Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan komponen polaritas dan Komponen Nonpolaritas

Perbedaan komponen polaritas dan Komponen Nonpolaritas

Polaritas komponen memiliki pengaruh terhadap penerapan di dalam rangkaian, sehingga perlu dipahami karena ini basic dalam belajar elektronika. 

Perbedaan komponen berpolaritas dan non polaritas

1. Komponen berpolaritas

Komponen Polaritas apabila diterapkan di dalam rangkaian pemasangan kaki terbalik akan mengalami perbedaan fungsi, bahkan bisa terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Sebagai contoh: elco , dioda, transistor, ic. Dengan kata lain bahwa komponen berpolaritas juga bisa diartikan sebagai komponen yang memiliki kaki positif dan negatif.

2. Komponen non polaritas 

Komponen non polaritas dapat diartikan sebagai komponen apabila diterapkan di dalam rangkaian jika pemasangan terbalik tidak akan memengaruhi fungsi dari komponen tersebut. Komponen non polaritas dimilki oleh sebagian besar komponen pasif, misalnya: resistor, capasitor,lilitan. 

Baca juga : perbedaan komponen pasif dan komponen aktif

Setelah mengetahui perbedaan antara komponen polaritas dan nonpolaritas, pelajaran yang bisa diambil adalah memperhatikan jenis komponen yang akan diterapkan kedalam rangkaian, yang terpenting adalah memperhatikan komponen berpolaritas. Karena jika terjadi kesalahan dalam penerapan komponen memiliki polaritas akan berakibat fatal.

Itulah yang perlu dipahami agar tidak salah dalam memasang komponen elektronika.