Memperbaiki TV Samsung Layar Menciut(layar kurang atas bawah)

memperbaiki tv samsung
Servis panggilan berupa perangkat tv crt merek samsung ukuran 21 inci, Gajala, layar tv mengalami penyempitan pada bagian atas dan bawah. Dengan kata lain, kurang penuh pada bagian atas dan bawah.

Saya mengira bahwa tv dengan keluhan seperti itu, merupakan kerusakan yang disebabkan oleh blog vertikal pada komponen elco pump up. Namun sebelum saya membabat habis elco pada blok vertikal saya memastikan dulu tegangan penyuplay vertikal. Tv samsung ini menggunakan ic vertikal 78040. Dan penyuplai tegangan ic vertikal bersumber dari flyback. 

Tegangan terukur 15volt. Anggap normal. Karena tegangan berasal dari flyback menggunakan sistim (+) ,(0),(-). Degan demikian tegangnya menjadi 30 volt jika diukur dari (+) &(-) .

Yang menjadi pertanyaan adalah tegang sudah melampui batas normal, namun layar tidak bisa penuh? Padahal elco semua sudah diganti pada blog yang bekerja untuk vertikal. 

Kemudian saya pun berfikir untuk mencoba mengganti ic vertikal. Alhasil masih sama tidak ada perubahan ukuran sedikitpun pada layar.

Sebagai jalan terakhir, saya mengatasi layar kurang penuh pada bagian atas bawah dengan menggunakan jurus sermod (servis mode).

Sermod tv samsung 

Matikan tv dalam keadaan standby, lalu pencet pada remot secara berurutan yaitu display,>>>menu, >>>>mute. >>>>Kemudian pencet power on ..

Setelah tv menyala akan nampak menu sermod ,kemudian pilih pengaturan vertika size. Adjust hingga penuh. 

Selesai. Matikan tv menggunakan remot.
Tes beberapa saat, tv samsung ukuran 21 inci dengan keluhan layar atas bawah tidak penuh bisa diatasi dengan menggunakan servis mode. 

Namun sebelumnya telah diganti semua elco yang bekerja untuk blok vertikal. Setelah running test beberapa jam TV tidak kambuh.

 Berarti ini sudah dipastikan bahwa TV bisa dikatakan normal dan segera dibeitahu ke pemilik TV bahwa tv nya sudah jadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel