Fungsi ELCO Pada Speaker dan Rangkaian Elektronik

Apa fungsi elco? 


Fungsi ELCO Pada Speaker dan Rangkaian Elektronik - Dalam rangkaian elektronik biasanya komponen ELCO (Elektrolit Condensator) digunakan untuk memfilter tegangan DC sehingga tegangan menjadi tegangan DC yang stabil. Apabila suatu rangkaian tidak diberi elco pada bagian jalur yang dilalui oleh tegangan DC maka tegangan ketika diberi beban, tegangan akan drop.

Selain itu, Elco juga berfungsi sebagai penyaring frekuensi sebagai contohnya saat digunakan pada rangkaian HPF dan LPF. Bisa dijabarkan secara umum, bahwa fungsi elco bisa digunakan untuk membangun karakter suara yang diterima oleh speaker. 

Fungsi elco biasanya paling sering digunakan pada blog power suplay bagian sekunder atau output, maupun primer pada SMPS. Penggunaan elco hampir semua rangkaian elektronik membutuhkan namanya elco, maka tidak heran ketika membuka perangkat elektronik biasanya pasti ada elco.

Cara termudah untuk memahami fungsi elco adalah, Anggap saja ELCO sebagai penyimpanan arus sementara pada suatu rangkaian sehingga tegangan tidak terjadi drop.

Bahkan elco bisa menyimpan tegangan apabila diisi dengan arus. Apabila anda menemui suatu elko di blog tegangan tinggi, ada baiknya anda membuang muatan elco agar tidak membahayakan diri anda.

Penting anda ketahui bagi yang sedang ingin belajar memperbaiki tv. Fungsi elco pada suatu rangkaian mesin tv sangat penting. Karena Sebagian besar kerusakan pada tv menyumbang Kerusakan terbanyak, disebabkan karena Elco yang bermasalah.

Perbedaan elco dan capasitor

Elco merupakan salah satu dari bagian dari capasitor. elco memiliki perbedaan yaitu memiliki kaki polaritas positif dan negatif sedangkan capasitor biasanya bisanya tidak memiliki polaritas.

Elco termasuk jenis capasitor tetap. Dimana sebenarnya capasitor memiliki dua jenis yaitu kapasitor tetap dan  kapasitor tidak tetap.

Untuk membedakan antara positif dan negatif bianya perusahaan produsen elco memberikan garis tanda putih pada bagian kaki negatif yang di gambar di body elko.
kaki elco positif dan negatif

Hukum penggabungan elco ketika elco dirangkai secara seri maka capasitas akan menjadi berkurang, ketika elko dirangkai secara paralel capasitas akan semakin bertambah.

Ini kebalikannya dari resistor, ketika resistor di rakit secara paralel maka hambatan akan berkurang dan apabila resistor di rangkai secara seri maka nilai kedua resistor akan bertambah.

Baca juga:

Fungsi nilai dan simbol pada elco 

Dalam skema rangkaian elektronik biasanya elco dilambangkan dengan huruf "C". C tersebut terkadang juga bisa berarti capasitor non polaritas lainnya.
simbol elco

Ukuran elco dinyatakan dalam istilah "Micro Farad". Atau jika di body elko biasanya tertulis uF.

Setiap elco biasanya memiliki batas maksimal tegangan yang tertulis di body elco. Misalnya 1 uf 50v, Apabila elko diterapkan pada tegangan 100 volt maka elco akan meledak. Contoh lainya  100uf 50 volt diterapkan dalam tegangan 12 volt malah tidak apa-apa. Jadi apabila anda suatu saat mengalami kendala dalam hal voltase yang tidak sesuai maka bisa digunakan elko dengan voltase lebih besar. Misalnya anda diharuskan mengganti elco 100uf 16 volt, namun ternyata anda hanya memiliki setok elco 100 uf 50volt ini tidak apa apa.

Namun ketika ukuran kapasitasnya yang berbeda, ini tidak bisa ditoleransi seperti halnya voltase. Karena ukuran Micro Farad sangat berpengaruh terhadap output yang dihasilkan. Jika mengganti elko dengna nilai micro farad yang berbeda bisa jadi pengaruhnya pada frekuensi yang dihasilkan. Salah satu contohnya di rangkaian tv semakin besar nilai capasitor maka semakin sempit layar dan begitupun sebaliknya mungkin anda akan menemui ini di rangkaian blok vertikal tv

Bentuk elco yang beredar saat ini beraneka ragam, namun yang paling penting adalah bagaimana kita memahami mana komponen elco ketika berada di sebuah rangkaian.

Karena sekarang ini elco tidak hanya diterapkan pada jenis mesin konvensional, namun sudah berkembang menjadi komponen smd.

Sebenarnya fungsi elco masih sama dengan capasitor lainnya hanya saja ada perbedaan dalam hal ukuran dan juga memiliki polaritas positif dan polaritas negative.

Bagi anda yang sedang belajar mengenal fungsi elco disarankan hati-hati dalam menerapkan kaki elco. Sebuah komponen elektronika memiliki polaritas, maka pemasangan tidak boleh terbalik. Apabila salah dalam memasang elco dalam rangkaian tegangan tinggi, akibatnya elco bisa meledak.

Penting perlu diingat!

uF =adalah nilai kapasitas
Volt =batas maksimal tegangan elco

Fungsi mikrofarad pada elco digunakan sebagai satuan kapasitansi yaitu 0,000001 farad. Simbol yang mewakili mikrofarad adalah µF.

Baca juga: cara mengukur elco menggunakan multitester anlog

Fungsi elco pada speaker 

Funsi elco pada speaker adalah memfilter frekuensi. Hukumnya, semakin besar nilai kapasitasnya semakin rendah frekuensi yang diterima oleh speaker, semakin kecil nilai kapasitas elco maka semakin tinggi frekuensi yang diterima oleh speaker. 

Fungsi elco pada speaker ini bertugas sebagai rangkaian Crossaover pasif. Anda bisa melihat contoh ketika membuka speaker aktif pada bagian speaker tweeter/ tribel, ada sebuah elco kecil yang berfungsi untuk menyaring frekuensi rendah agar tidak masuk ke speaker tweeter. Jika anda ganti dengan nilai yang lebih besar suaranya tweeter akan semakin tebal. Tapi jangan pernah mencoba jika tidak ingin speaker tweeter anda cepat rusak. 

Fungsi elco pada amplifier 

Kurang lebih penjelasan ini masih sama dengan fungsi elco pada rangkaian elektronik lainnya. Fungsi elco pada amplifier yaitu mensetabilkan tegangan DC terutama pada bagian Power suplay. Semakin tinggi kapasitasnya akan lebih stabil sehingga ketika terkena hentakan Bass tegangan tidak drop. Dengan begitu suara keluaran amplifier lebih utuh. 

Fungsi Elco pada amplifier juga bisa menjadi penyaring frekuensi bisa di bagian input, output dan umpan balik. 

Fungsi Elco di aki motor

Mungkin sebagian dari anda juga menerapkan elco digunakan sebagai capasitor bank di dalam sepeda motor. banyak yang mengatakan bahwa menggunakan capasitor bank atau elco pada sepeda motor bisa membuat aki tidak cepat rusak maupun drop. Kemungkinan elco bisa membantu menyimpan tegangan pada saat motor di starter. Dan juga elco bisa menstabilkan arus pada keluaran aki.

Demikian, tentang Funsi elco semoga bermanfaat!!!

*Soldiradem.com*
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Fungsi ELCO Pada Speaker dan Rangkaian Elektronik"