Cara cepat memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus

ic vertikal
Soldiradem blog - Berbagai keluhan permasalahan pada tv salah satunya rusaknya pada bagian ic vertikal mati terus ,terbakar,, bahkan sampai meledak atau pecah. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri sebagai teknisi bagaimana cara menangani ic vertikal mati terus meski sudah diganti dengan yang baru pula.

Tidak heran jika sebagian teknisi sangat kesulitan menangani hal ini. Lantas apa saja penyebabnya sehingga membuat pusing.?

Sebagai seorang pemula, sayapun pada awalnya juga kesulitan menangani kerusakan yang satu ini. Namun saya terus bereksperimen untuk mendapatkan pengalaman baru ini. Meski harus berkorban beberapa ic vertikal hanya untuk kebutuhan experimen.

Gejala awal yang sering dialami vertikal pecah adalah secara tiba-tiba layar bergetar, memanjang arah atas dan bawah, timbul ledakan dan kepulan asap yang berasal dari ic vertikal dan elco. 

Kemudian protek standby bahkan sampai mati total.

Langkah awal menangani kasus rumit ini adalah mencopot ic vertikal yang terbakar dan mengamati casis TV yang bekerja di bagian blog vertikal. Agar nanti tidak merembet ke bagian lainya.
Kemudian setelah mencopot ic coba nyalakan TV. Ada dua kemungkinan antara TV standby dan dan mati total.

Keadaan akan parah apabila TV sudah mengalami gejala mati total, karena shortnya ic vetikal berdampak terhadap blog regulator atau power suply.

Tentu jika ini sudah terlanjur terjadi maka kita harus memperbaiki blog regulator terlebih dahulu.
Dalam beberapa kasus yang saya alami jika TV mati total di sebabkan komponen aktif short menghantam regulator berdampak pada demper /transistor pembangkit tegangan regulator. Dan bagi 
TV yang ic nya disuplai oleh flyback maka bisa juga transistor horizontal short.

TV hanya standby ketika ic sudah diambil, ini akan terjadi di beberapa jenis merek TV yang menanam kan sistim protek. Hal ini ditandai dengan tegangan jika diukur menggunakan VOLT M DC hilang semua atau drop dan hanya lampu indikator stanby menyala. Jika di nyalakan menggunakan remot ,tegangan sesaat normal.

Berikut adalah beberapa ppenyebab ic vertikal TV jebol terbakar pecah secara terus menerus.

1. Tegangan ic vertikal naik drastis

Kenaikan tegangan terjadi disebabkan oleh Sumber tegangan ic vertikal disuplai. Sehingga ini tergantung bagaimana masing-masing merek TV bekerja. Misalnya polytron yang ic vertikalnya disuplai tegangan dari output flybac. Dan beberapa merek yang ic vertikalnya disuply langsung dari regulator terutama TV china.
Baca juga:polytron u slim ic vertikal jebol terus

Maka di sini langkah perbaikan pun jelas darimana asal muasal kerusakan ic vertikal yaitu kenaikan tegangan pada penyuplay ic, sehingga langkah penanganannya mencari penyebab tegangan penyuplai ic vertikal naik drastis.

Pada ic vertikal yang bekerja disuplai tegangan berasal dari flyback, maka pertama ukur tegangan output dai flyback . Jika tegangan hadir begitu tingginya,, yaitu melebihi 27 volt itu Sudan terdeteksi tegangan out tegangan flyback menyebabkan ic tebakar. Nah dibalik naiknya tegangan inilah yang menjadi kacau dalam beberapa kasus yang terjadi bahwa ini disinyalir bahwa blog horizontal yang bermasalah. Karena kenaikan tegangan pada output flyback kadang disebabkan oleh shortnya kapasitor resonan telah short. Namun kasus ini jarang terjadi jika transistor horizontal masih dalam keadaan baik.

Naiknya tegangan b+,,,115 v penyuplai flyback juga ikut nimbrung dalam masalah ini ,maka jangan sampai melewatkan pengukuran tegangan ini.
Jika penanganan pada tegangangan tidak membuahkan hasil bisa mengganti flyback atau bisa juga membuat tegangan buatan dengan cara memanfaatkan farrit pada flyback yang dililit dengan kabel sehingga menghasilkan tegangan normalnya penyuplay ic vertikal.

2. Komponen pendukung short

Tentu hal ini juga salahsatu penyebab ic vertikal rusak,, terbukti waktu itu saya pribadipun mengalami hal yang tidak terduga ic vertikal jebol terus ternyata defleksi yoke terbakar sehingga menyebabkan short pada ic vertikal.

Elco juga dapat mempengaruhi ketidaksetabilan tegangan ,sehingga dapat berakibat pada ic vertikal bekerja pincang. Akhirnya iv lelah dan meledak.

Pernah ngalamin kejadian dimana ic vertikal terbakar disebabkan oleh dioda penyearah bocor sehingga menyebabkan arus ac mengalir bebas di blog vertikal. Hal ini ditandai oleh elco yang meledak. Maka penanganan jika menemui elco meledak, periksa dioda penyearah bagian penyuplay ic vertikal.


Keberuntungan kadang juga terjadi pada ic vertikal hanya mati karena lelah bekerja sehingga hanya mengganti ic dengan yang baru langsung cling.

Kesimpulan
Bahwa ic vertikal yang jebol terus disebabkan oleh tegangan naik abnormal dan juga komponen pendukung ic sehingga langkah perbaikan sebaiknya dilakukan dengan memulai dengan tegangan baru kemudian menuju komponen pendukung nya.
Thanks
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

18 komentar untuk "Cara cepat memperbaiki Ic Vertikal Jebol Terus"

syam_elektronika 20 Mei 2018 pukul 02.05 Hapus Komentar
Salam kenal dari saya,begini pak saya ingin bertanya seputar tv slim,saya sedang menangani tv 21 slim dgn gejala kerusakan IC vertikal panas dan jebol terus,saya ukur dari teg flyback itu sekitar 18 volt,dgn catu daya simetris,bagaimana cara membuat teg dari batang ferrit flyback, maklum masih pemula pak,saran dan kritik nya Terimakasih.
Muhlisun TMG 16 Juli 2018 pukul 11.52 Hapus Komentar
saran saya ,coba adjust dulu pada bagian b+115 volt seminimal mungkin baru ukur kembali pada tegangan output flyback +12 volt, jika masih over ganti flyback saja
Muhlisun TMG 16 Juli 2018 pukul 11.53 Hapus Komentar
jika merek polytron,
Rzet 26 Juli 2018 pukul 10.26 Hapus Komentar
bang kalo punya tv saya di flyback nya berdengung dan di area ic vertikal seperti ada bau gosong itu apanya yg rusak ya?
syam_elektronika 31 Juli 2018 pukul 23.44 Hapus Komentar
Masih seputar IC vertikal jebol terus,pak untuk flyback tv yg saya tangani,itu sudah pernah diganti/bukan yg aslinya lagi pak,tv yg saya tangani tv merk Samsung slim 21"
Unknown 2 Agustus 2018 pukul 19.45 Hapus Komentar
Mf pak ganggu nie saya mau tanya sekitaran tv politron u slim yg skrng sya kerjain tegangan B+ normal tpi di ic pertikal 78141 panas terus pak gmn cara mengatasinya pak mohon info y pak...trimkash..
Muhlisun TMG 3 Agustus 2018 pukul 09.39 Hapus Komentar
kemungkinan defleksi yoke,dan tegangan vertikal over dari 32volt,
Unknown 11 Agustus 2018 pukul 20.29 Hapus Komentar
Tegangan vertikal normal, b+ juga normal, stelah diganti ic vertikal cling. Tapi 1 hari jebol lagi. Itu udah berulah kali diganti Tolong minta solusinya master
Wahyu 13 Agustus 2018 pukul 08.06 Hapus Komentar
Info dong master. Saya dpt service an tv samsung CS-29M21MG ic vertikalnya pecah.. mohon bantuan info kodenya berapa yaaa.
Tks.
Unknown 19 September 2018 pukul 00.09 Hapus Komentar
Likum para mster smuanya...sy punya mslh ic vertikal jbol trus pling kuat 2hari.suplay norml tv slim cina sdh gnti msin..tolong pencerahanya para mster ..trimaksh
veri 5 Oktober 2018 pukul 08.15 Hapus Komentar
Enter your comment...biasanya kalau ic verrikal jebol terus itu di sebabkan yoke vertikal yg sudah shot atau bisa juga dari output fbt sudah over tegangannya
Unknown 29 Oktober 2018 pukul 12.32 Hapus Komentar
Maaf, saya punya masalah, dengan, tv slim Lg 21inc, b+ tegangannya normal, tegangan penyuply ic vertikal terukur 28 v, tp setelah saya gnt ic vertikal, langsung pecah, ngk pakailama, tolong solusinya gan?
Unknown 29 Oktober 2018 pukul 12.34 Hapus Komentar
Ayik,, ic vertikal LA78141
Unknown 17 November 2018 pukul 15.15 Hapus Komentar
Bang tv ane polytron ic vertikalnya jebol terus...di cek dari flybec teganangan normal....setelah di amati ada jumperab yang k b+ dan tegangannya 30volt....kira2 apanya ya??
Unknown 2 Desember 2018 pukul 02.29 Hapus Komentar
pak caranya memperbaiki jalur ic vertikal....yang hangus bagaimana...
jakian 16 Desember 2018 pukul 19.50 Hapus Komentar
Pa.. mau tanya, tegangan ic vertikal naik 32vol padahal flyback sudah ganti baru tapi kalau elco yang 50vol 470uf di copot tegangan normal 24vol berarti apanya ya pa
Ekofadlisyarif 17 Desember 2018 pukul 02.34 Hapus Komentar
Para master saya punya tv polytron , saat distart menyala cm garis horizontal trus kembali stanby, elco yg 50v sdh diganti dan ic la 78141 jg sdh di ganti, tp hasilnya masih tetap sama, kira2 apa yg perlu diperbaiki. Mohon pencerahannya pemula mulai puyeng
Dhe Kencoes 18 Desember 2018 pukul 20.06 Hapus Komentar
aku dpt proyek "LG 21"", kasus timbul gbr horisontal ditengah selebar 10 cm lalu layar gelap/protek,stlh kuganti IC LA78141 dan elko pump 100uf/50v gambar normal, cuman pendingin ic vertikalnya puanass bingit....blm ngecek sih vcc nya di pin 2 dan pin 6, harusnya 26Volts. Besuk dah...dioprek lagi.