Polytron U-slim hanya Nampak separuh layar pada bagian bawah

Polytron u-slim hanya Nampak separuh layar pada bagian bawah. Kerusakan macam ini penyebabnya adalah pada bagian vertikal. Dengan demikian saya memprediksi bahwa kerusakan pada polytron Umumnya terjadi kerusakan pada elco 100 uf 50volt pada bagian vertikal.

Tv polytron u slim ini ketika di tabok akan normal namun kadang juga rusak lagi. Jadinya tv ini disebut dengan tv tabok. Hehe

Setelah di tabok layar membuka namun terdapat garis-garis tipis tergambar pada bagian atas layar.

Lalu apa penyebab sesungguhnya tv polytron mengalami kerusakan separuh bagian bawah yang terlihat.

Benar prediksi saya, Setelah tv saya buka ternyata terdapat elco mengembung ukuran 100 uf50v dekat ic vertikal. Elco ini sering disebut dengan elco pump up. Mengembung berarti kapasitas elco tersebut telah berkurang.

Selain elco saya juga dapati beberapa solderan terutama pada ic vertikal Nampak retak-retak. Kemungkinan tv jika ditabok menjadi normal disebabkan karena keretakan solderan pada ic vertikal tersebut.

Penggantian elco 100 uf dan menyolder ulang kaki ic vertikal kasus ini selesai. Tv normal kembali.

 Running test tv polytron yang tadinya Nampak separuh pada bagian bawah, sekarang tidak menunjukan gejala yang sama.

Kasus ini merupakan job panggilan di waktu malam hari pada bulan Ramadhan. Tidak ada setengah jam kasus ini terselesaikan. Servis tv memang terkadang mudah saja namun terkadang ada juga yang muter-muter tidak ketemu kasusnya, terlebih jika servis panggilan tentu sangat menyusahkan.

Semoga bermanfaat.!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

2 komentar untuk "Polytron U-slim hanya Nampak separuh layar pada bagian bawah"

Unknown 14 Juli 2018 pukul 13.36 Hapus Komentar
Bos numpang tanya, tv lg 21"u slim saya kok menciut layarx bagian bawahx, tp klo panas bs full,kira" apa y penyakitx, mksh sebelumx...
Muhlisun TMG 16 Juli 2018 pukul 10.32 Hapus Komentar
dari pengalaman sya itu biasanya disebabkan oleh keringnya elko pada bagian blog vertikal. ganti semua elko yang ada pada blog vertikal,
silahkan tanya lagi jika sudah dicek !