Cara Mudah Memperbaiki Rice Cooker

CARA MEMPERBAIKI RICECOOKER MATI

SOLDIRADEM BLOG - Dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan alat bantu sebagai penanak nasi. Pada jaman dahulu manusia menanak nasi dengan sistim manual yaitu dengan api. Tetapi di era serba teknologi, kini pemanas bersumber dari energi listrik. Pengubah energi listrik menjadi pemanas. Jika dilihat secara segi kemudahan bisa dikatakan saat ini bisa lebih baik dari dahulu kala. Kini telah hadir banyak trobosan teknologi  memasak menggunakan sumberdaya listrik sebagai sumber daya pemanas , seperti megicom,  Megijer,  Rice cooker.

Karena faktor segi kemudahan dan mudah penggunaanya rice cooker rawan sekali rusak jika penggunaanya kurang hati-hati. Oleh karena itu saya mengajak Anda untuk belajar mengenal jenis kerusakan dan cara memperbaiki rice cooker.

1.Rice cooker Mati Total

Ketika rice cooker mati ada kemungkinan juga sebenarnya masih hidup. Tapi hanya lampu indikator warm dan cook mati. Kebanyakan kasus memang lampu sering mengalami kerusakan di sebabkan oleh korosi  uap dan panas saat rice cooker di gunakan. Sebenarnya lampu indikator tidak mempengaruhi kerja rice cooker, hanya saja kita tidak bisa melihat di mana mode yang sedang bekeja.

Perlu anda mengerti bahwa lampu indikator juga menandai adanya kerusakan mati total.  Sering ketika akan di gunakan lampu tiba-tiba mati sejalan dengan fungsi yang lainya juga tidak bekerja. Berikut adalah komponen yang harus di cek menggunakan tester ketika cook dan warm tidak berfungsi; 

• Jak AC 220 putus
• Thermostate putus
• Saklas on off mati
• Element cook mati
• Elemen warm samping dan atas mati.


Mengenal Jenis Kerusakan Rice Cooker

Pada zaman ini rice cooke telah di lengkapi dengan fitur automatis. ketika nasi sudah matang maka dengan sendirinya penanak akan mematikan fungsi cook mejadi warm. Canggih bukan?
Semakin canggih berarty semakin banyak komponen yang bekerja di dalamnya. Oleh sebab itulah saya akan mengajak anda untuk menganalisa dan memfonis jenis kerusakan pada penanak nasi.

A. Kerusakan Termostate
thermostate

Thermostate Rice Cooke

Thermostate merupakan salah satu kompunen yang slalu ada di dalam rice cooker. Bentuknya panjang seperti macam dioda dua Ampere,  tapi sedikit lancip pada bagian depanya, di bungkus oleh kain anti panas ,terletak di awal tegangan. Ketika Thermostate  di tes menggunakan ohm meter jarum tidak bergerak maka di pastikan thermostate mati. Kebanyakan kasus rice cooker mati di sebabkan thermostate yang putus. Jenis thermostate ada dua bentuk yaitu panjang dan bulat. Kebanyakan yang digunakan di perangkat ricecooker adalah yang panjang berukuran 250v 10A/150-170°C. sedangkan yang berbentuk bulat biasanya di aplikasikan pada perangkat megijer ,megicom dengan seri KSD301 /KSD201.

B. Elemen Pemanas
Ketika anda membuka sebuah perangkat rice cooker maka anda akan melihat dua jenis element yaitu element pemasak terletak pada dasar manci yang ada peer dan elemen warm terletak di samping bawah dan di atas seng penutup rice cooker.

Jenis kerusakan;

-Mode memasak tidak berfungsi
Coba cek saklar otomatis yang berfungsi menghendle dua mode secara otomatis.

- nasi cepat basi cek semua kabel yang ada hubunganya dengan warm. Nasi cepat basi biasanya di sebabkan oleh suhu yang di hasilkan kurang dari 80 Drajad Celcius. Jika element atas dan samping masih berfungsi coba ganti Thermostate dengan yang baru.

-Nasi Kering
Kerusakan pada kasus nasi kering berlawanan dengan nasi cepat basi. Jika nasi cepat basi  kekurangan suhu, maka nasi kering di sebabkan oleh kelebihan suhu. Sebenarnya komponen yang harus di ganti dan di curigai kurang lebih sama.  Tapi sedikit berbeda,terkadang saklar otomatis yang seharusnya mode warm masih pada mode cook sehingga nasi kering bahkan terbakar.

-Nasi sudah matang tapi tidak secara otomatis jeglek berpindah pada mode warm. Masalah ini timbul ada dua kemungkinan. Yaitu kebanyakan beban sehingga kapasitas beban perr berlebih. Padahal fungsi per adalah untuk mengangkat menimbang ketika nasi sudah matang. Atau per memang sudah londot maka harus di ganti atau bisa sedikit di tarik.

-Mode cook tidak berfungsi, coba cek saklar on off, saklar automatis, pastikan pada bagian tegangan normal menuju element cook,. Elemen sudah lelah,pada bagian memasak juga kerap menjadi salah satu kemungkinan kerusakan terparah. Maka beli yang baru jika element cook mati.

Itulah sedikit cara untuk memperbaiki rice cooker dan jenis kerusakanya yang dapat saya sampaikan, jika ada salah dalam menjelaskan maka bisa di komplin di kolom komentar. Semoga bermanfaat.!

3 Responses to "Cara Mudah Memperbaiki Rice Cooker"

  1. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat:) check this out

    ReplyDelete
  2. Kalo rice cooker sharp digital penghangat tidak berfungsi tp bisa untuk memasak nasi, kira² masalahnya di bagian mana nya?...klo boleh tau bentuk termostat digital nya seperti apa?

    ReplyDelete
  3. lampu ricecooker warm dan cook mati apa masih dapat digunakan dan apa tidak berbaya jika digunakan?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel