Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Servis TV SHARP Aneh Kadang Mati Sendiri

tv sharp kadang mati sendiri

Servis tv sharp kadang mati sendiri - Saat servis tv berbagai macam keluhan sering kita temui. Permasalahan baru terus bermunculan. Nah kali ini terjadi pada tv sharp ukuran 21 inci dengan keluhan mati sendiri, lampu indikator pun tidak menyala alias mati total.
 
Pada awalnya tv ini terdapat beberapa gejala berupa:

Mati sendiri ketika, level volume keras, hidup dengan brighnes dan contras tinggi. 

Namun anehnya TV kadang normal beberapa jam, jika sudah panas dan minimal sudah mati lima kali tv mulai tidak mati. 

Anehnya lagi, tv harus diputus arus dari jala-jala listrik baru mau menyala.

Sebelum membuka tv, saya prediksi bahwa ini adalah perbuatan str regulator setengah mati. Atau bagian regulator ada yang tidak beres. 

Dilihat dari tanda-tanda gejala mati total tidak ada bunyi apapun dari dalam tv. Hal ini pernah saya alami di tv polytron kadang mati sendiri

Beberapa saat kemudian setelah saya buka, langsung saya menuju elco regulator filter 300 volt. 

Ternyata elco ini menyimpan muatan. Dan kaget, doooooorrrrr "!" bunyi sisa muatan elco. Ini tandanya bahwa ic STR tidak bekerja atau rusak bisa jadi. 

Jika menemukan kerusakan elko masih menyimpan muatan tegangan di elko berukuran 450v di bagian primer regulator ini sudah fik kerusakan terjadi di blok tersebut. Entah kerusakan pada IC str maupun komponen pendukungnya seperti transistor, resistor, capastor. 

Hal ini sering terjadi apabila keadaan tv memang mati total lampu indikator tidak menyala. Sehingga pembuangan pada regulator tidak dapat terjadi ketika tv mati terutama jika ic regulator tidak bekerja. 


Tv sharp yang saya servis ini menggunakan STR W6754 yang memang kebetulan sekali saya lagi ada stok sisa kemaren.  Langsung tak ganti. Cek beberapa jam kok gak mati?  Wah jangan-jangan prediksi saya memang benar. Yess"!

Kesimpulan :⭕

Servis tv sharp kadang mati sendiri disebabkan oleh ic STR W6754 setengah mati, kadang kerja kadang juga gak kerja, namun kadang normal. 

Di balik setengah mati nya ic str terdapat indikasi lain jika gejala berbeda, misalnya ic str tidak bekerja sama sekali bisa jadi disebakan oleh komponen pendukung. Saat itu saya juga pernah ngalami ternyata hanya solderannya yang retak.

So, bagi anda yang sedang servis gejalanya sama, namun sekali lagi saya menegaskan bahwa gejala boleh sama namun penangananya bisa jadi berbeda. Oleh karena itu artikel ini hanya sebagai referensi saja. 

Demikian trimakasih...

Gambar hanya ilustrasi; bukan tv picocolo slim tapi sharp lebih tua dari picocolo slim. 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

2 komentar untuk "Servis TV SHARP Aneh Kadang Mati Sendiri"

lubis 20 Agustus 2018 pukul 12.24 Hapus Komentar
tv sharp14 ic micom ta 1226dn ic program m34300 tr regulator 2499 , kerusakan hidupm mati2, apa yang bermasalah
Dedi 6 Oktober 2018 pukul 12.33 Hapus Komentar
banyak faktor yang bisa membuat tv mati lalu hidup lagi dengan sendirinya, ataupun protek walaupun dengan gejala yang sama, namun penanganan yang berbeda, bila titik2 supply tegangan normal baik pada bag. penguat primer,horizontal,vertikal alternatif solder ulang, lalu periksa komponen yang dirasa berbeda semisal panas berlebih/ abnormal pada komponen pendukungnya baik IC, elko, resistor, dengan colokan langsung pada jala2 sebentar lalu lepas, bila ada yang ganjil! aneh diarea trsbt, coba ganti komponennya, & tambahkan headsink bila diarea trsbt ada IC yang overheat, dmikian dari beberapa pengalaman yg pernah ditemui.