Kerusakan tabung yang jarang terjadi dan terbilang cukup aneh

Dalam beberapa tahun terakhir dari saya mulai menjadi tuser elektronik sampai sekarang banyak permasalahan kerusakan yang belum terpecahkan.

Tentu hal ini masih menjadi tanda tanya besar sampai saat ini. Saya sering menyimpulkan entah salah atau benar, itu hanya logika saya dalam menangani suatu kasus kerusakan perangkat elektronik, terutama tv crt.

Nah berikut ini beberapa permasalahan tv yang belum dapat solusi, hingga akhirnya saya gagal dalam mereparasi tv.

1. Fokus bocor

Saya menyebutnya dengan fokus bocor karena pada bagian fokus tepatnya pada soket mengeluarkan api seperti halnya cop flyback bocor.

Setiap tv dihidupkan maka akan ada suara menjerit dari soket fokus disertai dengan asap yang mengepul berasal dari plastik soket yang terbakar oleh tegangan fokus.

Awalnya saya menduga bahwa flyback bermasalah sehingga tegangan fokus melonjak tinggi. Namun ternyata salah duga. Setelah penggantian flyback kerusakan Masih sama. ini berarti terjadi permasalahan di bagian crt.

2. Leher crt patah
Kerusakan yang satu ini membuat saya berfikir lebih ekstra. Logika saya sampai habis memecahkan kasus ini. Karena leher retak tidak pernah terjadi sebelumnya.

Padahal,, kalau secara fakta yang ada, crt tidak terbentur apapun karena keretakan terjadi pada leher tabung..

Terbilang cukup aneh, karena setiap kerusakan yang terjadi pada awalnya tabung crt dalam keadaan normal.

Namun setelah beberapa kali di coba nyalakan akhirnya leher tabung retak ditandai dengan filamen menyala terang berwarna ungu.

Apabila crt sudah menunjukan seperti itu,, menandakan bahwa crt terjadi kebocoran . Sudah tidak hampa udara lagi.

Maka jangan diteruskan menyala  karena akan timbul ledakan.

Keretakan terjadi pada leher tabung terlihat seperti di hantam benda tumpul. Padahal leher tabung dilindungi oleh defleksi yoke.


Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel yang berjudul

#penyebab leher tabung patah

Artikel tersebut telah saya simpulkan penyebab nya. Jika ada pendapat lain, maka silahkan di komen, sehingga kita dapat mendiskusikan hal ini..

Kesalahan adalah pengalaman yang sangat berharga. Untuk itu kesalahan yang belum dapat di perbaiki,akan lebih baik jika berusaha untuk mencari solusi. Nanti suatu saat akan sangat berharga ketika kita menemukan hal yang sama..

Thanks'

0 Response to "Kerusakan tabung yang jarang terjadi dan terbilang cukup aneh"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel