Cara Memperbaiki Aki Kering motor yang Ngedrop ,Soak, Lemah


MEMPERBAIKI AKI YANG DROP TEKOR, SOAK
aki kering 
Cara memperbaiki aki kering motor yang ngedrop soak lemah - Aki merupakan sebuah komponen power bank sebuah motor. Kerjanya menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari generator motor saat menyala. Sehingga ketika aki mengalami kerusakan soak atau bahkan mati total, megakibatkan sistem kelistrikan pada sebuah motor atau mobil menjadi bermasalah karena aki kering tidak nyimpan setrum, misalnya tidak bisa distarter, lampu mati, bahkan motor tidak bisa menyala.

Sebelum anda memperbaiki aki kering lebih baik kenali dulu aki yang anda gunakan, Aki dibagi menjadi dua jenis Menurut sistem dan sebutanya yaitu aki kering dan aki basah. Sebenarnya keduanya masih sama saja hanya berbeda teknologi dan sistem saja.

Aki kering digunakan pada motor atau mobil keluaran baru. Dan aki basah merupakan aki yang digunakan motor jenis keluaran lama. Nah untuk cara memperbaiki aki kering dan basah tentu berbeda.

Kali ini kita akan membahas cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, soak, lemah maupun cepat habis.

Aki kering sering juga disebut dengan MF battery [battery maintanance free] memiliki keunggulan dalam hal efesiensi penempatan. Selain itu aki kering terbebas dari korosi karena memiliki bahan material yang berkualitas sehingga dalam segi perawatan tidak teralalu menghawatirkan. Harga aki kering pun cenderung lebih mahal dibanding dengan aki basah.

1. Penyebab kerusakan aki kering yang ngedrop atau soak

Pertama sebelum melangkah ke cara memperbaiki aki kering yang ngedrop atau soak kita kenali dulu penyebabnya. ini nanti akan memudahkan saat proses perbaikan aki kering yang ngedrop atua soak jika kita mengenali penyebabanya terlebih dahulu.

Penyebab kerusakan aki kering  beraneka ragam, misalnya rusak dimakan umur, terjadi korsleting pada sistem kelistrikan motor atau terjadi kerusakan pada sistem pengisian aki.

Oleh sebab itu perlu diselidiki terlebih dahulu sebelum memperbaiki aki kering soak , yaitu antara aki benar-benar rusak, atau kerusakan malah terjadi pada sistem kelistrikan motor/ mobil anda.

Ini sangat penting dipahami agar nanti saat sudah berhasil memperbaiki aki kering malah bukan akinya yang soak, malah kelistrikanya yang bermasalah. jika anda memiliki tanda tanda aki cepat habis atau kadang tidak mengisi cek dulu kelistrikan itu hal yang wajib.

Untuk memastikan ini cek dengan cara mengecas aki kering secara pasif, ketika sudah penuh gunakan lagi.

Jika aki drop lagi berarti terjadi kerusakan pada aki karena hanya menyimpan sedikit setrum atau bisa jadi terjadi korsleting beban berlebih pada kelistrikan, misalnya pada lampu utama yang mengalami korsleting. atau aki terkuras meski mesin dalam keadaan mati.

2, Benarkah aki kering dapat diperbaiki?

Mungkin inilah yang menjadi pertanyaan penuh harap bahwa aki dapat diperbaiki bekerja normal setelah diperbaiki.

Mungkin aki kering yang telah diperbaiki tidak sama seperti baru lagi karena kita tahu bahkan komponen aki akan semakin menurun seiring berjalanya waktu karena arus akan salalu keluar dan masuk.

Dalam berbagai artikel ditegaskan bahwa untuk menghemat beban aki agar tidak cepat soak adalah dengan cara menambahkan capasitor bank. Namun perawatan perlu ditingkatkan lagi untuk menambah usia pakai aki baru. Dan untuk aki kering yang sudah di perbaiki memiliki kemungkinan usia rentang 6 bulan sampai satutahun tergantung kualitas komponen aki.

Ada beberapa aki kering memiliki kerusakan pada salah satu separator sehingga tidak bisa mengisi arus. Tentu untuk memeprbaikinya tidak hanya mengisi air saja namun harus membongkar dan mencarai separator yang rusak.

Pada bagian separator tersebut bisa diperbaiki asalkan memiliki bahan penggantinya.

Namun apabila tidak tentu aki tidak dapat dikembalikan ke voltase semula karena salah satunya hanya bisa di sambungkan antar separator yang masih bagus, apabila yang tidak berfungsi adalah 1 separator maka tegangan aki hanya 10 volt saja. sehingga tidak bisa12v, 100%.

3. Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, soak, lemah 

Permasalahan yang sering terjadi pada aki kering adalah tidak mampu menyimpan arus secara penuh/lemah. Sehingga ketika akan digunakan lagi tidak kuat menopang beban berat.aki akan cepat habis karena tidak dapat mengisi.

Seperti halnya sebuah batrai hp jika sudah mengalami drop maka tidak akan mampu bertahan lama dan langsung habis. Namun yang terjadi pada aki kering adalah kerja aki mengisi pada saat mesin menyala jika aki rusak maka meski dicarger akan mengalami hal serupa pada kemudian hari yaitu selalu tekor.

Letak kerusakan pada aki kering adalah masalah penyimpanan arus lemah, seketika habis tidak dapat terisi secara full ketika mesin motor menyala.

Alat dan bahan
  • Air aki
  • Lem stel
  • Obeng
  • Suntikan
  • Gergaji , bagi yang menggunakan cover pada lubang pengisian aki
  • Tang jepit

Berikut langkah yang dapat anda tempuh dalam memperbaiki aki kering yang ngedrop/lemah.

Pertama copot aki dari kabel yang terhubung dengan motor

Kedua buka penutup aki kering, pada tahap ini ada beraneka ragam sistem cover pada pengisian cairan pada beberapa aki, sehingga perlu pemahaman bagaimana membuka penutup aki.

Ada yang harus melalui pemotongan dan ada juga yang melalui proses hanya membuka penutup dengan cara mecongkelnya saja. Namun in harus berhati hati agar tidak merusak body bagian bawah yang mengakibatkan kebocoran pada cairan aki.

Setelah berhasil melihat lubang pengisian cairan, lihatlah lubang tersebut dengan seksama apakah benar kering atau masih terdapat cairan accu. Jika masih lebih baik buang saja ganti dengan yang baru. Sebelum pengisian air aki baru, cuci aki menggunakan air panas kemudian di keringkan sejenak.

Apa bila tidak bisa membuka tutup aki bisa juga dengan cara melubangi pada masing masing kotak separator. seperti pada gambar dibawah ini;
cara mengisi elektrolit pada aki kering
Cara melubangi body aki dalam artikel Cara Memperbaiki Aki Kering yang Ngedrop 
Isilah air aki secukupnya tidak secara penuh lebih baik diisi sekitar 90% saja pada setiap lubang material aki. Ada sebuah cara unik untuk memperbaiki aki yaitu dengan menggunakan media bodrek dan puyer sebagai bahan tambahan cairan suur. Katanya, bodrek dapat bereaksi dengan material aki bersifat memperbaiki material aki.

Benar dan tidaknya tentu menggunakan metode experiment Silahkan anda coba bila berminat dengan teknik bodrek tersebut.

Pastikan pengisian sama tidak ada yang Kelebihan cairan dan kekurangan, yang pasti seimbang. Agar pengisian lebih mudah gunakan suntikan cairan agar nanti saat proses pengisian mengalami Kelebihan bisa dikurangi dengan cara menyedot menggunakan suntikan tersebut.

Setelah selesai mengisi pastikan menutup lubang hingga tidak ada cairan yang bocor. Jika terjadi kebocoran pada bagian masing masing unit sel maka akan mengakibatkan cairan menguap dan bisa berakibat aki akan rusak lagi.

Kemudian jika ingin dipakai di motor akan membahayakan komponen besi yang berada disekitar aki karena bisa berakibat korosi pada logam yang terkena cairan aki kering tersebut.

4.  Tahap pengecasan aki kering

Aki kering yang baru diisi ciran tadi tidak bisa langsung digunakan harus melalui tahap pengcasan.

Pengecasan aki kering bisa melalui dua cara yaitu dengan cara menggunakan trafo cas aki dan menggunakan media motor yang masih bagus akinya dengan cara menjumper dengan keadaan motor menyala pada saat proses pengisian.

Aki dapat terisi dengan cepat jika cas yang digunakan memiliki daya yang lebih besar dari aki. Sehingga ketika aki dicas menggunakan media motor, harus berada pada level tinggi, dalam waktu yang cukup panjang sampai aki benar terisi secara penuh.

Mudah bukan?

Itulah yang dapat saya bagikan mengenai cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, soak mapun lemaah, semoga aki kering yang rusak dapat diperbaiki dan bekerja seperti semula.

Bagi yang sudah mengganti aki kering dengan yang baru bisa dijadikan sebagai cadangan. Jika masalahnya ketika anda sudah membeli aki baru namun aki masih tetap saja ngdrop ini bisa jadi terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan motor/ mobil anda.



0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Kering motor yang Ngedrop ,Soak, Lemah"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel