Servis TV Cina Layar Menyempit Mendatar

Servis TV Cina menyempit mendatar - Saya mendapatkan orderan servis televisi ukuran 21 inci merek Polytron dengan gejala raster mendatar horizontal sisa sekitar 5 cm pada Hari Ke-4 Lebaran. 

Setelah saya membuka televisi tersebut, saya menemukan bahwa mesin telah diganti dengan mesin Wecom. Pemilik TV mengatakan bahwa TV Polytron tersebut sudah mati setelah 5 bulan pemakaian dan meskipun masih dalam garansi, garansi tidak berlaku karena nota pembelian hilang. Oleh karena itu, TV harus diperbaiki secara mandiri dengan biaya yang harus dikeluarkan. Setelah diperbaiki, TV bertahan satu tahun dan kemudian mengalami masalah menyempitnya bagian atas dan bawah layar dengan hanya menyisakan layar membuka sekitar 5cm.

Saya langsung mencari sumber kerusakan dan menemukan bahwa komponen pada bagian blog IC vertikal dengan nomor LA 78040 mengalami kerusakan. Elco pump-up berukuran 100 yang mengembung ditemukan dan saya menggantinya dengan yang baru. 

Meskipun layar TV membuka setelah dinyalakan, namun kurang penuh. Saya berencana untuk melakukan adjust lewat factory mode, tetapi sensor dan remot TV telah rusak. Akhirnya, saya memutuskan untuk menyetel secara manual dengan mengganti resistor di bagian elco pump-up yang terhubung dengan ground. Akhirnya, layar TV tersebut dapat membuka penuh seperti semula. Jika digambarkan skemanya, seperti pada gambar di bawah ini.

Keterangan :

Saya memparalel R1 dengan resitor ukuran 20ohm sehingga mau membuka.

Demikian cerita saya di lebaran ke 4 menangani TV Cina raster kurang penuh atas dan bawah. Semoga cerita saya menjadi refrensi rekan semuanya. Terimakasih!!

Baca juga;  cara mudah menangani TV satu garis horizontal
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

2 komentar untuk "Servis TV Cina Layar Menyempit Mendatar"

Unknown 10 September 2018 pukul 22.09 Hapus Komentar
Saya punya masalh persis sprti itu
Johan.w 11 Desember 2018 pukul 18.52 Hapus Komentar
ic vertikalnya pake apa gan?