Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memperbaiki TV China Layar Bergetar

Memperbaiki TV China Layar Bergetar

Memperbaiki TV China Layar Bergetar -Sebelum bualan Ramadhan tiba saya mendapat sebuah job panggilan untuk memperbaiki sebuah televisi yang sudah diganti dengan mesin china. Gejala yang ditimbulkan yaitu ketika malam tv mengalami gangguan suara berbunyi ‘’greeeeek’’ pada speaker tv. Dan layar nampak kurang penuh pada bagian bawah sekitar 3cm. begitu kata pemilik tv tersebut.

Awalnya ragu untuk mengambil job ini, karena pernah mengalami pengalaman memperbaiki kerusakan yang kerusakan tidak langsung Nampak. Misalnya waktu itu menangani tv china dengan gejala masalahnya tidak langsung Nampak seketika. Karena belum berpengalaman memperbaiki tv, awal dulu masih belajar, job tersebut tidak satu kali jadi. Nah itulah yang membuat saya ragu mengambil job ini. Selain itu karena dirumah banyak servisan yang belum kelar.

Namun saya harus mengambil job tersebut dengan alasan user tv tersebut baik hati, dan pelanggan yang baik. Sehingga tidak enak hati jika tidak saya sanggupi.

Sesampai di rumah user tv Nampak gambar tidak stabil alias bergetar. Dan pada bagian bawah tidak penuh terpotong.

Ternyata tidak sesulit dugaan saya bahwa tv tersebut sulit. Saya memprediksi bahwa tv tersebut hanya bermasalah pada elektrolit kondensator kering, akibatnya tegangan tidak setabil.

 TV layar bergetar dan timbul suara greeekk pada saat malam hari. Saya melogika bahwa ketika malam di desa tersebut mengalami penurunan tegangan arus sehingga ketika tv dihidupkan pada malam hari kekurangan arus .

Tv saya buka denga Harapan bahwa kerusakan terjadi pada elko saja tidak yang lainya.

Prediksi saya benar, ternyata terdapat elko yang nampak mengembung pada jalur suplay ic vertikal 470uf 35v. Ah mudah saja ini. Selain mengganti elko yang mengembung sya juga reboisasi semua elco pada sekunder regulator/ output psu.  Diantaranya elko 470 jalur audio, dan 470 pada jalur 9 volt.

Tes running dengan posisi normal. TV langsung cling tanpa kendala.

Memperbaiki tv china Layar bergetar, tidak penuh pada bagian bawah dan terdapat suara ‘’greek!’’ pada malam hari akhirnya selesai sekali basmi.

Kadang bayangan kita, tidak sesulit yang dibayangkan. Begitulah kira-kira pelajaran yang dapat kita ambil.

Semoga bermanfaat
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.