Pengertian Perbedaan komponen Aktif dan Komponen Pasif (khusus pemula)

penting untuk pemula dalam mempelajari jenis komponen aktif maupun pasif

Pengertia ,Perbedaan komponen aktif dan komponen pasif - Dalam dunia elektronika, komponen elektronik sangat penting untuk dipahami bagaimana komponen tersebut bekerja beserta fungsinya.

Komponen elektronika merupakan sebuah benda pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya.

Mulai dari yang rangkai langsung pada papan rangkaian, PCB, CCB, Protoboard maupun Veroboard dengan cara disolder atau tidak menempel langsung pada papan rangkaian (dengan alat penghubung lain, misalnya kabel).

Pada bagian pembelajaran elektronika dasar bisanya timbul istilah jenis komponen aktif dan komponen pasif,, lalu apa perbedaan istilah jenis komponen tersebut?
Mari Kita bahasa lebih lanjut. 


Komponen elektronika ini terdiri dari dua jenis komponen elektronika yaitu komponen aktif dan pasif, yang terdiri dari beberapa unsur materi untuk didesain rangkaian yang diinginkan dapat berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus dan tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat sinyal arus dan masih banyak fungsi lainnya.

Pengertian komponen aktif dan pasif
Secara bahasa istilah aktif berarti bekerja, jadi komponen aktif diartikan komponen yang bekerja menggerakkan ,menguatkan, sebuah arus listrik. Namun jika tidak dialiri arus listrik maka komponen tidak berfungsi. Ini berbanding terbalik dengan komponen pasif.
Komponen pasif meskipun tidak dialiri arus listrik maka, komponen pasif bekerja sebagaimana mestinya. Dalam kerjanya, komponen pasif bersifat, menahan, menyimpan, memfilter arus listrik.

Contoh komponen aktif :
  • Transistor 
  • Dioda
  •  Ic (integrated circuit) 

Contoh Komponen pasif
  • Resistor
  • Induktor
  • Trafo  
  • Kondensator 

Komponen aktif dan pasif jika dirangkaian saling bekerja sama. Bisa digambarkan bahwa didalam suatu rangkaian elektronik jenis komponen aktif akan didukung oleh komponen pasif. Karena pada dasarnya keduanya adalah kolaborasi yang solid untuk mengatur suatu arus dan sinyal dalam suatu rangkaian elektronik.

Itulah gambaran singkat mengenai pemahaman pengertian komponen aktif dan pasif dalam dunia elektronika.

Salam sukses"!

Untuk lebih jelasnya bisa buka di wikipedia

0 Response to "Pengertian Perbedaan komponen Aktif dan Komponen Pasif (khusus pemula)"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel