Perbedaan komponen polaritas dan Komponen Nonpolaritas

Perbedaan komponen polaritas dan Komponen Nonpolaritas

Soldiradem.com - Polaritas komponen memiliki pengaruh terhadap penerapan di dalam rangkaian, sehingga perlu dipahami karena ini basic dalam belajar elektronika. Kesalahan dalam memahami komonen polaritas dan non polaritas dapat berakibat fatal sehingga rangkaian elektronika bisa trobel dan merusak semua komponen yang di rakit atau diganti. 

Sekilas ini sangat receh untuk anda yang sudah lama di dunia elektronika. namun untuk baru yang belajar tentang elektronika sangat penting untuk dipelajari. Bagaimanapun ini sangat basic dan harus benar benar paham bagaimana mekanisme komponen elektronika tidak sembarangan dalam mengganti. 

Perbedaan komponen polaritas dan non polaritas

1. Komponen polaritas

Komponen Polaritas apabila diterapkan di dalam rangkaian pemasangan kaki terbalik akan mengalami perbedaan fungsi, bahkan bisa terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Sebagai contoh: elco, dioda, transistor, ic. Dengan kata lain bahwa komponen polaritas juga bisa diartikan sebagai komponen yang memiliki kaki positif dan negatif.

2. Komponen non polaritas 

Komponen non polaritas dapat diartikan sebagai komponen apabila diterapkan di dalam rangkaian jika pemasangan terbalik tidak akan memengaruhi fungsi dari komponen tersebut. Komponen non polaritas dimilki oleh sebagian besar komponen pasif, misalnya: resistor, capasitor,lilitan. 

Baca juga : perbedaan komponen pasif dan komponen aktif

Setelah mengetahui perbedaan antara komponen polaritas dan nonpolaritas, pelajaran yang bisa diambil adalah memperhatikan jenis komponen yang akan diterapkan kedalam rangkaian, yang terpenting adalah memperhatikan komponen berpolaritas. 

Karena jika terjadi kesalahan dalam penerapan komponen memiliki polaritas akan berakibat fatal. Misalnya elco akan meledak, ic akan terbakar dan lainya.

Kebanyakan komponen aktif akan tergolong komponen polaritas dengan komponen pasif tergolong dalam komponen nonpolaritas kecuali dioda dan elko. 

Itulah komponen polaritas dan non polaritas yang perlu dipahami agar tidak salah dalam memasang komponen elektronika.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Perbedaan komponen polaritas dan Komponen Nonpolaritas"

LOVELYZ TRILOGY 18 September 2018 pukul 16.27 Hapus Komentar
oke ini min, makasih banyak sudah share disini .. ini sangat membantu.

https://cody.id/produk/blower/solder-uap-cody-909d-2/