Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Cop Flyback Masih Bocor Meski Sudah Diganti

Penyebab Cop Flyback Masih Bocor Meski Sudah Diganti

Soldiradem.com - Mungkin bukan hanya saya saja yang mengalami ketika mengganti kop flyback tapi masih terjadi kebocoran arus pada cop flyback. Ada yang bertanya tentang lem untuk kop flyback, padahal jika arus flyback dalam keadaan normal satu kali mengganti cop flyback bisa langsung teratasi. Pada bagian cop flyaback memang harus hampa udara tetapi tidak bisa di lem.  hal ini pernah dicoba beberapa kali tetap tidak bisa mengatasi kerusakan cop flyback  bocor. 

Ketika orang awam melihat percikan api melalui cop flyback ini ngertinya tabung tv bocor padahal ini adalah permasalahan arus flyback bocor seperti gas yang mendesis. 

Perlu anda ketahui ini sangat berbahaya, jangan mencoba menyentuh apabila tv dalam keadaan menyala untuk membenahi agar tidak bocor. Flyback memiliki tegangan tinggi yang berbahaya untuk manusia.

Penyebab Cop Flyback masih bocor meski sudah diganti 

Selain cop flyback mengalami kerusakan penyebab arus flyback bocor juga disebabkan oleh beberapa hal. Berikut merupakan beberapa penyebab flyback bocor. 

1. Kaca tabung tergores 

Kaca tabung akan tergores disebabkan oleh tegangan tinggi yang bocor tidak segera ditangani.  Ketika kaca sudah tergores atau retak kaca tersebut tidak bisa hampa udara lagi meskipun cop flyback sudah diganti dengan yang baru.

2. Tegangan

Pada kasus tertentu kita akan menemukan penyebabnya adalah tegangan b+ flyback. Tegangan misalnya maksimal di 115 volt ternyata ketika dicek hasilnya 120 volt. ini bisa mengakibatkan tegangan output pun bisa over sehingga cop flyback tidak mampu untuk menutup lonjakan tegangan. 

3. Capasitor

Kerusakan capasitor pada bagian horizontal juga berhubungan dengan tegangan output. Capasitor di rangkaian horizontal memiliki hubungan dengan kinerja flyback. Ketika da capasitor yang berkurang nilainya akan mengakibatkan kerja flyback berubah terutama over output. 

4. Flyback

Kerusakan flyback juga menyumbang penyebab kenapa masih bocor. setidaknya 2 sampai 3 kali pernah mengalami dengan cara mengganti flyback kerusakan kop flyback bocor pun bisa ditangani. Namun hal ini perlu melihat penyebab antara tegangan, cop, dan capasitor. 

Cara mengatasi flyback tv bocor 

Setelah mengetahui penyebabnya kita harus mengatasinya sesuai penyebabnya. 

Baca juga : cara mengatasi cop flyback bocor dengan aman untuk pemula

1. Kaca tergores 

Akan sulit ditangani dengan hanya mengganti kop flyback baru. beberapa kali bis teratasi dengan menambah lem siller. dan jangan menggunakan lem untuk kop flyback tv seperti alteko dan lem kuning untuk merekatkan kop dengan tabung, ini tidak akan berhasil. Sedangkan siller mampu mengisi ruang yang kosong bukan bersifat merekatkan dan ketika pertama kali flyback start mungkin masih terjadi kebocoran karena karet siler akan menyesuaikan

2. Tegangan 

Tegangan pada b+ yang hanya melonjak sepersekian volt kita bisa adjustmen melalui vr b+ yang terletak di bagian dekat ouput power suplai. Namun jika terlalu melonjak dari tegangan normal mungkin lebih kompleks lagi. Baca di: menangani tegangan b+ melonjak/over

3. Capasitor 

Jika tegangan normal namun masih bocor bisa periksa pada cpasitor horizxontal atau mencoba mengganti dengan yang baru untuk memastikan bahwa kerusakan terjadi pada capasitor atau terjadi memang kerusakan pada flyback yang mengalami over power. Baca juga : beberapa kerusakan horizontal tv tabung

Demikian Penyebab Cop Flyback Masih Bocor Meski Sudah Diganti mudah mudahan bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Penyebab Cop Flyback Masih Bocor Meski Sudah Diganti "