Cara memperbaiki TV Polytron Standby Protek nyala sebentar mati

MEMPERBAIKI TV POLYTRON STANDBY PROTEK

TV POLYTRON mati standby protek merupakan salah satu kerusakan klasik Polytron. Ciri khusus TV protek ialah, ketika TV dinyalakan hidup sebentar beberapa detik lalu akan kembali ke mode standby. Protek kadang mudah dan kadang juga sulit mudah diperbaiki.

Mudah diperbaiki jika masalahnya hanya terjadi kerusakan pada elco di area vertikal. Sulit diperbaiki jika masalahnya sudah diluar lingkup vertikal TV. Namun kebanyakan masalah Polytron protek dapat ditangani dengan memperbaiki di area vertikal saja, langsung cling.

Nah kali ini saya akan membahas penyebab protek selain dari area vertikal. Hal ini tentu masih berkaitan dengan blok vertikal, karena titik protek pada Polytron diletakan dengan vertikal terutama pada elco 1uf 50 V.

Cara memperbaiki TV Polytron Standby Protek nyala sebentar mati 

Untuk memperbaiki tv standby protek kita haru s tahu terlebih dahulu penyebabnya dan kita akan dengan mudah menyelesaikan kerusakan dengan mengatasi yang menjadi penyebab kerusakan tv protek. Berikut beberapa pengalaman saya yang bisa anda jadikan referensi untuk memperbaiki tv standby protek. 

Flyback

Selain dari vertikal tersebut, protek berkaitan dengan tegangan dari flyback. Seperti tegangan melonjak atau tegangan drop pada area flyback. Jika tegangan di area flyback tidak normal ini akan berdampak pada tegangan menuju vertikal.

Akibatnya TV akan mengalami kerusakan dengan gejala standby protek. Hal ini berlaku jika tegangan IC vertikal berasal dari flyback. Jika tegangan IC vertikal bukan dari flyback, ini akan menjadi cerita lain.

Pada intinya, di sini penyebab protek bukan saja dari elco 1 uF 50 V di bagian IC vertikal namun terkadang ada penyebab lainnya. Berikut ini merupakan pengalaman pribadi saya menangani permasalahan TV Polytron protek.

TV Polytron protek ketika menyala layar gelap pelangi

 Pernah saya alami pada TV berukuran 21 inci tipe slim. Ternyata hal ini berkaitan dengan vertikal juga. Ada beberapa pengalaman dari masalah ini. Yaitu penyebabnya adalah kematian pada IC vertikal/ vertikal tidak kerja.

Dan ada juga pengalaman lain yaitu molornya resistor fuse 1 ohm dari output flyback supply +12 dan -12 V vertikal sehingga vertikal tidak bekerja. Akibatnya TV protek karena vertikal menjadi bermasalah.

Atau terkadang dioda penyearah pada tegangan +12 V dan -12 V rusak short. Oleh sebab itu perlu pengecekan pada dioda ini setelah mengecek pada resistor fuse 1 ohm. Polytron protek disebabkan masalah serius.

Tegangan B+ 115v melonjak

Hal yang paling fatal berkaitan dengan protek ADALAH KENAIKAN TEGANGAN TERJADI PADA TEGANGAN B+ 115 volt. Karena akibat dari kenaikan B+ ini bisa mengakibatkan lonjakan pada bagian output flyback terutama yang menuju IC vertikal. Bahkan hal ini bisa mengakibatkan IC vertikal jebol dan meledak.

B+ 115 volt naik ke angka lebih dari 130 V TV akan mengalami kerusakan tidak tertutup kemungkinan terjadi pada area vertikal karena TV Polytron mengambil output flyback sebagai supply IC vertikal.

Terjadi masalah pada flyback TV

Menurut yang pernah saya alami dalam beberapa tahun belakangan ini, Polytron sering terjadi kerusakan pada flyback TV yang mengakibatkan TV menjadi protek. Terutama terjadi pada TV slim. Karena kerusakan flyback berkaitan dengan vertikal juga. Jika pun ada masalah pada blok horizontal TV juga bisa mengakibatkan protek.

Hal ini logis sekali jika kita analisis lebih jauh. Bahwa blok horizontal merupakan syarat bekerjanya sebuah flyback TV. Jika flyback tidak bekerja normal ini akan berdampak pada vertikal, sehingga terjadilah TV protek.

Kesimpulan: Dari beberapa pengalaman di atas, Anda dapat menarik kesimpulan sendiri bahwa protek sesungguhnya tidak sedemikian rumit asal usulnya tidak jauh dari vertikal dan horizontal.

Atau bisa dibilang bahwa protek berfungsi melindungi bahaya dari tegangan tinggi, sehingga ditaruhlah sistem protek pada vertikal TV yang berkaitan dengan flyback.

Semoga sharing saya ini memberi manfaat bagi rekan sekalian. Jika ada perbedaan pendapat mengenai TV Polytron slim protek Anda bisa mengepostkan di kolom komentar. Terima kasih!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki TV Polytron Standby Protek nyala sebentar mati "