Widget HTML #1

Penyebab Layar TV Bergaris Garis dan cara memperbaikinya

Penyebab tv bergaris garis - Gejala kerusakan ditandai dengan pada layar tv Nampak bank putih bergaris-garis putih. Tidak hanya bergaris putih saja, ada gejala lainnya seperti tv bergaris garis warna hijau, biru dan merah.  Namun kali ini kita akan membahas tentang tv dengan kerusakan tv bergaris putih.
Penyebab Layar TV Bergaris Garis dan cara memperbaikinya

Pertama lakukan pengecekan pada bagian soket CRT soldering ulang pada blog bagian sistem warna. Pernah saya mengalami kerusakan dengan gejala seperti ini disebabkan oleh solderan retak pada bagian kabel penghubung antar mobo dengan PCB R, G, B. Sehingga perlu pengecekan pada bagian ini pertama harus dilakukan. Belajar dari pengalaman bahwa solderan sangat mengetikan kinerja dari komponen elektronik. Sebagai langkah pertama ini sangat penting untuk dilakukan. Sebelum menjangkau ke langkah perbaikan Selanjutnya.↓

Baca juga: penyebab tv led layar bergaris garis dan cara memperbaikinya

Setelah melalui langkah soldering ulang pada bagian warna sekarang kita melakukan uji pengukuran. Kerusakan dengan gejala layar tv bergaris-garis disebabkan oleh beberapa tegangan dari sistem suplay pada crt ada yang bermasalah. Berikut merupakan bagian penting dari sistem kerja pada sistem gambar.

1.    Tegangan 180 Volt

Ini berfungsi sebagai penguat video jika tegangan ini bermasalah akan mengakibatkan terjadinya kerusakan kontras berkurang, warna bercampur, gambar kurang jelas, dll.⇣

2.    Flyback

Flyback berhubungan langsung dari tegangan 180 volt. Sehingga permasalahan tegangan 180v bisa disebabkan dari flyback. Ciri kerusakan jika berasal dari flyback adalah layar tv blangking karena berkurangnya tegangan video output.⇃

3.    Kelebihan Tegangan Screen

Ini biasanya ditandai dengan layar Nampak blanking namun masih terlihat gambar, hanya saja terlihat layar lebih terang. Dan nilai kontras sudah tidak berfungsi keta diatur. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh screen adjuster mengalami kerusakan atau berubah nilai dengan sendirinya. Ata bahkan blong. Sehingga jika terjadi kerusakan maka ini harus mengganti flyback secara keseluruhan. Karena bagaimanapun flyback tidak dapat diperbaiki.

4.    Kerusakan pada IC croma/gambar

Kerusakan paling parah di sebabkan oleh ic croma/ic utama mengalami kematian yang parah sehingga tidak dapat menyuplay atau mengirimkan sinyal ke bagian penguat warna merah biru hijau. Sehingga yang terjadi pada layar Nampak hanya layar putih polos bergaris garis blangking.

5.    Soket CRT

Soket crt sangat penting peranannya sebagai konektor tegangan. Ketika terjadi korosi dan timbul jamur pada soket crt akan mengalami kerusakan. Salah satunya layar hanya Nampak blanking saja. Kemudian akan terjadi kerusakan ang lainya misalnya tidak ada sedikitpun cahaya pada Crt atau tv tidak ada gambarnya ada suaranya.

6.    Kabel penghubung PCB

Pernah waktu itu saya dikerjain oleh kebel konektor antara pcb utama dan pcb rgb. Sudah muter kesana kemari namun tidak ada hasil ternyata disebabkan oleh kabel tersebut. Sepele namun membingungkan. Hal ini perlu menjadi perhatian pertama ketika mendapati kerusakan seperti ini.

tulah beberapa penyebab tv Penyebab Layar TV Bergaris Garis. Semoga sedikit mencerahkan bagi anda yang kebingungan menangani kerusakan seperti ini.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk " Penyebab Layar TV Bergaris Garis dan cara memperbaikinya"

andreas 24 September 2018 pukul 11.17 Hapus Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.