Cara Murah Membuat Audio Mobil

Cara memasang speaker aktif di mobil - Mungkin anda sedang ingin memiliki audio mobil ,tapi karena masalah biayaya keinginan mendengarkan musik di mobil jadi terhambat. Nggak usah bingung kali ini saya memberikan tutorial kepada anda yang ingin relistis murah meriah. Yaitu memasangkan speaker aktif yang ada di rumah di pasang ke mobil. 
Apakah bisa?
Bisa dong!,
Tapi tentunya mebutuhkan sedikit krearifitas anda.
Cara Memasang Speaker Aktive di Mobil

Seperti yang kita ketahui bahwa Speaker aktif di rumah anda menggunakan tegangan 220 volt AC. Sedangkan listrik yang ada di mobil hanya 12 volt dc, lalu bagaimana cara agar spiker aktive bisa bekerja di 12volt dc?

Jawab: dengan memasang rangkaian tambahan yang bernama inverter dc ke dc.
Lalu timbul pertanyaan lagi. Bagaimana memasangnya? 

Ni, saya memberi tahu langkah memasang rangkaian tambahan bernama inverter.
Sebenarnya inverter sudah ada yang bisa di gunakan langsung ke speaker aktive tanpa merubah rangkaian yaitu inverter jenis DC ke AC 220VOLT tapi MAHAL!!, oleh sebab Itu jika ingin yang murah tapi tentu sedikit kreatifitas maka menggunakan yang jenis DC ke DC sesuai voltase power suplay aktive spiker. 
Berikut ulasan memasang inverter rangkaian psu DC ke DC.

#Bongkar Mesin
Tujuan Bongkar mesin adalah Untuk melihat sistim power suplay. Sehingga kita tahu jenis power supplay yang di gunakan. Biasanaya di dalam sistim power suplay speaker aktif ada dua macam yaitu:

1. Sistim dua arah Plus (+) dan minus(- ) Untuk jenis sistim ini biasanya berukuran 12volt DC. Power ampli nya menggunakan ic tda biasanya. Untuk jenis ini anda bisa langsung menyambungkan ke acu mobil anda tanpa menggunakan inverter lagi. 

2. Sistim tiga arah Plus(+),nol (0),& ground..sistim tiga arah biasanya di gunakan pada mesin spiker aktive berdaya lumayan. Ukuran voltasenya sekitar kurang lebih 15-30 volt Dc. Sistim jenis ini yang perlu di tambahkan inverter. Karena di acu mobil hanaya tersedia 12volt (-)&(+), sedangkan power suplay jenis ini 3 arah, kan ga cocok namanya "hehehe".

Jika tidak tertera angkan yang menunjukan voltase maka anda mengukur menggunakan multi tester DC VOLT. berapa ukuranya?,setelah tau berapa ukuranya dan jenis power suplay yang di gunakan pergi ke toko elektronik yang menyediakan kit inverter sesuai kebutuhan voltase power suplay spiker aktive.

Cara memasang inverter ke Mesin sepiker aktive.

Setelah anda membeli kit inverter misalnya 24 volt DC kini saatnya anda memasang kit inverter ke rangkaian mesin speaker aktif dengan cara seperti gambar di bawah ini :


*pemasangan kabel out inverter langsung ke elco jangan melalui dioada powersuplay bawaan spiker aktive.

Ketelitian harus di perhatikan ketika anda sudah slesai merangkai. Teliti sebelum menyalakan! ,pastikan jalur plus dan minusnya jangan sampai terbalik.

*cara aman memasang 

memasang speaker aktif di mobil membutuhkan kabel serabut yang besar. Kit inverter akan memakan arus besar sehingga kalau kebel yang di gunakan kecil maka akan mudah terbakar. Pastikan juga anda menggunakan fuse sebagai pengaman tambahan meski di kit inverter sudah ada fuse.
Begitulah cara memasang spiker aktive di mobil. Semoga membantu rekan semuanya.
Hati-hati!!!

5 Responses to "Cara Murah Membuat Audio Mobil"

  1. Mas.. saya ada subwoofer akari SB800 (daya 800watt) dan speaker compo Polytron. Apakah subwoofer akari bisa dipasang di mobil? Plus pake speaker compo polytron. Rencana pake Coustic CA778.4 channel with USB. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, asal kita bisa melihat dan memahami suplay yang digunakan pada power subwove akari. apakah menggunakan dua arah atau mengunakan ct. jika harus menggunakna ct maka harus menambah invrter. jika hanya mmenggunakan 12 volt bisa langsung disambung

      Delete
  2. Sy punya driver 12v dua arah (-)(+)
    apakah ampere aki nya ngaruh gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ngaruh boy,saya pernah rakit mengguanakan power langsung spulay 12 volt namun hasilnya kurang maksimal. lebih baik jika ingin merakit audio mobil pilih driver jenis ocl yang disuplay 25 volt. sehingga daya lebih nendang dibanding menggunakan volt langsung asli atau tidak memakai inverter

      Delete
  3. Kalo buat matiin speakernya spy bisa otomatis bareng sama head unitnya gmn caranya?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel