bekas flyback yang sudah tidak digunakan. Toh bila kita beli juga bekas flyback gagal produk.

7. Setelah pemasangan cop slesai , tinggal memasang colektor horisontal tadi.

8. coba nyalakan TV, Tes beberapa saat.

9. Bila masih ada kebocoran dan belum bisa teratasi, gunakan siller silicon dengan cara dioleskan di cop maupun di tabung tipis saja, untuk merapatkan cop. Tunggu sampai kering. Kebocoran yang sudah lama tidak diatasi biasanya mengakibatkan tergoresnya tabung di area flyback.

10. Sebelum di seiller coba ukur B+. Karena flaybac biasanya melonjak di pengaruhi tegangan B+ naik.

*bila cop masih utuh bisa di gunakan siler tidak usah ganti cop*

Memperbaiki cop bocor butuh kesabaran extra. Karena terkadang masalah ini tidak rampung hanya satu kali servis. Cop yang buruk juga bisa mengakibatkan masalah ini bisa jadi dua kali kerja. Maka dari itu anda harus mempunyai ketlatenan yang amat dalam mengatasi cop bocor. Kelihatan masalah sepele tapi bisa jadi gawe,karena urusan High Voltase yang membutuhkan ruangan hampa. Terguncang sedikit bisa jadi dua kali kerja.

Hati hati dalam memperbaiki high voltase. Ini sangat berbahaya. Ketelitian dan pengalaman adalah kuncinya.

Untuk menggunakan siler(silicon) tipis secukupnya saja dan tunggu sampai benar kering untuk mencobanya.

Demikian pengalaman saya mengenai cara memeperbaiki Cop flyback bocor.

0 Response to "Panduan Mengstasi Cop Flyback Bocor Dengan Aman"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel