Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Penyebab Elco Meledak, Kembung, dan Kering Awas Jangan Sekedar Ganti

5 Penyebab Elco Meledak, Kembung, dan Kering Awas Jangan Sekedar Ganti

Penyebab Elco meledak, kembung dan kering - Banyak kerusakan elektronik hanya disebabkan oleh komponen Elco terutama kerusakan pada bagian power suplay. Entah itu meledak maupun Elco terlihat kembung. Kerusakan ini sering kita temui di perangkat yang memiliki jangka waktu lama untuk digunakan, seperti power suplai komputer, receiver, tv, dan lainnya. Kadang juga bisa terjadi pada amplifier rakitan dan bisa juga terjadi kerusakan pada smps power amplifier build up. Lantas apa saja faktor penyebab kerusakan pada Elco dan bagaimana mencegahnya. 

5 Penyebab Elco Meledak, Kembung, dan Kering Awas Jangan Sekedar Ganti

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dan cara mencegah Elco mengalami kerusakan atau meledak. 

1. Kualitas Elco 

Kualitas Elco pada dasarnya sangat menentukan apakah bisa untuk diajak kerja berat atau tidak. Berbicara tentang kualitas Elco kita akan membicarakan tentang kejujuran suatu produk apakah memiliki spesifikasi sebenarnya atau hanya sekedar formalitas penulisan di body Elco. Hal ini penting bagi anda yang sedang merakit suatu rangkaian power suplai. 

Ketika membeli Elco berukuran besar, pastikan memiliki spesifikasi jujur. Untuk itu kita harus menggunakan cara paling ampuh yaitu dengan menggunakan esr meter atau capasitor meter saat akan membeli suatu komponen Elco. Banyak akal para produsen untuk menciptakan Elco terlihat mahal padahal didalamnya kosong hanya diisi sepersekian farad dari ukuran yang ditulis di body Elco. 

Elco palsu ketika dibuka akan ada isinya aneh aneh, dulu kasus ini sering viral di forum yaitu isi semen dan elco kecil yang dirakit sedemikian rupa sehingga bisa digunakan dalam tegangan besar. 

2. Perangkat Terlalu lama digunakan 

Komponen elektronik akan mengeluarkan panas ketika digunakan dalam waktu panjang. Elco memiliki daya tahan tertentu untuk menahan suhu panas. Hal ini sudah tertulis di body Elco dan ini menandakan bahwa saat Elco bekerja bisa menimbulkan panas. Jika sistem pendinginan di dalam suatu rangkaian tidak berjalan dengan baik maka kemungkinan besar bisa terjadi ledakan atau kerusakan pada Elco. 

Kebanyakan kasus yang pernah saya temui untuk kerusakan Elco meledak adalah di receiver parabola dan tv. Dimana keduanya sebenarnya memiliki ruang untuk membuang panas melalui sela, namun karena kadang lupa untuk mematikan perangkat Elco bekerja sepanjang waktu sehingga wajar Elco akan melembung dan bocor sehingga mengakibatkan kerusakan tegangan drop yang berakibat pada kerusakan dengan gejala stanbay. 

3. Ukuran voltase Elco

5 Penyebab Elco Meledak, Kembung, dan Kering Awas Jangan Sekedar Ganti
Membaca kemampuan elco 
Di body Elco tertulis tegangan maksimal. Misalnya anda membutuhkan Elco untuk menytabilkan tegangan 12 volt maka ukuran Elco yang harus digunakan minimal ukuran 16 volt. namun ini bukan suatu yang aman jika kita merakit Power supai dari trafo 12 v AC. karena beberapa kasus saat merakit power suplai 12 volt AC dari trafo terkadang tegangan yang akan di keluarkan bisa sampai 15 volt ketika menjadi dc. Maka untuk lebih aman menggunakan ic 7812. 

Baca juga : Cara modifikasi elko menambah voltase dan kapasitas

Arus yang mengalir melalui Elco akan mengalami turun dan naik tergantung arus yang digunakan. semakin tinggi nilai ampere semakin setabil ketika digunakan. Hal inilah yang menentukan bawa Elco bisa awet atau bekerja lebih panas ketika digunakan arus yang tidak setabil. Ukuran voltase akan sangat menentukan apakah Elco awet atau tidak karena berapapun tegangan yang di stabilkan oleh Elco terkadang melonjak ketika terjadi masalah. dan ini penyebab paling sering terjadi di mesin tv.

4. Konsleting Jalur  

Arus pendek di dalam rangkaian akan berpengaruh terhadap Elco. Elco akan bekerja lebih panas dan kadang di dalam rangkaian sering terjadi lonjakan tegangan pada jalur. Ketika mendapatkan gejala Elco melembung atau meledak lebih baik cek arus terlebih dahulu sebelum mengganti komponen Elco yang baru. Jika tegangan normal berarti kerusakan disebabkan oleh elko tersebut memang sudah menurun kualitasnya sehingga elko melembung dan kering. 

Baca juga : Fungsi Elco Pada Speaker dan rangkaian elektronik lainnya

5. Kesalahan merakit 

Kesalahan merakit bisa mengakibatkan Elco mengalami kerusakan. Terutama anda pemula yang belum mengetahui bahwa Elco memiliki polaritas kaki positif dan kaki negatif dimana ketika jika sampai terbalik saat di hubungkan dengan arus ds akan mengalami kerusakan. Gejalanya Elco akan panas kemudian meledak atau hanya sekedar kembung dan berasap. 

Jika anda merakit amplifier dengan menggunakan suplai sistem bridge positif, negatif dan ct  harus berhati hati karena jika sampai salah bisa mengakibatkan amplifer bermasalah. Saya pernah mengalami kerusakan yang sangat membingungkan dengan Gejala resistor pada b+ transistor driver mengalami kerusakan terus meski sudah diganti yang baru.

Penyebabnya ternyata tegangan yang dialirkan ke driver power amplifier tidak seimbang. Tegangan Positif melonjak dan negatif tegangan drop yang disebabkan oleh elko pada pada jalur negatif ternyata kering. Kerusakan ini tidak terduga karena saya kira masalah pada transistor final yang mengalami kerusakan sehingga pada bagian driver resistor terbakar maka perlu diperhatikan untuk memilih kualitas elko terutama saat merakit pertama kali s terus. Ini akan kita alami terutama ketika menggunakan trafo besar dengan amplifier daya besar sangat penting agar amplifier yang kita rakit tidak terjadi masalah fatal saat di lapangan. 

Itulah beberapa penyebab kerusakan pada Elco dengan gejala Elco meledak pada power suplai. Mudah mudahan bisa bermanfaat. 

Soldiradem.com 


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Elco Meledak, Kembung, dan Kering Awas Jangan Sekedar Ganti"