Cara Kerja Sistem Protek TV Polytron slim

Cara kerja sistem protek Polytron slim

Cara kerja sistem protek Polytron
- Sampai saat ini kerusakan protek pada v polytron masih menarik untuk dibahas. Hal itulah yang membuat kali ini akan membahas mengenai sistem kerja protek pada tv polytron slim.

Protek pada tv polytron biasanya ditandai dengan tv menyala beberapa saat kemudian kembali standby. Pada saat tv dinyalakan, akan Nampak layar bermasalah misalnya layar hanya satu garis horisontal saja kemudian standby. Namun ada juga, layar normal namun dalam hitungan detik tv kembali ke mode standby.

Protek pada polytron terletak pada ic vertikal sebagaimana yang telah dibahas beberapa waktu yang lalu. Penyebab utamanya adalah elko pada area vertikal mengalami perubahan nilai.
 Kenapa bisa terjadi protek?

Karena pada dasarnya sistem protek pada tv polytron diletakkan pada ic vertikal. Ketika ic vertikal tidak bekerja maka tv polytron akan mengalami protek. Untuk memahaminya kita lanjutkan pada sistem kerjanya

Sistem kerja pada tv polytron slim

1. Sinyal dari vertikal pump-up (vertikal flyback) dipasangkan melalui sebuah elco 1uF (C409) dan dihubungkan ke sebuah diode ( D402)

2. Diode berfungsi sebagai penyearah pulsa-pulsa vertikal sehingga diperoleh tegangan sekitar 5v  elco C515).

3. Tegangan 5v ini diumpankan ke pin-PROTEK ic mikrokontroler. Jadi normal pin-protek harus ada tegangan 5v. 

Misalnya bagian vertikal tidak kerja, maka pulsa-pulsa vertikal akan menghilang, sehingga akan mengakibatkan tidak ada tegangan 5v pada pin-protek ic micom.

Kerusakan pada ranagkaian protektor sendiri yang menyebabkan mati protek :
  • Sering terjadi bagian vertikal-out bekerja normal.
  • Tetapi elko kopel 1uF pada sirkit protektor kering.
  • Hal ini mengakibatkan diode tidak mendapat pulsa-pulsa vertikal.
  • Dan pin-protek mikrokontrol tidak mendapat tegangan 5v
Pin PROTEK tv polytron:
  • Jika menggunakan UOC (ic tunggal) pin protek adalah pin-42.
  • Jika menggunakan ic mikrokontrol dan jungel  sendiri-sendiri, maka pin protek adalah pin-60.
  • Jika menggunakan UOC tempel 80pin, maka pin protek adalah pin-67 setelah melalui T703 dan T701.
Demikian tentang artikel cara kerja sistem protek tv polytron slim semoga bermanfaat. Artikel ini diambil dari marsono tv. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.