Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pelajaran PENTING Bagi Pemula Tentang Bahaya flyback TV CRT


Soldiradem blog - Kemarin sempat ada orang yang shering kepada saya, mengenai pengalaman tersengat tegangan flyback tv.  Namun untungnya masih diberikan keselamatan sehingga tidak terjadi sesuatu hal yang fatal.

Kronologisnya:

Sebagai orang awam mengenai kerja televisi crt tentu semua tabu antara yang terlihat dan pengetahuan yang sebenarnya. Dia melihat bahwa sebuah cop flyback mengeluarkan percikan listrik di area Seputar flybak. Dikira kebocoran seperti air, orang tersebut menyentuh kop tersebut dalam keadaan menyala untuk menutup kebocoran listrik. Alhasil orang tersebut terpental karena kaget. 

Untung, yang disentuh itu adalah tv hitam putih. Jika yang disentuh tv dengan jenis crt warna maka Keadaan bisa berbeda.

Menurut teori yang pernah saya pelajari di sekolah dulu, bahwa flyback tv crt hitam putih hanya menghasilkan step up sampai 10.000 kilo volt sedangkan crt warna menghasilkan tegangan kurang lebih 20.000kv.

Nah ini penting diketahui untuk pemula dari hasil shering orang tersebut yang pernah mengalami kejadian yang tidak kita inginkan. 

Semua butuh pembelajaran teori dasar sebagai pegangan untuk memperbaiki segala hal. Tak terkecuali dalam bab servis televisi tabung.
baca juga: komponen yang masih menyimpan tegangan meskipun tv dalam keadaan mati
Tidak asal-asalan jika tidak ingin kerusakan pada sebuah televisi tambah parah. 

HATI-HATI
 
Jangan pernah nyentuh kop flyback dalam keadaan menyala.

Jangan langsung menyentuh semua besi pengunci cop flyback ketika ingin mencopot cop Untuk menghindari muatan yang masih tersimpan dalam tabung crt. 

Untuk menghindari listrik yang masih tersimpan di crt flyback bisa dishortkan dulu dengan cara menghubungkan kabel antara ground dan besi pengunci cop flyback. Pastikan dulu bahwa  tv tidak terhubung dengan listrik/netral.

 Untuk mengetahui apakah masih menyimpan atau tidak bisa dites menggunakan tespen.
baca juga: cara membuang sisa tegangan yang masih tersimpan di mesin tv
Sesuatu hal bisa dipelajari secara otodidak namun juga harus mau belajar dari orang lain yang telah memiliki pengalaman untuk menghindari suatu kesalahan fatal terutama di bidang kelistrikan dan elektronika. Kita harus menerima teori meskipun terkadang teori tidak sesuai dengan kenyataan bisa jadi suatu saat bisa berguna. 

Semoga bermanfaat bagaimana seharusnya menangani kerusakan tv terutama ketika terjadi kerusakan pada flyback dan tegangan tinggi lainnya.