Fungsi ELCO Pada Rangkaian Elektronik

Apa fungsi elco? 

Dalam rangkaian elektronik biasanya komponen elko/ELCO,(Elektrolit Condensator) digunakan untuk memfilter tegangan DC sehingga tegangan menjadi tegangan DC yang stabil. Apabila suatu rangkaian tidak diberi elko pada bagian jalur yang dilalui oleh tegangan DC maka tegangan ketika diberi beban, tegangan akan drop.

Selain itu Elco juga berfungsi sebagai penyaring frekuensi sebagai contohnya saat digunakan pada rangkaian HPF dan LPF.

Penggunaan elco biasanya paling sering digunakan pada blog power suplay bagian sekunder atau output, maupun primer pada smps. Penggunaan elco hampir semua rangkaian elektronik membutuhkan namanya elco, maka tidak heran ketika membuaka perangkat elektronik biasanya pasti ada elco.

Cara termudah untuk memahami fungsi elco adalah, Anggap saja ELCO sebagai penyimpanan arus sementara pada suatu rangkaian sehingga tegangan tidak terjadi drop.

Bahkan elco bisa menyimpan tegangan apabila diisi dengan arus. Apabila anda menemui suatu elko di blog tegangan tinggi, ada baiknya anda membuang muatan elco agar tidak membahayakan diri anda.

Mungkin sebagian dari anda juga menerapkan elco digunakan sebagai capasitor bank di dalam sepeda motor. banyak yang mengatakan bahwa menggunakan capasitor bank atau elco pada sepeda motor bisa membuat aki tidak cepat rusak maupun drop. Kemungkinan elco bisa membantu menyimpan tegangan pada saat moto di starter. Dan juga elco bisa menstabilkan arus pada keluaran aki.

Penting anda ketahui bagi yang sedang ingin belajar memperbaiki tv. Fungsi elco pada suatu rangkaian mesin tv sangat penting. Karena Sebagian besar kerusakan pada tv menyumbang Kerusakan terbanyak, disebabkan karena Elco yang bermasalah.

Perbedaan elco dan capasitor

Elco merupakan salah satu dari bagian dari capasitor. elco memiliki perbedaan yaitu memiliki kaki polaritas positif dan negatif sedangkan kapasitor biasanya bisanya tidak memiliki polaritas.

Elco termasuk jenis capasitor tetap. Dimana sebenarnya capasitor memiliki dua jenis yaitu kapasitor tetap dan  kapasitor tidak tetap.

Untuk membedakan antara positif dan negatif bianya perusahaan produsen elco memberikan garis tanda putih pada bagian kaki negatif yang di gambar di body elko.
kaki elco positif dan negatif

Hukum peggabungan elco ketika elco di rangkai secara seri maka capasitas akan menjadi berkurang, ketika elko di rangkai secara paralel capasitas akan semakin bertambah.

Ini kebalikannya dari resistor, ketika resistor di rakit secara paralel maka hambatan akan berkurang dan apabila resistor di rangkai secara seri maka nilai kedua resistor akan bertambah.

Baca juga:
Fungsi nilai dan simbol pada elco 

Dalam skematik biasanya elco dilambangkan dengan huruf "C". C tersebut terkadang juga bisa berarti capasitor non polaritas lainnya.
simbol elco

Ukuran elco dinyatakan dalam istilah "Micro Farad". Atau jika di body elko biasanya tertulis uF.

Setiap elco biasanya memiliki batas maksimal tegangan yang tertulis di body elco. Misalnya 1 uf 50v, Apabila elko diterapkan pada tegangan 100 volt maka elco akan meledak. Contoh lainya  100uf 50 volt diterapkan dalam tegangan 12 volt malah tidak apa-apa. Jadi apabila anda suatu saat mengalami kendala dalam hal voltase yang tidak sesuai maka bisa digunakan elko dengan voltase lebih besar. Misalnya anda diharuskan mengganti elco 100uf 16 volt, namun ternyata anda hanya memiliki setok elco 100 uf 50volt ini tidak apa apa.

Namun ketika ukuran kapasitasnya yang berbeda, ini tidak bisa ditoleransi seperti halnya voltase. Karena ukuran Micro Farad sangat berpengaruh terhadap output yang dihasilkan. Jika mengganti elko dengna nilai micro farad yang berbeda bisa jadi pengaruhnya pada frekuensi yang dihasilkan. Salah satu contohnya di rangkaian tv semakin besar nilai capasitor maka semakin sempit layar dan begitupun sebaliknya mungkin anda akan menemui ini di rangkaian blok vertikal tv

Bentuk elko yang beredar saat ini beraneka ragam, namun yang paling penting adalah bagaimana kita memahami mana komponen elco ketika berada di sebuah rangkaian.

Karena sekarang ini elco tidak hanya diterapkan pada jenis mesin konvensional, namun sudah berkembang menjadi komponen smd.

Sebenarnya fungsi elco masih sama dengan capasitor lainnya hanya saja ada perbedaan dalam hal ukuran dan juga memiliki polaritas positif dan polaritas negative.

Bagi anda yang sedang belajar mengenal fungsi elco disarankan hati-hati dalam menerapkan kaki elco. Sebuah komponen elektronika memiliki polaritas maka pemasangan tidak boleh terbalik. Apabila salah dalam memasang elko dalam rangkaian tegangan tinggi, akibatnya elco bisa meledak.

Penting perlu diingat!

uF =adalah nilai kapasitas
Volt=batas maksimal tegangan elco

baca juga: cara mengukur elco menggunakan multitester anlog

Demikian, semoga bermanfaat!!!

*Soldiradem.com*

0 Response to "Fungsi ELCO Pada Rangkaian Elektronik"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel