Pengetahuan Wawasan Teknology Liquid Crystal Display [LCD]

LCD
 
LCD [Liquid crystal display] atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan penampil kristal cair, merupakan teknologi media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai media penampil utama. Saat ini teknologi lcd sudah digunakan di berbagai perangkat elektronik, seperti tv, monitor computer, gajet, kalkulator dan masih banyak lagi. 

Perkembangan teknologi saat ini perangkat elektronik sudah menggunakan model lcd, bahkan sekarang ini sudah dikembangkan lebih bagus lagi. Beberapa alasan dikembangkan teknologi lcd ini adalah memakan daya yang rendah, karena bentuknya slim tipis, sedikit mengeluarkan panas dan memiliki resolusi gambar yang lebih baik.

Pada jenis lcd berwarna seperti tv, hp, dan monitor computer, terdapat banyak sekali titik cahaya dalam satu perangkat, terdiri dari sebuah sel kristal cair sebagai titik cahaya sebagai pantulan dari back light untuk menampilkan gambar. Karena sebenarnya lcd sendiri tidak memancarkan cahaya sendiri, melainkan cahaya lcd berasal dari lampu penerangan yang terdapat di belakang atau sampingnya. Back light menggunakan dua jenis yaitu jenis ccfl dan jenis led. Namun saat ini yang berkembang adalah jenis led karena konsumsi daya yang rendah.

Sistem kerja dari panel lcd secara sederhana

Dari satu perangkat panel lcd terdapat jutaan titik cahaya/pixel, inilah yang membentuk tampilan gambar. Kutub crystal cair akan berubah ketika dialiri arus karena pengaruh polaritas medan magnetic yang timbul akibat dari arus yang berasal dari system sinyal perangkat elektronik. Sesuai sinyal yang dikirim ke panel lcd dari tcon dan mobo elektronik. Kemudian terbentuklah sebuah gambar tampilan akibat dari polaritas Kristal membiaskan cahaya dari back light.

Jadi lcd display dari perangkat elektronik jika hanya lcd tidak akan menciptkan tampilan tanpa adanya cahaya yang menyinarinya. Ini sangat penting dipahami agar ketika menemui sebuah gejala tv lcd hanya gelap saja Namun ada suara akan sangat berguna jika kita paham system kerja panel lcd secara sederhana.


Sedikit pemahaman mudah-mudahan dapat menjadi suatu dasar dalam memperbaiki perangkat elektronik yang menggunakan teknologi panel lcd.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.