Fungsi Kapasitor Bank Pada Motor Menghamat Aki, Benarkah?

Kapasitor Bank dipasang pada sepeda motor akan berguna sebagai pembantu aki dalam menyetabilkan arus yang akan didistribusikan ke berbagai fungsi, untuk lampu, injeksi, sein, klakson, starter, dan lain sebagainya agar lebih setabil.

Ada banyak pendapat mengenai kapasitor bank yang diterapkan pada sebuah motor. Ada yang mengatakan bahwa penggunaan capasitor bank pada motor tidak berfungsi, alias sama saja tanpa menggunakan capasitor bank. Namun di sudut lain ada yang mengatakan penggunakan capasitor bank ini berguna karena bisa membantu aki bekerja. Bahkan bisa dikatakan penggunaan capasitor bank dapat memperbanjang umur pemakian aki.

Fungsi kapasitor Bank pada motor Menghamat Aki, Benarkah?


Jika ditilik lebih dalam lagi fungsi kapasitor sebenarnya hampir sama dengan aki. Namun bedanya capasitor hanya menyimpan arus sementara waktu karena kapasitas penyimpanannya memang sedikit. Katakanlah 10.000 uf hanya dapat menampung beberapa persen dari penyimpanan aki.

Di dalam elektronika elko berukuran capasitas besar digunakan untuk memfilter dan menyetabilkan arus DC yang telah disearahkan oleh dioda sehingga tegangan dapat setabil sesuai dengan output asli dari dioda. Misalkan output dioada tanpa elko ketika diukur 15 volt dc, kemudian coba diberikan beban maka tegangan akan langsung drop, kemudian coba setelah di berikan elko tegangan menjadi 25 volt dc, ketika di berikan beban maka tegangan tidak berubah.

Oke sekarang kita akan coba praktekan langsung diterapkan pada motor namun tanpa menggunakan aki. salah satu faktanya bahwa meskipun elko dalam keadaan terisi tapi tidak mampu menghidupkan lampu, hanya hidup sebentar kemudian langsung mati.

Perbedaan yang sangat mencolok pada saat mesin dalam keadaan hidup, mesin bisa hdup tanpa aki namun lampu dan sein tidak bisa berfungsi semestinya, kemudian coba gunakan capasitor elko menggantikan aki. Semua mode pada motor, bekerja lebih setabil, lampu menjadi tidak berkedip, lampu sein bisa berkidip dengan normal.

Kesimpulanya adalah Capasitor bank dapat berfungsi, namun hanya sebagai pembantu aki dalam menyetabilkan tegangan. Kemudian berguna untuk membantu aki pada saat strarter dinyalakan. Maka ini bisa menjadi pembantu dalam starting sehingga aki dalam jangka panjang akan lebih awet.

Mungkin di beberapa merek motor sekarang sudah menggunakna capasitor bank Untuk membantu aki contohnya pada honda verza dan honda CB 150.

Tips menggunakan elko sebagai capasitor bank


Ada yang perlu anda perhatikan jika ingin menambahkan capasitor bank pada motor, utamanya adalah tentang keamanana kelistrikan dari sebuah motor karena jika sampai terjadi konsleting akan beakibat fatal mpada beberapa fitur elektronik yang terkandung di dalam motor. Berikut beebrapa yang meski diperhatikan pada saat menerapkan capasitor bank pada motor:

fungsi capasitor bank pada motor

  • Gunakan kabel serabut dan memiliki isolator yang tebal 
  • Pastikan sambungan antara elko dan kabel tertutup sempurna agar tidak terjadi kebocoran ke body. 
  • Agar berfungsi dengan baik Pilih elko yang berkualitas. Ada banyak elko, semakin mahal biasanya semakin bagus, anda bisa mencari refrensi elko apa yang berkualitas. Ukuran yang lazim diuguanakan untuk capasitor bank biasnya menggunakan 10.000 uf. elco ini biasanya di dalam elektronika digunakan untuk power sauplay power amplifier. Untuk voltase maksimal elco 35-50volt. 
  • Pemasangan elko tidak boleh terbalik karena bisa mengakibatkan elko rusak, dan bisa meledak, anda harus mengetahui kaki positif dan kaki negatifnya.
Baca juga: cara memeprbaiki aki kering yang ngedrop 

Demikian semoga bermanfaat!!

Post by : soldiradem

0 Response to "Fungsi Kapasitor Bank Pada Motor Menghamat Aki, Benarkah?"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel