Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV LG Mati total Disertai Tr Horizontal short

Cara memeperbaiki TV LG mati total

Kali ini sya mendapat servis tv LG mati total disertai transistor horisontal jebol /mati dan juga kadang tv hanya standby namun tidak bisa start bila di nyalakan led indikator berkedip-kedip. Pada kebanyakan kasus yang pernah saya tangani memang hampir seperti itu. Namun penyebabnya tentu berbeda-berada.

Ternyata yang mengalami servis tv lg mati total disertai tr horizontal mati bukan hanya saya saja. Setelah saya shering dengan kawan sesama teknisi elektro hampir kebanyakan kasus tv lg terutama yang model tabung slim ukuran  21" rawan sekali horisontal short.

Penyebabnya pun beraneka ragam, namun masih seputaran blog sistim horizontal.Dan yang paling sering saya temui bahwa penyebab tr hrizontal cepat mati adalah keringnya capasitor resonant letaknya di jalur colector tr horizontal. Yang di paralel dengan dioda. Yang jarang sekali terjadi adalah shortnya defleksi yoke, itu malah jarang terjadi.

Gejala yang ditimbulkan yaitu, mati total disertai suara ngik"dari area power suplay. Semua tegangan output dari power suplay menjadi drop. Pernah juga waktu itu tv LG pearl black ketika dinyalakan langsung ada lonjakan api dari dari belakang tabung kemudian mati total.

Celakanya pada waktu mengganti transistor horizontal tidak mengecek terlebih dahulu penyebabnya. Ini berakibat pada tr horisontal akan mati Lagi. Namun hal ini saya sudah tau ternyata ketika menangani tv dengan kasus seperti ini sering kehilangan satu transistor c6090 bahkan berulang kali. Padahal sudah tahu. Mungkin faktor malas cek capasitor. Karena pengen cepat selesai. Dengan kata lain terburu". Ketika sayatahu bahwa tr korslet langsung main ganti saja,hehe. Main untung'an.
Kini saya telah menemukan sedikit cara servis TV mengenai TV lg mati total disertai tr horizontal short.

Pertama ,Jangan dulu mengganti dengan TR baru. Cek capasitor dan dioda yang terletak di kolektor tr horizontal.

Kedua, coba lepas beban b+ atau cut pada kaki b+ flyback. Kemudian ukur dalam keadaan on bukan standby tegangan b+ jika tegangan lebih dari 120vdc normalkan dulu tegangan. Selain  capasitor resonant, tegangan b+ juga bisa menyebabkan tr cpat panas dan akhirnya cepat mati.
Ke empat,  sekarang pasang kaki b+ flyback .ukur jika tegangan drop kemungkinan flyback short. Dengan catatan tr horisontal jangan di pasang terlebih dahulu.

Itu tahap yang sering saya lakukan ketika menemui servis TV lg mati total disertai horizontal jebol.

Tambahan info bagi pemula!

Capasitor resonant terletak pada Colector TR Hor terhubung ke ground yang diparalel dengan Dioda. Untuk LG slim 21" inch biasanya menggunakan 183j 2kv (18n 2kv) untuk yang pearl black 29" menggunakan 103j2kv (10n 2kv).
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

4 komentar untuk "Cara Memperbaiki TV LG Mati total Disertai Tr Horizontal short"

Antobushido 14 Juli 2018 pukul 22.53 Hapus Komentar
Ada gambar T4 bagian yg rusak gak om
Symphonia Group 10 Agustus 2018 pukul 19.54 Hapus Komentar
Tv lG 32" saya 2 panel gambarnya hilang alias hitam, jadi TV cuma keliatan 70% saja, kira kira biaya perbaikannya berapa?, Lokasi saya tangerang selatan
Unknown 7 September 2018 pukul 00.16 Hapus Komentar
Trimks ya mas Ats infona
Unknown 7 Februari 2020 pukul 13.42 Hapus Komentar
Kapasitor yg short 390pF/2kV dgn 103pF/2kV 4 buah diparalel.. trus C6090 ganti baru tetapi TR masih jebol... saya sdh ukur FTB dan deflektor dalam keadaan baik pake avometer... kira2 apa lg yg membuat teg B+ bisa melonjak??