Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memasang Speaker Aktif di mobil Murah meriah Tanpa Inverter 220 V

Mungkin anda sedang ingin memiliki audio mobil, tapi karena masalah biaya keinginan mendengarkan musik di mobil jadi terhambat. Tidak usah bingung! Kali ini saya membagikan tutorial kepada anda Cara memasang speaker aktif di mobil yang ingin relistis murah meriah namun suara ngebass.

Namun sebelum anda melangkah ke bagian lebih detail, perlu dipahami bahwa ini sedikit berisiko karena menerapkan sesuatu yang tidak pada tempatnya. Namun jika anda kreatif dan ingin tahu tentang hal ini bisa lebih lanjut untuk membaca lebih teliti agar tidak salah paham ketika anda sudah membeli komponen yang dibutuhkan ternyata tidak berhasil dan semuanya harus membutuhkan pengetahuan tentang electronic. 

Cara Memasang Speaker Aktif di Mobil

Perlu diketahui bahwa Speaker aktif di rumah anda menggunakan tegangan 220 volt AC. Sedangkan listrik yang ada di mobil hanya 12 volt dc, lalu bagaimana cara agar speaker aktif bisa bekerja di 12 volt dc tegangan AKI mobil?

Jawab: dengan memasang rangkaian tambahan yang bernama inverter dc ke dc.

Sebenarnya inverter 12 to 220 AC sudah ada yang bisa di gunakan langsung ke speaker aktif tanpa merubah rangkaian yaitu inverter jenis DC ke AC 220 V, tapi MAHAL!!

Oleh sebab Itu jika ingin yang murah tapi tentu sedikit kreatifitas maka menggunakan yang jenis DC ke DC sesuai voltase power suplay speaker aktif.

Cara memasang inverter 12 VDC ke 25 VDC

Tujuan Bongkar mesin adalah Untuk melihat sistem power suplay. Sehingga kita tahu jenis power supplay yang digunakan. Biasanaya di dalam sistem power suplay speaker aktif ada dua macam yaitu:

1. Sistem dua arah Positif  (+) dan Negatif (-)

Untuk jenis sistem ini biasanya berukuran 12 volt DC. Power ampli nya menggunakan ic tda 2xxxx biasanya. Untuk jenis ini anda bisa langsung menyambungkan ke aki mobil tanpa menggunakan inverter lagi. 

2. Sistem tiga arah (+), CT & (-). 

Sistem tiga arah biasanya di gunakan pada mesin speaker aktif berdaya lumayan. Ukuran voltasenya sekitar kurang lebih 15-30 volt Dc. sistem jenis ini yang perlu di tambahkan inverter. Karena di acu mobil hanya tersedia 12volt (-)&(+), umumnya ketika ingin memasang speaker aktif yang menggunakan amplifier transistor final tip 41 dan 42 c menggunakan inverter input 12v output 24 v CT masih mampu, atau jika anda khawatir cepat rusak bisa menggunakan output inverter 18v CT.

Jika tidak tertera angka yang menunjukan voltase, maka anda mengukur menggunakan multi tester DC VOLT.  

Setelah tau berapa ukuranya dan jenis power suplay yang di gunakan pergi ke toko elektronik yang menyediakan kit inverter sesuai kebutuhan voltase power suplay speaker aktif

Cara memasang inverter ke Mesin speaker aktif

Setelah anda membeli kit inverter misalnya 24 volt DC kini saatnya anda memasang kit inverter ke rangkaian mesin speaker aktif dengan cara seperti gambar di bawah ini :
Cara Murah Membuat Audio Mobil


Pin REM jika tidak menggunakan head unit bisa disambung ke b+12v

Ketelitian harus di perhatikan ketika anda sudah selesai merangkai. Teliti sebelum menyalakan! ,pastikan jalur positif dan negatif jangan sampai terbalik.

Cara Memasang Speaker Aktif di mobil
Perhatikan saat memasang tegangan 25 volt DC tidak melalui dioda yang ada di mesin speaker aktif. Yang benar adalah memasang kabel out inverter ke bagian power suplai kaki elco. 

Anda harus paham letak kai positif dan negatif pada elco agar lebih mudah memasang di blok power suplai speaker aktif. 

ini juga berlaku bagi anda yang ingin memasang mesin speaker aktif dengan jenis dua arah atau hanya membutuhkan tegangan 12 volt. Anda cukup menghubungkan 12 v dari aki ke output power suplai atau bagian elco positif dan negatif. 

Agar tidak membebani rangkaian inverter, anda harus membaypass bagian power suplai bawaan.

Cara aman memasang speaker aktif menggunakan Inverter DC

Memasang speaker aktif di mobil membutuhkan kabel serabut yang besar. Kit inverter akan memakan arus besar sehingga kalau kebel yang di gunakan kecil maka inverter akan mudah terbakar

Pastikan juga anda menggunakan fuse sebagai pengaman tambahan meski di kit inverter sudah ada fuse.

Begitulah cara memasang speaker aktif di mobil. Semoga membantu rekan semuanya.
Hati-hati!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.